Objek Wisata Pulau Belitung : Idhul Adha Trip (Bag-1) - Enry Mazni

Latest

Travelling Stories and Medical Record

6 Nov 2016

Objek Wisata Pulau Belitung : Idhul Adha Trip (Bag-1)

EnryMazniDotCom- Jalan lagi, hehehe traveling memang tidak menjadi keharusan bagi saya pribadi, tetapi yang namanya sudah menjadi sebuah hobi kalau tidak melanglang buana rasanya ada yang kurang seh *Ngelessss*. Ya sejauh ini dan masih punya kesempatan kenapa tidak dimanfaatin untuk menyalurkan hobi jalan saya. Bersama travelmate si Firman Abdul, kali ini saya mencoba untuk backpacker an dalam suasana lebaran haji mengunjungi beberapa objek wisata pulau Belitung. Kebetulan lebaran haji tahun ini saya tidak merayakan bersama keluarga, dikarenakan sesuatu hal yang tidak bisa saya jabarkan disini *Serius Amat*. Dan apa salahnya sesekali mencoba nge trip dalam nuansa lebaran dan gimana rasanya ya?.

Tujuan saya kali ini adalah ke sebuah pulau yang termasuk dalam kawasan pulau sumatera, sebuah pulau yang dikenal semenjak hadirnya sebuah film yang diadaptasi dari buku karangan Andrea Hirata yaitu "Laskar Pelangi". Tahukan nama pulau tersebut?. Pulau yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata baik dalam negeri maupun mancanegara, pulau yang menyimpan keindahan taman bawah laut dan tidak kalah dengan wisata bahari lainnya yang terdapat di Indonesia.

Pulau Lengkuas - Belitong
Pulau Lengkuas - Belitong

Belitung / Belitong

Belitung, atau warga setempat biasa menyebutnya dengan Belitong. Nama yang diambil dari jenis siput laut ini sangat terkenal dengan lada putihnya dan tambang galian pasir timah, dan Tanjung Pandan menjadi ibukota pulau Belitung ini. Belitung saat ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata semenjak dirilisnya sebuah film karya Riri Riza yang berjudul Laskar Pelangi, dengan objek utamanya adalah sekolah replika laskar pelangi atau SD Muhammadiyah di daerah Gantong, menjadi daya tarik wisatawan ingin melihat secara langsung bentuk sekolahnya. Selain itu, Belitung juga menyimpan wisata bawah laut yang tak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Pulau Belitung terdiri dari 2 Kabupaten, Kabupaten Belitung yang beribukotakan Tanjung Pandan dan satu lagi Kabupaten Belitung Timur beribukotakan Manggar. Pulau Belitung kaya akan hasil lautnya, tak heran berbagai macam makanan olahan ikan pun menjadi santapan mereka sehari hari, selain akrab dengan kehidupan bahari hasil lautnya, Belitung juga juga mempunyai sumber daya alam seperti timah.
Welcome To Belitong
Welcome To Belitong
Perjalanan pun kami awali dari bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, dengan menggunakan maskapai Sriwijaya pada pukul 06.20, untuk jadwal keberangkatan masih on schedule ya tidak seperti maskapai tetangga yang banyak di komplain karena ke delay an nya. Karena kalau delay rencana yang sudah di susun selama trip belitung bakalan kacau balau deh. Mengingat kami hanya mempunyai waktu 3 hari 2 malam untuk meng explore Belitung dari mulai laut dan daratannya *Tim Expedisi Abal Abal*. Perjalanan lebih kurang 60 menit penerbangan terasa begitu lama sekali, karena saya sudah tidak sabar sekali kaki ini untuk menginjak pulau laskar pelangi. Pulau yang sudah menjadi target saya beberapa tahun sebelumnya dan alhamdulillah keinginan itu tercapai juga.

Beberapa kebutuhan untuk keperluan selama di Belitung pun sudah dipersiapkan, dari mulai penginapan sampai dengan penyewaan sepeda motor, sesampai di bandara Belitung kami pun sudah ditunggu sama abang sewa motornya. Motor diantar ke bandara dan kami pun bertransaksi serah terima motor di bandara, untuk sewa motor nya per hari Rp 75.000. Jadwal pagi ini kami harus bergegas menuju pantai Kelayang untuk mencari penyewaan kapal motor, dari bandara dengan menggunakan Waze akhirnya kami sampai di pantai Kelayang, salah satu pantai yang menjadi lokasi untuk memulai tour hopping island.
Baca Juga : Berpetualang Menuju Surga  Di Tanjung Bira Bulukumba
Suasana pagi ini memang terlihat ramai aktifitas sepanjang area pantai, bus bus pariwisata mulai berdatangan membawa rombongan rombongan yang sudah membooking melalui para travel agent, hanya kami yang nekat go show ke sini dan berharap bisa dapat tumpangan atau nyempil ke dalam rombongan lainnya. Sebelum memulai perburuan mencari rombongan yang bisa kami tempel nantinya, kami duduk sejenak di pinggiran pantai untuk menyantap nasi goreng yang kami bawa dari jakarta, ya istilah kerennya "Bawa Bekal" hehehe, kan lumayan bisa menghemat pegeluaran pagi ini untuk sarapan. Walaupun sebakul bekal nasi goreng nya dimasak malam sebelum keberangkatan, tapi rasanya tetap yummy kok untuk disantap pagi ini.

Tidak ada teh manis hangat untuk sarapan pagi ini, hanya sebotol air putih yang sudah dipersiapkan dari rumah lah yang mendampingi menu sarapan nasi goreng ini. Ohhhh berdayakanlah apa yang bisa kamu berdayakan untuk perjalanan kamu, karena bisa menekan budget mu untuk makanan dan minuman, lagi lagi kata kata hemat selalu menemani dalam setiap perjalanan backpacking saya, dan ini adalah hal wajib yang selalu saya persiapkan, khususnya membawa botol minuman selama trip berlangsung.
Travelmate Firman
Travelmate Firman
Urusan perut saat ini sudah terselesaikan, hahaha saatnya bergeriliya mencari tumpangan atau share cost untuk ikutan tour hopping island hari ini, apapun alasannya kami harus dapat ikutan tour pulaunya, karena menurut itinerary yang sudah tersusun dan disahkan oleh pihak berwenang *formal banget ya*, hari pertama di Belitung kami harus tour pulau *Maksa Ya*. Nah untuk urusan beramah tamah dengan orang lain, travelmate saya Firman sangat ahli dibidangnya, jadi saya hanya menjadi follower, dialah yang kesana kemari mencari dan bertanya ke setiap rombongan atau yang punya kapal, apakah kami bedua bisa ikutan nyempil di kapal atau rombongan yang mereka bawa?.

Karena kalau hanya berdua untuk menyewa kapal tour pulaunya terlalu mahal, sekitar Rp 400.000 sd 500.000 / kapal, nah ujung ujungnya cost untuk trip hemat kali ini jadi bengkak dunk dan namanya bukan backpacker an lagi kalau tidak bisa menekan bugdet perjalanan. Pokoknya harus berusaha dulu ya mencari tebengan untuk share cost kapalnya sampai titik darah terakhir *para pejuang low price*. Menurut saya seh, seseorang yang disebut backpacker itu adalah para penikmat jalan jalan dengan budget murah tetapi tidak mengeyampingkan urusan kualitas selama perjalanannya, bukan sampai menyiksa diri demi menghemat pengeluaran.

My travelmate, Firman pun mulai berkeliling area pantai, bertanya sana sini ke setiap orang yang di curigai sebagai yang punya kapal, dan saya seperti kerbau dicocok hidungnya alias menjadi pengikut firman yang lagi mondar mandir mencari target sasaran. Akhirnya kami bertemu dengan 1 rombongan terdiri dari 3 orang cewek yang sudah memesan paket tour pulau untuk pagi ini, kami pun tidak sungkan untuk langsung menyapa mereka, ehhhhh salah, bukan kami tapi firman sang peramah tamah yang menyapa dan memulai percakapan bersama mereka, tanpa basa basi panjang dan to the point, firman mengajak mereka untuk share cost sewa kapal yang sudah mereka pesan duluan, kan lumayan hemat untuk Rp 500.000 dibagi 5 orang daripada mereka hanya share cost nya bertiga.
Mercusuar di Pulau Lengkuas
Mercusuar di Pulau Lengkuas
Sebenarnya mereka tidak keberatan seh untuk share cost kapal, tetapi kenyataannya mereka juga harus kecewa dengan kapal yang akan membawa mereka pagi ini, kapalnya rusak dan kata pemilik kapalnya mereka akan memulai tour pada pukul 13.00. Ya, tidak masalah seh bagi kami, walaupun harus mulai tour disiang hari, tapi sebelum kami memutuskan untuk ikut dengan mereka nanti siang, tidak ada salahnya untuk mencoba berburu lagi mencari rombongan kapal lain yang berangkat pagi ini, sebelum berpisah *asyikkkkk* kami pun meminta kontak mereka untuk memudahkan komunikasi nantinya jika kami tidak mendapatkan kapal lain yang berangkat pagi ini.

Setelah berjuang dengan penuh semangat, akhirnya kami berhasil mendapatkan kapal lain yang sudah punya rombongan, dan sekali lagi my travelmate siperamah tamah firman lah yang berhasil membujuk rayu guide tournya, dan pastinya tidak lupa juga meminta izin kepada rombongan tadi untuk bisa menerima kehadiran kami ditengah tengah mereka *Keluarga Cemara*. Untuk biaya sewa kapalnya kami cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 250.000/2 orang, bagaimana? murah tidak?? ini yang namanya backpacker sang penekan budget, tetapi tidak mengurangi kualitas jalan jalannya.

Baiklah, saya akan share itinerary 3 hari 2 malam di Belitung, tempat apa saja yang bisa kami kunjungi selama beberapa hari di pulau ini?, dengan waktu yang terbilang singkat ini kami mencoba untuk memanfaatkannya untuk mengunjungi wisata laut dan objek objek wisata yang ada di daratan Belitung. Simak beberapa tempat wisata pulau Belitung berikut ini.

Hari Pertama
1 Sampai bandara Belitung
2 Pantai Tanjung Kelayang (hopping Island)
3 Pulau Batu Garuda
4 Pulau Batu Berlayar
5 Pulau Lengkuas
6 Pulau Kepayang
7 Pantai Tanjung Tinggi
8 Pantai Jimbaran
9 Bukit Berahu (Sunset)

Hari Kedua
10 Shalat Idhul Adha di Mesjid Al Ihram
11 Pantai Tanjung Pendam
12 Danau Kaolin
13 SD Mumammadiyah (Laskar Pelangi)
14 Rumah Keong / Siput
15 Kampong Ahok
16 Museum Kata ( Andrea Hirata)
17 Minum Kopi di Resto Millenium
18 Pantai Burung Mandi
19 Vihara Dwi Kwam In
20 Pantai Tambak
21 Tugu Batu Satam

Mmmmmmm total lokasi yang bisa kami datangi selama beberapa hari di Belitung 21 tempat, dan ternyata masih banyak lokasi lokasi lainnya di sini yang belum terkunjungi. Seperti pantai Punai, Pulau Pasir, Pantai Penyabong dan masih banyak lagi, mungkin suatu saat kembali ke sini lagi khusus untuk mengunjungi daerah wisata yang belum ya.


Di postingan berikutnya, saya akan bercerita tentang masing masing lokasi yang sudah saya sebutkan tadi, gimana seh keseruan kami mengekplor masing masing tempatnya?. Semoga penasaran ya, jadi tunggu cerita selanjutnya di EnryMazniDotCom. Dan itinerary yang saya tulis diatas hanya sebagai referensi teman teman yang ingin berkeliling di Pulau Belitung ini, pulau yang wajib dimasukkan dalam daftar perjalanan kamu berikutnya, dan Indonesia itu indah kawannnnn.

Keep Traveling Keep Writing'

2 komentar:

  1. Belitong memang pulau yang indah!!!
    banyak banget mas tempat yang sdh di datangi. saya juga ada beberapa pulau yang belum dikunjungi. Btw, pulau pasir blom disebutin ya. itu jg pulau yang keren mas... isinya cuma pasir doang dan byk bintang laut

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba manfaatin waktu yang singkat, hanya bisa beberapa pulau. Btw pulau pasir waktu itu gak keburu karena telat seh mulai jalannya dan air laut pun sudah pasang

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni
Jangan lupa Like dan Subscribe EnryMazniDotCom Fan Page dan Youtube Channels at BCC TRAVELLERS