Search Now

Memuat...

Tujuan Rekam Kesehatan

15.41 Enry Maznidotcom 2 Comments

Tujuan Rekam Kesehatan

Ada banyak pendapat tentang tujuan kegunaan rekam kesehatan, salah satu cara untuk mengingatnya secara mudah digunakan akronim mnemonik "ALFERD" yang berarti mempunyai nilai untuk kepentingan administratif, hukum (legal), finansial, riset, edukasi dan dokumentasi (Hatta,1985). Selanjutnya dapat dilihat dalam 2 kelompok besar (Dick et al., 1997. hlm. 77-79) Pertama, yang paling berhubungan langsung degan pelayanan pasien (Primer). Kedua, yang berkaitan dengan lingkungan seputar pelayanan pasien namun tidak berhubungan langsung secara spesifik (Sekunder).

Tujuan utama (Primer) Rekam Kesehatan terbagi dalam 5 (lima) kepentingan yaiyu untuk :
  • Pasien, rekam kesehatan merupakan alat bukti utama yang mampu membenarkan adanya pasien dengan identitas yang jelas dan telah mendapatkan berbagai pemeriksaan dan pengobatan di sarana pelayanan kesehatan dengan segala hasil serta konsekuensi biayanya.
  • Pelayanan Pasien, rekam kesehatan mendokumentasikan pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan, penunjang medis dan tenaga lain yang bekerja dalam berbagai fasilitas pelayanan kesehatan. dengan demikian rekaman itu membantu pengambilan keputusan tentang terapi, tindakan dan penentuan diagnosa pasien. Rekam kesehatan juga sebagai sarana komunikasi antar tenaga lain yang sama sama terlibat dalam menangani dan merawat pasien. Rekaman yang rinci dan bermanfaat menjadi alat penting dalam menilai dan mengelola resiko manajemen. Selain itu rekam kesehatan setiap pasien juga berfungsi sebagai tanda bukti sah yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Oleh karena itu rekam medis yang lengkap harus setiap saat tersedia dan berisi data / informasi tentang pemberian pelayanan kesehatan secara jelas.
  • Manajemen Pelayanan, Rekam kesehatan yang lengkap memuat segala aktivitas yang terjadi dalam manajemen pelayanan sehingga digunakan dalam menganalisis berbagai penyakit, menyusun pedoman praktik serta untuk mengevaluasi mutu pelayanan yang diberikan.
  • Menunjang Pelayanan, Rekam Kesehatan yang rinci akan mampu menjelaskan aktivitas yang berkaitan dengan penanganan sumber sumber yang ada pada organisasi pelayanan di rumah sakit, menganalisis kecendrungan yang terjadi dan mengomunikasikan informasi di antara klinik yang berbeda.
  • Pembiayaan, Rekam Kesehatan yang akurat mencatat segala pemberian pelayanan kesehatan yang diterima pasien, Informasi ini menentukan besarnya pembayaran yang harus dibayar, baik secara tunai atau melalui asuransi.
Baca Juga : Tujuan Primer Rekam Medis
Tujuan Sekunder Rekam Kesehatan Tujuan sekunder rekam kesehatan ditujukan kepada hal yang berkaitan dengan lingkungan seputar pelayanan pasien yaitu untuk kepentingan edukasi, riset, peraturan dan pembuatan kebijakan. Adapun yang dikelompokkan dalam kegunaan sekunder adalah kegiatan yang tidak berhubungan secara antara pasien dan tenaga kesehatan.

BACA JUGA :

2 komentar :

  1. tolong donk poskan lebih materi tentang rekam kesehtan....
    terima kasih?????????

    BalasHapus
  2. ok saya akan berusaha sebisa nya..tx udah mampir

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni