Search Now

Memuat...

Backpacker Jakarta : Amazing Race 2016

01.25 Enry Maznidotcom 0 Comments

Backpacker Jakarta atau biasa disingkat dengan #BPJ tahun ini kembali mengadakan sebuah perlombaan "Amazing Race 2016" untuk kedua kalinya, setelah sukses dengan Amazing Race di tahun sebelumnya. Perlombaan kali ini bertempat di Taman Mini Indonesia Indah #TMII tepatnya di gedung Sasana Krida Wanita, peserta yang mengikuti acara ini tidak tanggung tanggung hampir berjumlah 500 peserta yang terbagi dalam 51 tim yang terdiri 5 orang per tim, selain acara Amazing Race Backpacker Jakarta juga mengadakan Kopdar Akbar yang bertujuan untuk lebih mengenal sesama teman komunitas backpacker ini sekaligus peresmian base camp pertama Backpacker Jakarta beralamatkan di Jalan Letjen Sutoyo Kav, 48 RT/RW 02/11 Kelurahan Cawang Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 28 Februari 2016 bertepatan dengan hari minggu ,mengingat para anggota Backpacker Jakarta rata rata sudah pada bekerja.
Amazing Race 2016 Backpacker Jakarta
Adapun susunan acara dan berbagai macam game penuh tantangan pastinya sudah di siapkan oleh para panitia dan sebuah panggung hiburan pun tersedia bagi para anggota yang ingin menyalurkan hobi menyanyinya. Untuk mengikuti perlombaan ini panitia akan mengenakan biaya registrasi sebesar 160.000 per tim, murah banget kan dengan harga segitu sudah termasuk makan siang dan tiket masuk personal ke Taman Mini Indonesia Indah, bagi peserta yang mengikuti lomba ini ada sedikit persyaratan khusus yang ditetapkan panitia. Misalnya panitia menentukan dresscode peserta harus berwarna putih atau dominan putih dan setiap tim juga dipersilahkan menggunakan tambahan aksesoris se kreatif mungkin karena akan menjadi nilai tambah bagi peserta tim, setiap tim juga di harus menyiapkan sebuah yel yel tim nya yang pasti harus unik dan kreatif dunk biar dapat nilai lagi, kemudian setiap tim menyiapkan sebuah name tag tim nya yang bakal dikalungkan pada ketua masing masing tim dan jangan lupa peserta sudah hadir ditempat acara pukul 06.30 untuk mengikuti briefing sebelum perlombaan di mulai.

Berikut nama nama tim yang akan bertanding di Amazing Race 2016 :
1. PPT
2. Leh Uga
3. Gesrek
4. The Montoker's
5. Heboh Rusuh
6. Tempe Orexs
7. Buncit
8. Nusantara
9. Prikitiw
10. Juara
11. Amediarame
12. Penjelajah
13. Gaspol
14. Romusha
15. Mixing
16. Spartan
17. Batur 1
18. Batur 2
19. Terserah
20. Parvaiz
21. Gragas
22. Papatheo Family
23. Kejora
24. Sambalado
25. Semeru
26. Balur Band
27. Modus
28. Kimochi
29. Cakwe
30. Sawangan
31. Explor Nusantara
32. Vann
33. Batosai
34. Kulit Duren
35. Spirit
36. Tebet Squad
37. Tramex
38. Wara-Wiri
39. Power Ranger
40. Cycle
41. The Hunter
42. Selow
43. Kalijodo
44. Batur 3
45. BBC
46. Krucok
47. Azaela
48. Rompal
49. Unity
50. Lancang Kuning
51. Makmur Jaya.

Adapun durasi permainan lebih kurang 4 jam yang terdiri dari 5 pos, setiap pos ada beberapa pertanyaan dan game yang harus di selesaikan oleh setiap tim supaya bisa melanjutkan ke pos berikutnya, pos pos yang akan di lewati oleh masing masing tim adalah ke setiap anjungan rumah adat masing masing propinsi yang ada di Indonesia ini, tetapi peserta tim hanya akan menyelesaikan permainannya di pos kelima dan harus segera kembali ke pos utama, nah bagaimanakah tim akan mengetahui pos selanjutnya yang akan dia datangi? tenang panitia sudah menyiapkan sebuah pertanyaan untuk masing masing tim yang jawabannya adalah salah satu propinsi di Indonesia, jadi kalau tim sudah menyelesaikan tugas nya di pos 1 ( Anjungan Sulawesi Tenggara ) dan sudah mengetahui jawaban untuk melanjutkan ke pos ke 2 ( Anjungan Papua ) tim tadi dipersilahkan untuk menuju ke Anjungan Papua. Pada setiap pos tim harus menyelesaikan beberapa game yang disediakan panitia tadi, jadi disini peserta memang harus benar benar menyiapkan tenaga extra untuk melewati pos pos anjungan tadi karena tidak dibenarkan untuk menumpang kendaraan apapun untuk menuju pos berikutnya. Walaupun pada saat perlombaan cuaca nya gerimis tapi itu tidak membuat para peserta lomba patah semangat, karena kebersamaan dan keseruan selama lomba ini adalah suatu semangat yang mendorog peserta untuk tetap gigih memenagkan perlombaan.
Tim Lancang Kuning Beraksi
Nah, saya juga tidak mau ketinggalan dalam acara akbar ini, saya beserta 4 orang teman lainnya yaitu sama sama dari Pekanbaru membentuk tim yang kami beri nama "Lancang Kuning" sebuah nama kapal layar yang di gunakan pada zaman kerajaan melayu. Karena ini kesempatan bagi kami untuk lebih mengenal dan bersilahturahmi ke teman teman Backpacker Jakarta. Dan tidak lupa juga kami menyiapkan beberapa aksesoris seperti memakai "Udeng" dari bali supaya ada nilai tambah nantinya, meskipun kenyataanya kami tidak memeangkan perlombaan ini tetapi kami cukup senang sudah bisa ikut berpartisipasi di acara perlombaan ini, pastinya bertemu dan bisa menambah teman teman baru dari BPJ ini. Oh ya saya sedikit mau berbagi tentang keseruan tim Lancang Kuning yang berhasil melewati kelima pos, saat start kami diberikan sebuah amplop yang berisikan angka angka titik koordinat sebuah propinsi yang merupakan tujuan pos pertama kami, disini kita diperbolehkan untuk menggunakan alat bantu yaitu google map cukup dengan memasukkan angka latitude dan longitude untuk menemukan titik koordinat pada map setelah berhasil menemukan titik koordinat yang mengarahkan ke kota Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara kami pun langsung menuju pos pertama yaitu Anjungan Sulawesi Tenggara,.
Pos Satu, Anjungan Sulawesi Tenggara
Di Pos satu ini kami harus menyelesaikan beberapa game dan menjawab satu pertanyaan untuk melanjutkan ke pos kedua yaitu Papua, ya Anjungan Papua adalah tujuan kami selanjutnya meskipun cuaca sedikit gerimis dan basah basah kami tetap semangat. Sesampai di Pos kedua Anjungan Papua, kami harus diminta menyelesaikan game yaitu setiap anggota harus membuat 2 buah gerakan yang berbeda yang nantinya akan diulang oleh anggota berikutnya dan ditambah 2 buah gerakan baru dan begitu selanjutnya untuk anggota ketiga,keempat dan kelima. kemudian game kedua yaitu harus membacakan teks proklamasi secara serentak satu tim dan hafal diluar kepala. Setelah game kedua selesai kami diberi pertanyaan berikutnya untuk mengetahui pos ketiga yang harus kami datangi, ya Riau adalah pos ketiga yang harus kami datangi untuk menyelesaikan game berikutnya, dengan penuh semangat dibawah guyuran gerimis kami berjalan menuju Anjungan Riau dan di sini kami di minta panitia untuk membuat nama nama kabupaten dan kota yang terdapat di Propinsi Riau, karena kami tim Lancang Kuning semua berasal dari Riau jadi dengan mudahnya untuk menjawab tantangan dari pos tiga ini. Kami pun melanjutkan ke pos empat yaitu Kalimantan Timur, disini game nya sangat menyiksa saya pribadi sebetulnya. Game nya memasukkan benang ke lubang jarum jahit tangan sambil berjalan, huaaaahhh sambil berjalannnnnnnnn. Meskipun saya memakan waktu lebih lama dibanding dengan teman tim saya lainnya tapi game ini berhasil kami selesaikan dengan baik yang kemudian di lanjutkan untuk memungut sampah yang dimasukkan ke dalam kantong platstik kecil yang sudah tersedia dari panitia.
Pos tiga, Anjungan Propinsi Riau
Pos Kelima yaitu Propinsi Bengkulu, ini adalah pos terakhir yang harus kami datangi. Sedikit kesulitan untuk menjawab pertanyaan dari panitia yang meminta kami menyebutkan nama batik dari Bengkulu, karena satu orang pun dari kami tidak tahu jawabannya, maka disini kami menyerah dan panitia menggantikan dengan sebuah game strategi yaitu menyusun botol kosong setinggi 4 tingkat dan berhasil menyelesaikannya dengan baik. Sebelum balik ke garis finish kami pun sedikit menghibur diri bersama panitia yaitu joget dangdut bersama, hehehe kebetulan di Anjungan Bengkulu ini ada acara musik. Setelah semua pos terselesaikan dan kami sudah sampai di garis finish saya bersama teman lainnya langsung mencari tempat untuk beristirahat meluruskan pegal pegal kaki yang beberapa jam mondar mandir antara 5 Anjungan yang berjarak cukup jauh demi untuk memenangkan kompetisi ini.

Sekitar pukul 13.00 semua peserta tim sudah harus kembali ke garis finish baik itu yang sudah komplet menyelesaikan game disetiap pos maupun yang belum komplit, karena itu merupakan batas waktu yang diberikan panitia. Kemudian semua peserta tim di persilahkan untuk mengambil makan siang yang sudah di siapkan panitia sambil menikmati hiburan hiburan panggung sambil menantikan acara selanjutnya.

Nah seru banget kan acara yang di adakan oleh Backpacker Jakarta ini, semoga tahun besok saya dan teman teman lainnya bisa berpartisipasi dalam permainan Amazing Race 2017 dan bertemu dengan lebih banyak lagi anggota anggota Backpacker lainnya. Karena hobi yang sama bisa mempertemukan dengan orang orang baru disekitar kita. Salam Backpacker. 

"Jelajahi Negeri Mu Kenalkan Pada Dunia"

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni