Search Now

Memuat...

Wonderful Siem Reap : Angkor Wat Cambodia (Bagian Satu)

20.26 Enry Maznidotcom 8 Comments

Mengawali pagi yang entah cerah entah mendung saya pun tidak mengetahui secara pasti, pagi ini saya harus bangun pagi sekali untuk melanjutkan penerbangan KLIA2 ke REP adalah bandar udara international Siem Reap Cambodia merupakan salah satu bandar udara tersibuk di Cambodia kenapa? bandar udara Siem Reap ini merupakan salah satu akses udara tercepat ke salah satu tempat wisata terpopuler di Cambodia yaitu Angkor Wat. Salah satu flight dari Kuala Lumpur menuju Siem Reap adalah Airasia, ya maskapai yang saya gunakan untuk sampai ke tempat ini, penerbangan saya dari KLIA2 sekitar pukul 06.50 am waktu Malaysia dengan estimasi waktu terbang 2 jam karena perbedaan waktu 1 jam antara Malaysia dan Cambodia. Jam 04.30 am saya sudah berjalan menuju KL Sentral dengan menggunakan bus menuju KLIA2 seharga 11 MYR, sesampai di KLIA2 saya langsung menuju konter untuk cek dokumen passport dan sekalian print out boarding pass. Selama penerbangan saya manfaatkan untuk kembali beristirahat tidur karena tadi sebenarnya masih ngantuk berat. Alhamdulillah selama penerbangan menuju Siem Reap tidak ada kendala dan lancar jaya di udara. berkat tiket promo Airasia seharga 87 MYR saya bisa berkunjung menikmati wonderful Sieam Reap dan merupakan salah satu tempat wisata yang masuk dalam 7 dari keajaiban dunia.

www.enrymazni.com
Depan Gerbang Angkor Wat
Perjalanan saya yang awalnya berdua, tetapi setelah landing di Cambodia kami mendapat satu teman baru yang kebetulan juga mau mengunjungi Angkor Wat, teman baru keturunan India Malaysia ini saya memanggilnya dengan uncle, sepertinya kurang gregetan kalau hanya sekedar uncle dan saya pun menambahnya dengan sebutan 'Uncle Mutu'. Ya, Uncle mutu terinspirasi dari salah satu toko kartun Upin dan Ipin ini mau bergabung bersama kami untuk mengikuti one day tour Angkor Wat nantinya. Saat landing di REP suasana bandara terlihat sepi sekali hanya ada 2 buah pesawat yang parkir termasuk pesawat Airasia yang saya tumpangi, sambil menuju proses imigrasi kami pun saling ngobrol dan berkenalan sama uncle mutu tadi. Saat proses imigrasi, kata uncle mutu tadi dia di minta sejumlah uang sama petugas imigrasi bandara kata si petugas seh hanya untuk sekedar uang kopi, karena si uncle tidak mempunyai pecahan 5 USD terpaksa deh dia ngasinya 10 USD ke si petugas dan barulah si petugas lancar mestempel masuk passportnya uncle mutu tadi.
www.enrymazni.com
With Uncle Mutu
Mmmmmmm miris juga ya petugas imigrasinya apa karena si uncle mutu kelihatan banget ya kalau di turunan india dan pasti dianggap sebagai turis yang banyak uang hahahaha, setelah si uncle mutu beres selanjutnya adalah saya deg deg an juga seh takut diminta in duit lagi pun kok petugas imigrasi kayak gitu seh aneh kan, apa gajinya gak cukup? dan hal seperti itu akan mencoreng nama baik imigrasi bandara bahkan mungkin negaranya sendiri. Dengan memasang tampang cuek dan berwajah minta dikasihani saya pun akhirnya bisa lewat proses imigrasi tanpa harus memberi si bapak sengak itu uang kopi mmmmmmmmm.
Sekedar info, sebelum saya sampai di Siem Reap salah satu teman saya sudah memesan tuk tuk driver yang akan membawa kami one day tour Angkor Wat, jadi saat landing kami pun sudah di sambut sama tuk tuk driver di bandara dan tidak lah sulit untuk menemukan si driver nya karena dia sudah membuat nama teman saya di selembar kertas *berasa jadi orang penting ya*. Yap, tuk tuk driver yang terkenal di kalangan traveler ini sangat rekomendasi banget untuk digunakan jasanya dan biasa dipanggil dengan Shafie. One day tour Angkor Wat yang ditawarkan sama bang Shafie ini termasuk murah banget seharga 15 USD sudah termasuk untuk penjemputan di bandara dan setelah touring bang Shafie bakalan drop kita kembali ke penginapan. Sebelum memulai tournya si uncle mutu pertama minta di anterin ke hotel tempat dia menginap karena harus meletakkan barang barang nya dan saya pun tidak mau ketinggalan untuk nebeng nitip backpack saya yang kalau ditimbang entah berapa kilo, yang jelas melebihi dari batas bagasi kabin *pura pura bodoh aja*. Kebetulan sekali bang Shafie kenal sama orang hotel tempat uncle menginap walaupun sebenarnya belum bisa cek in tapi pihak hotel bersedia untuk dititipkan backpack kami yang seabrek *katanya seh seabrek*.
www.enrymazni.com
Tuk Tuk Angkor Shafie
Angkor Shafie (Bang Shafie)
Sebelum memulai tour saya sedikit mau bercerita tentang tuk tuk driver yang rekom banget buat yang mau memakai jasanya, bang Shafie adalah warga asli Cambodia dan bisa berbahasa melayu karena katanya dia dulu pernah bekerja di Malaysia, kenapa saya merekomendasi kan bang Shafie? walaupun saya tidak ada perbandingan dengan tuk tuk driver yang lain ya tetapi pelayanan dari bang Shafie top banget, selain dia bisa berbahasa melayu dan pastinya memudahkan kita dalam berkomunikasi selama tour, kedua orangnya ramah banget dan benar benar melayani pelanggannya dengan sepenuh hati, pelayanan yang di berikan sama beliau untuk 15 USD one day tour Angkor Wat nya, kita bakalan dijemput langsung sama beliau di bandara, beliau melayani dengan ramah, service lainnya setiap habis mengunjungi beberapa temple di Angkor Wat beliau sudah menyediakan air mineral botol dingin karena cuaca di sana sangat panas jadi kita pasti kehausan banget setelah berkeliling ke beberapa temple, ketika kembali ke tuk tuk bang Shafie memberikan kita tisu basah yang di ambil dalam box es tempat minuman tadi, ya bertujuan untuk lebih mendinginkan suhu tubuh kita tadi yang sudah panas panasan berkeliling, kalau mau menitipkan backpack ke tempat penginapan bang Shafie bersedia untuk mengantarkan kita dan ngomong sama pihak penginapannya kalau kita mau titip backpack, soal makanan jangan takut kita cukup bilang ke dia kalau kita muslim dan beliau pasti bakalan bawa kita makan di resto halal. Untuk service selama tour di temple beliau juga tidak hanya sekedar mengantarkan saja tetapi ikut andil juga menerangkan tentang sejarah sejarah beberapa spot yang kita kunjungi pokoknya layaknya tour guide, selain itu beliau juga rela nguntitin kita panas panas an untuk menjadi photografer dadakan karena menurut beliau kalau kita minta tolong sama petugas petugas di sana bakalan dimintain uang tip. Dan masih banyak lagi layanan layanan yang diberikan sama bang Shafie, so tidak menyesal sama sekali kalai kita pakai jasa nya dia. Dan bagi teman teman yang membutuhkan jasa beliau nantinya bisa hubungi via :

1. Whatsapp : +855 81 260 270
2. IG : AngkorShafie
3. Twiter : AngkorShafie
4. fast respone via whatsapp dan cukup menggunakan bahasa melayu/indonesia.

Angkor Wat
Angkor wat merupakan kuil yang dibangun oleh raja Suryawarman II yang terletak di kota Angkor, Cambodia. Kuil yang dibangun dengan memakan waktu lebih kurang 30 tahun pada abad ke 12, Angkor Wat yang terletak di area Angkor yang terdiri dari kuil kuil yang sangat terkenal di dataran Angkor. Jalan utama masuk Angkor Wat lebih kurang sepanjang setengah kilo ini dihiasi dengan pagar sepanjang menuju gerbang utama dan diapit oleh dua danau buatan manusia yang dikenal dengan sebutan Baray. Angkor Wat ini masih terawat sampai sekarang dikarenakan kuil ini dialihfungsikan sebagai kuil Budha dan digunakan terus menerus oleh agama Budha yang menggantikan Hindu pada abad ke 13. Angkor Wat masuk kedalam situs warisan dunia UNSECO dan dulunya dikenal dengan nama aslinya adalah Preah Pisnulok atau Vishnuloka sebelum digantikan dengan nama yang modern saat ini yaitu Angkor Wat.

Untuk kunjungan pertama saya di mulai dengan menyusuri area Angkor Wat, cuaca hari ini memang sangat panas sekali dan seharusnya saat berkunjung ke sini kita menggunakan pelindung panas, bisa topi atau payung dan lain lain, perjalan menuju ke lokasi kami tempuh lebih kurang 20 sd 30 menit dari lokasi penginapan kami, nah sebelum sampai di gerbang utama Angkor Wat bang Shafie tadi mengajak ke lokasi tempat membeli tiket masuk nantinya, lokasi penjualan tiket memang jaraknya lumayan jauh dan saya tidak tahu kenapa berada di tempat yang berbeda, tiket untuk memasuki area Angkor Wat pun di bagi dalam beberapa kategori harga, bagi yang hanya mau berkunjung untuk 1 hari saja harga tiketnya di jual 20 USD dan bagi yang ingin berkunjung lebih lama dan puas puasin berkeliling kota Angkor yang penuh dengan kuil kuil dan sejarah di jual seharga 40 USD, sekedar informasi untuk pembelian tiket masuk nya kita akan di ambil photo nya yang kemudian akan di cetak ke dalam tiket kita masing masing,*menarik ya*. Untuk memudahkan pengecekan nantinya oleh petugas gerbang kami diberikan sebuah gantungan plastik yang bisa digantungkan di dada kita dan layanan ini tidak ada saya temui oleh tuk tuk driver lainnya yang saat itu juga membawa para tamunya,*Nilai plus bang Shafie*.
www.enrymazni.com
Salah Satu Bangunan Di Angkor Wat
Sebelum menuju gerbang utama Angkor Wat di area parkir tuk tuk ini ternyata sudah banyak dipenuhi dengan pengunjung lainnya ini terlihat dari banyaknya tuk tuk yang lagi nunggu para tamunya masing masing, teriakan dari para penjaja minuman, topi dan berbagai souvenir pun ikut menghiasi panas teriknya siang itu. Saya pun mulai melangkah menuju gerbang yang cukup panjang dan sepanjang jalan tidak ada pohon yang bisa meneduhkan walau hanya sedikit hehehe, bangunan Angkor Wat merupakan contoh gaya klasik arsitektur khmer pada abad ke 12 dan material utama bangunanya terbuat dari batu pasir, sejauh mata memandang setiap sudut bangunan terukir elemen elemen dekorasi dewata / bidadari, relief dasar dan pedimen karangan bunga yang luas dan gambaran naratif, Angkor Wat di kelilingi oleh danau buatan sehingga membuat posisi kuil tepat berada di tengah tengah yang di kelilingi oleh air air. Mungkin bagi yang pernah mengunjungi candi candi di Indonesia katanya lebih berasa seperti candi Prambanan, pokoknya bagi pecinta wisata sejarah Angkor Wat merupakan tempat wajib yang di kunjungi. Untuk mengelilingi Angkor Wat memang sedikit butuh waktu yang lama karean mengingat luas dan banyak spot spot yang wajib di kelilingi salah satu nya saya sempat mendapatkan kesematan untuk menaiki puncak atau menara yang berada di Angkor Wat nya, untuk menghidari kerusakan pada tangga yang akan di injak injak sama para turis yang lalu lalang dan mungkin untuk menghindari dari kemungkinan kecelakaan mengingat bangunannya sudah ribuan tahun, jadi tangga aslinya di ganti dengan tangga kayu yang sudah di desain sesuai dengan bentuk kontur candi tersebut.
www.enrymazni.com
Narsis Still No. 1
Selain Angkor Wat masih banyak temple temple lain yang bisa kita kunjungi seperti Angkor Thom, Bayon, Chau Say Tevoda, Thommanom dan Ta Phrom salah satu lokasi syuting film Tomb Raider Lara Croft. Berkat film yang dibintangi Angelina jolie ini membuat nama Cambodia khususnya Angkor Wat mendunia dan sampai sekarang menjadi tujuan wisata mancanegara yang pastinya penasaran ingin melihat langsung bentuk Angkor Wat dan kuil kuil lainnya, termasuk saya sendiri yang penasaran ingin langsung menginjakkan kaki di kota Angkor ini. Jarak antara kuil kuil seperti Angkor Thom agak jauh jadi kita memang disarankan untuk menggunakan kendaraan atau sewa tuk tuk yang akan membawa kita berkeliling ke setiap kuil nya, selain tuk tuk kita juga bisa menyewa kendaraan bermotor atau sepeda untuk berkeliling.

Nah, gimana? masih penasaran kan dengan cerita cerita saya lainnya selama beberapa hari di Siem Reap, untuk selanjutnya saya akan berbagi cerita di postingan kedua. Postingan selanjutnya saya akan berbagi tentang beberapa restoran halal yang berada di area perkampungan muslim di Siem Reap. Jadi, tetap update dengan artikel artikel terbaru dari EnryMazniDotCom dengan mengklik berlangganan pada banner dibawah ini ya.
Baca Juga : Wonderful Sieam Reap : Angkor Wat Cambodia (Bagian Dua)
'Keep Traveling Keep Writing' 

BACA JUGA :

8 komentar :

  1. Dear Valued Clients! How are you? Thakn you for used my service during short time in Siem Reap. If I had a mistake during tour please for give me, if my service was good and my driving is safe please recommend me to your family and your friends...

    I wish may the Allah be near and protect all of you Dunia sampai Akhirat,

    Thank you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tx so much bang shafie buat service yang luar biasa

      Hapus
  2. Jadi semakin pengen ke angkor wat.. hehehe btw bang shafie keren banget lho sampai punya blog sendiri.. semogaa bisa cepet kesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo segera mba ucy, angkor wat amazing loh trs booking tuk tuk bang shafie,hihi

      Hapus
  3. Wah... keren, jadi pengen juga kesana. kapan ya?

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Boss.long time I have never beard from you.hope you're find.

    Now I'm looking for a Indonesia tourist.hope someday i get alot tourist from this blog.Have a good day!

    Thank you!

    Shafie

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikum salam, hyyy bang shafie its great here... yes i hope someday tourism from indonesia will contact you soon when visit to ancor wat and using your tuk tuk...

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni