Travelling Stories and Medical Record

Home Top Ad

Untuk mengawali kegiatan pertama di tahun 2016 ini, DPD Pormiki Riau kembali mengadakan sebuah pelatihan rekam medis bagi Profesi Rekam Me...

DPD Pormiki Riau : Pelatihan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan 2016 Hotel Cititel Pekanbaru

Untuk mengawali kegiatan pertama di tahun 2016 ini, DPD Pormiki Riau kembali mengadakan sebuah pelatihan rekam medis bagi Profesi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan serta praktisi kesehatan lainnya yang terjun di bidang rekam medis, Kegiatan kegiatan pelatihan dan seminar merupakan agenda tahunan dari DPD Pormiki Riau yang telah di susun dan terencana oleh para pengurus Profesi kita ini, adapun agenda untuk kegiatan dan seminar ini akan di adakan setiap bulan April, Oktober atau November setiap tahunnya. Bertujuan untuk meningkatkan ilmu ilmu baru yang up to date bagi para Perekam Medis dan Informasi Kesehatan yang sudah bekerja di berbagai instansi kesehatan, seperti rumah sakit, Puskesmas dan pelayanan kesehatan lainnya. Pelatihan dan seminar yang di adakan tentunya yang up to date seperti sekarang ini banyak pihak rumah sakit yang masih mengeluh dengan permasalahan klain pada era Jamina Kesehatan Nasional ( JKN ) atau lebih di kenal dengan BPJS dan akreditasi rumah sakit versi KARS 2012.
Brosur DPD Pormiki Riau

Adapun tema yang di angkat pada pelatihan yang akan di laksanakan bulan April 2016 nantinya adalah 
"Manajemen dan Peran Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Dalam Akreditasi Rumah Sakit Versi KARS 2012 dan Ketepatan Kode Diagnosa dan Tindakan Pada Permasalahan Klaim Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) di Saran Pelayanan Kesehatan"
Brosur DPD Pormiki Riau
Adapun yang melatar belakangi pelatihan ini adalah dimana rekam medis dan informasi kesehatan sebagai pusat data dan informasi kesehatan di pelayanan kesehatan memberi andil yang besar dalam menunjang terciptanya pelayanan kesehatan yang bermutu dan profesional. Perekam medis dan informasi kesehatan dituntut mampu mengelola sistem penyelenggaraan rekam medis dan informasi kesehatan yang bermutu serta mampu mengolah data menjadi informasi kesehatan secara cepat, tepat dan akurat. Perekam medis juga diharapkan mampu memberikan kode penyakit berdasarkan ICD 10 dan kode tindakan berdasarkan ICD 9 CM dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang saat ini menjadi perhatian khusus bagi sebagian besar rumah sakit baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta serta sarana pelayanan kesehatan lainnya. Sesuai dengan Permenkes No. 27 tahun 2014, bahwa Sistem Indonesia Case Base Groups (INA-CBGs) merupakan acuan bagi fasilitas kesehatan tingkat lanjutan, BPJS Kesehatan dan pihak lain dalam pembayaran penyelenggaraan jaminan kesehatan. Dasar pengelompokkan dalam INA-CBGs menggunakan sistem kodifikasi dari diagnosis akhir dan tindakan/prosedur yang menjadi output pelayanan dengan acuan ICD 10 untuk diagnosis dan ICD 9 CM untuk tindakan/prosedur.

Pada kesempatan ini DPD Pormiki Riau ikut andil dalam mensukseskan program pemerintah dalam era pelaksanaan BPJS khususnya di tujukan kepada para perekam medis dan informasi kesehatan untuk mendapatkan ilmu ilmu baru langsung dari para pakar di bidangnya. Adapun narasumber yang akan mengisi pada pelatihan ini adalah :

1. Elise Garmelia, A.Md.PerKes, S.Sos, M.Si.
- Dewan Pembina DPP Pormiki.
- Kepala Instalasi Informasi Kesehatan RSIA Harapan Kita.
- Praktisi dan Staf Pengajar di Bidang Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan.

2. Gandi Agusniadi, BBA, SE
- Anggota Pokja Koding NCC (Tim Tarif) Kemenkes RI.
- Kepala Unit Rekam Medis RSCM.
- Praktisi dan Staf Pengajar di Bidang Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan.

3. Kayun Kasmidi, A.Md.PerKes, SKM
- Anggota Pokja Koding NCC (Tim Tarif) Kemenkes RI.

4. Tarmizi, A.Md.PK, SKM
- Dewan Pembina DPD Pormiki Riau.
- Praktisi dan Staf Pengajar di Bidang Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan.

5. Team Building.

Paket pelatihan di bagi menjadi 2 buah paket yaitu Paket A dan Paket B :
1. Paket A.
- Manajemen dan Peran Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Dalam Akreditasi Rumah Sakit Versi KARS 2012.
2. Paket B.
- Ketepatan Kode Diagnosa dan Tindakan Pada Permasalahan Klaim Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Sarana Pelayanan Kesehatan.

Waktu dan Tempat Pelatihan :
1. Tempat : Hotel CITITEL Pekanbaru, Jalan Sisingamangaraja No. 32 Pekanbaru (Depan Ramayana Sudirman)
2. Hari dan Tanggal : Rabu sd Sabtu / 27 April sd 30 April 2016.

Biaya Pelatihan :
1. Paket A dan Paket B dengan Akomodasi masing masing Rp 4.200.000,-
2. Paket A dan Paket B tanpa Akomodasi masing masing Rp 3.700.000,-
3. Fasilitas :
- Dengan Akomodasi :
-- Menginap 4 hari 3 malam di Hotel CITITEL Pekanbaru
-- Makan 3x dan coffee break 2x pr hari.
-- Sertifikat SKP Pormiki dan Materi Pelatihan.
-- Tas dan ATK Peserta Pelatihan.
- Tanpa Akomodasi :
-- Makan 2x dan coffee break 2x per hari.
-- Sertifikat SKP Pormiki dan Materi Pelatihan.
-- Tas dan ATK Peserta Pelatihan.

Pendaftaran :
Hubungi Contact Person berikut :
1. Asmerinawati, A.Md.PK : 082387522936 ( RSUD Arifin Acmad Pekanbaru ).
2. Sukmawati Ambar KP, A.Md.PK : 085271657500 ( RSUD Arifin Acmad Pekanbaru ).
3. Dian Nika Noptaliana, A.Md.PK : 085274521980 ( Eka Hosp Pekanbaru ).
4. Zulhenry, A.Md.PK, SKM : 081267336367
Permintaan e-brosur dan konfirmasi data peserta kirim email ke enriedunant@yahoo.co.id dengan mengisi subject email "Permintaan e-brosur" / "Pendaftaran Nama Peserta dari RS xxx".
5. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi facebook grup DPD Pormiki Riau.

Cara Pembayaran :
1. Tunai.
2. Melakukan transfer pembayaran ke No Rekening Bank BRI dan Bank Riau Kepri an.Sukmawati Ambar KP ( Untuk No Rek Silahkan hubungi salah satu Contact Person diatas).

Segera daftarkan diri anda ke salah satu contact person diatas, dan ikuti juga pelatihan rekam medis dan informasi kesehatan lainnya di Medan, Info lengkap klik di Pelatihan RMIK oleh DPD PORMIKI Sumut.

0 comment: