Cara Menambahkan Kartu Debit Visa Bank Mandiri Untuk Pembayaran Tiket Airasia - Enry Mazni

Latest

Travelling Stories and Medical Record

15 Apr 2018

Cara Menambahkan Kartu Debit Visa Bank Mandiri Untuk Pembayaran Tiket Airasia

EnryMazniDotCom - Hello There, udah lama banget saya tidak up date postingan entah karena sibuk dengan aktifitas kerja (emamng punya kerjaan?) atau memang lagi malas malasnya mau nulis artikel. Saya mengumpulkan semua mood baik untuk menyelesaikan sebuah artikel ini sehingga postingan ini 'berhasil' terpublikasi dengan baik dan benar HAH. Sebenarnya ide ide untuk membuat artikel di blog Enrymazni.com ini banyak sekali dan salah satunya adalah artikel tentang Cara Menambahkan Kartu Debit Visa Bank Mandiri Untuk Pembayaran Tiket Airasia ini. Pada artikel yang saya buat ini merupakan hasil uji coba saya sendiri dan semoga apa yang saya berikan sedikit bisa menjadi solusi bagi teman teman yang kesulitan dalam membeli tiket Airasia khususnya kalau bayarnya tidak dalam mata uang Indonesia Rupiah (IDR). Ok cukup ya basa basi busuknya, hahaha kita langsung saja ke pokok pembahasannya.
Cara Bayar Tiket Airasia
Cara Bayar Tiket Airasia
Buat para traveler khususnya para backpacker, berburu tiket murah dan mantengin berbagai web maskapai low cost adalah hal wajib, bahkan saya pribadi rela begadang sampai pagi demi sebuah tiket promo, nah supaya tidak ketinggalan promo promo yang berlangsung kita harus 'rela' meregisterkan email kita ke berbagai maskapai low cost agar tidak ketinggalan info info terupdate mereka. Seperti saya, kotak masuk email saya penuh dengan email email promosi dari berbagai macam website, baik dari airline, online shopping dan lain lainnya. Seolah olah menjadi orang kantoran saja yang setiap harinya nge cek email masuk dari kolega kolega, padahal isi email semuanya email promosi / penawaran yang menggoda saya untuk membuka link nya (Ampuni saya tuhan) haha.
Ok, pada artikel kali ini saya hanya akan membahas tentang cara menambahkan kartu debit ke id Airasia untuk memudahkan pembayaran / pembelian tiket Airasia menggunakan Kartu Debit berlogo Visa dari Bank Mandiri, kenapa harus Bank Mandiri dan berlogo Visa?, jawabannya simpel aja kok, karena saat transaksi pembelian tiket Airasia saya mencoba coba melakukan pembayaran dengan Kartu Debit Visa dari Bank Mandiri dan itu berhasil seratus persen. Makanya saya tertarik untuk menulis artikel ini dan berbagi sedikit pengamalan saya kepada teman teman semuanya.

Seperti para traveler ketahui bersama (cieee traveler) kesulitan utama bagi para pemburu tiket promo pada saat mau meng issued tiket secara online adalah di pembayarannya, kenapa? Karena kebanyakan pembayaran yang disediakan adalah dengan menggunakan kartu kredit dan seperti yang kita ketahui bersama tidak semua dari kita memiliki kartu kredit. Begitu juga saat pembelian tiket di website / aplikasi Airasia yang salah satunya adalah menggunakan metode pembayaran melalui kartu kredit.

Apalagi kalau kita mau beli tiket untuk rute luar (bagi orang Indonesia) misalnya kita mau beli tiket Airasia rute Kuala Lumpur ke Beijing dalam mata uang Ringgit (MYR) dan satu satunya cara pembayaran adalah menggunakan kartu kredit, meskipun banyak metode pembayaran yang disediakan oleh Airasia seperti online banking atau melakukan pembayaran di merchant yang sudah support untuk pembayaran tiket Airasia. 

Untuk diketahui kita tidak bisa melakukan pembayaran tiket untuk rute tersebut melalui online banking atau via merchant yang tersedia, karena pembayaran tersebut hanya bisa dilakukan bagi warga Malaysia saja, sedangkan kita warga Indonesia dan tentunya tidak mempunyai akun bank lokal seperti mereka. Dan pada akhirnya kita hanya dihadapkan dengan satu pilihan metode pembayaran yaitu kartu kredit. Ini hanya contoh untuk pembelian tiket rute luar (Kuala Lumpur – Beijing/negara negara lain).

Tetapi bagi kita yang ingin membeli tiket dari dalam negeri (Indonesia) ke luar negeri melalui website / Aplikasi Airasia tidaklah sesulit bila dibandingkan kita membeli tiket untuk rute luar, misalnya saya akan membeli tiket Airasia rute Jakarta ke Kuala Lumpur dan saat pembayaran diakhir proses nantinya saya bisa melakukan pembayarannya melalu berbagai macam pilihan metode pembayaran yang disediakan Airasia, seperti kartu kredit, online banking (lokal bank) dan merchant merchant seperti Indomaret dan lain lainnya karena mata uang yang digunakan adalah dalam IDR.
Saran saya untuk pembelian tiket Airasia rute dalam ke luar sebaiknya beli tiketnya pulang pergi / two ways, karena akan memudah kita untuk melakukan pembayaran tiket tadi karena menggunakan mata uang Rupiah (IDR). Berikut sedikit gambarannya supaya kita bisa membeli tiket dalam mata uang Rupiah (IDR) dan pastinya memudahkan kita dalam pembayaran nantinya karena tidak harus menggunakan kartu kredit.

Belilah tiket Airasia dalam satu kode booking untuk tiket pulang pergi ( Jakarta ke Kuala Lumpur – Kuala Lumpur ke Jakarta ) karena mata uang yang digunakan adalah Rupiah (IDR), tapi jika kamu membeli tiket Airasia untuk rute tersebut dalam 2 kode booking / 2 kali pembelian, nantinya akan membuat kita kesulitan dalam pembayaran tiket pulangnya, karena rute pulangnya Kuala Lumpur ke Jakarta tersebut akan menggunakan mata uang ringgit (MYR) dan kita hanya bisa memilih metode pembayarannya melalui kartu kredit.

Misalnya pembelian tiket Airasia dalam 2 kali pembelian dengan rute Jakarta ke Kuala Lumpur (1 kode booking) pembayaran dalam mata uang Rupiah (IDR) dan untuk tiket kembalinya, Kuala Lumpur ke Jakarta (1 kode Booking) pembayaran dalam mata uang Ringgit (MYR) / bisa pilih mata uang lainnya karena mata uang Rupiah (IDR) tidak tersedia dan satu satunya cara pembayarannya hanya bisa melalui kartu kredit.

Nah semoga bisa dipahami sedikit penjelasan saya tentang metode pembayaran tiket Airasia diatas, oke kita lanjut ya, selama hampir 5 tahun saya backpacking dan 90 persen maskapai yang saya gunakan adalah Airasia sampai sampai saya jatuh cinta sama itu maskapai dan saat ini sedikit demi sedikit dalam setiap flight dengan Airasia saya nyicil beli original merchandise nya Airasia untuk koleksi pribadi di kamar dan alhamdulillah sudah terkumpul lumayan banyak walaupun belum lengkap.

Seiring perkembangan teknologi dan membludaknya pengguna handphone, Airasia tidak mau ketinggalan dalam memanjakan para pelanggannya dan itu mereka buktikan dengan menghadirkan aplikasi Airasia untuk pengguna andorid dan IOS. Adapun beberapa aplikasi Airasia untuk andorid / IOS adalah Airasia App, Airasia BigLoyalty App, AirasiaGo, semua aplikasi tersebut pastinya untuk memudahkan kita dalam membeli tiket Airasia jadi tidak perlu melalui website nya lagi. 
Salah satu fitur yang dikembangkan Airasia baik di website dan aplikasinya adalah fitur “My BigClick” / “MyCards”, fitur ini memudahkan para usernya untuk melakukan pembayaran tiket Airasia dalam sekali klik dengan syarat kita sudah menyimpan kartu kredit / debit kita di dalam fitur My BigClick ini.

Dalam fitur My BigClick selain untuk menambahkan kartu kredit kita juga menambahkan kartu debit bank juga, jadi lebih memudahkan bagi kita yang tidak punya kartu kredit untuk melakukan pembayaran tiket. Seperti saya, selain menambahkan kartu kredit di dalam fitur My BigClick saya juga menambahkan kartu debit berlogo visa dari Bank Mandiri dan ini pertama kalinya saya mencoba pembayaran tiket Airasia melalui kartu debit saya yang sudah tersimpan tadi dalam My BigClick dan berhasil meskipun tiket yang saya bayar dalam mata uang Ringgit (MYR), jadi saya tidak harus menggunakan kartu kredit terus terusan untuk beli tiket Airasia.

Nah, karena sudah mencobanya dan itu sukses, maka dari itu saya ingin sedikit berbagi info kepada teman teman semuanya kalau tidak semuanya pembelian tiket di Airasia itu harus menggunakan kartu kredit, tetapi kita juga bisa melakukan pembayaran tersebut melalui kartu debit bank lokal khususnya untuk pembelian tiket rute luar seperti yang saya sebut di atas tadi.

Dan berikut cara menambahkan kartu debit bank lokal ke dalam My BigClick Airasia agar memudahkan kita nantinya untuk membeli tiket Airasia khususnya rute luar dan besarnya pembayaran yang akan di cas ke rekening kita tergantung kurs rupiah terhadap mata uang yang kita gunakan saat pembayaran.

Pada artikel ini saya menggunakan rekening lokal yaitu Bank Mandiri dengan kartu debit berlogo visa dan saat menambahkan kartu debit ke dalam My BigClick dengan menggunakan aplikasi Airasia android.

1. Pastikan kamu sudah mendowload aplikasi Airasia di android / IOS kamu dan sudah terdaftar sebagai member Airasia, kalau belum silahkan melakukan pendaftaran di web Airasianya dan pastinya gratis.
2. Rekening Bank Mandiri kamu sudah di aktifasi fasilitas Mandiri Online nya dan nomor handphone yang terdaftar di Mandiri Online nya juga harus aktif, untuk menerima sms notifikasi yang berisi authorized code yang bakal dikirim ke nomor handphone yang sudah terdaftar di Mandiri Online kamu, dan sms yang berisi authorized code tadi gunanya untuk pengesahan transaksi diakhir pembayaran nantinya.
3. Sekarang, silahkan log in menggunakan id Airasia kamu di Airasia aplikasi.
4. Masukkan email dan password kamu.
Log in Airasia App
Log in Airasia App
5. Setelah berhasil log in di Airasia, klik profil kamu di sudut kiri atas.
6. Dan kamu dibawa ke halaman profile yang berisi berbagai fitur Airasia seperti ‘My Profile, My Travel Document, My Family and friends dan terakhir Mycards’.
Profile Airasia Kamu
Profile Airasia Kamu
7. Kemudian klik menu Mycards, lihat pada tulisan ‘My BigClick’ masih kosong tidak ada kartu kredit atau kartu debit yang terdaftar.
8. Dibawah menu ‘My BigClick’ ada tulisan ‘Add credit or debit card’ dan ada 4 kolom yang harus kamu isi.
My BigClick Masih Kosong
My BigClick Masih Kosong
Isi Semua Kolom Sesuai Permintaan
Isi Semua Kolom Sesuai Permintaan

9. Pada pilihan ‘card type’ silahkan pilih ‘VISA’.
10. Pada kolom ‘card number’ isi dengan nomor kartu debit bank mandiri berlogo visa kamu.
11. Selanjutnya pada kolom ‘card holder name’ silahkan di isi dengan nama yang tertulis pada kartu debit bank mandiri kamu.
12. Pada kolom ‘expiration date’ di isi dengan ‘bulan’ dan ‘tahun’ expire kartu debit bank mandiri kamu.
13. Nah, silahkan scroll ke bawah dan klik tulisan ‘Add card’
14. Tunggu proses penambahan selesai, kalau berhasil kamu akan melihat kartu debit kamu di tulisan pertama yang saya sebut di no.8 yaitu ‘My BigClick’.
15. Kalau sudah tampil kartu debit kamu di menu ‘My BigClick’ berarti kamu sudah berhasil menambahkan kartu debit visa bank mandiri kamu ke dalam fitur Mycards Airasia kamu, dan selamat bertransaksi.
Kartu Debit Kamu Berhasil di Tambahkan
Kartu Debit Kamu Berhasil di Tambahkan
16. Silahkan gunakan menu 'Mycards' di Airasia aplikasi saat kamu melakukan pembelian tiket nantinya.

Dalam fitur Airasia Mycards kita bisa menambahkan sampai dengan 10 buah jenis kartu kredit / kartu debit, dan semua transaksi yang kita lakukan selain dengan mata uang rupiah (IDR) akan di autodebit ke rekening kita dengan mengikuti kurs rupiah saat kita melakukan transaksi, jadi jangan kaget saat kamu cek history transaksi kamu di rekening dengan kurs yang bervariasi. 

Dan mengapa saya suruh kamu aktifkan fitur Mandiri Online, supaya kamu bisa cek kurs transaksi pada saat itu juga meskipun saat itu kamu lagi berada di luar negeri. Dan pastinya dengan menambahkan kartu debit setidaknya kita tidak perlu pusing pusing minjam kartu kredit teman untuk beli tiket Airasia dan tidak repot dan deg deg an juga meng apply kartu kredit dan di approve oleh pihak Bank haha.

Kalau kamu masih kebingungan cara menambahkan kartu debit kamu, saya juga sudah menyediakan video tutorialnya di channel youtube saya BCC TRAVELLERS, silahkan mampir ya dan pastikan sudah Subscribe, Like and Komen (maksa banget ya). atau kita bisa berinteraksi melalui kolom komentar di bawah ini.



"Keep Traveling Keep Writing"

7 komentar:

  1. hello!,I like your writing so much! proportion we communicate extra approximately your post on AOL?
    I require a specialist on this house to resolve my problem.

    Maybe that is you! Taking a look forward to look you.

    BalasHapus
  2. I simply wanted to write a simple comment in order to thank you for
    some of the splendid tactics you are showing on this site.
    My long internet investigation has finally been compensated
    with reasonable details to exchange with my family and friends.

    I would tell you that most of us readers are definitely blessed to
    dwell in a very good network with very many perfect individuals with insightful
    things. I feel quite lucky to have encountered your
    entire web pages and look forward to really more entertaining
    minutes reading here. Thanks again for all the details.

    BalasHapus
  3. Hello my friend! I want to say that this article is awesome, great written and include
    approximately all significant infos. I'd like to look extra posts like this.

    BalasHapus
  4. Hello, all is going well here and ofcourse every one is sharing data, that's actually
    excellent, keep up writing.

    BalasHapus
  5. Hi there! This is kind of off topic but I need some help from an established
    blog. Is it difficult to set up your own blog?
    I'm not very techincal but I can figure things out pretty
    fast. I'm thinking about creating my own but I'm not sure where to
    begin. Do you have any points or suggestions? Cheers

    BalasHapus
  6. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make
    your point. You obviously know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to
    your site when you could be giving us something enlightening to read?

    BalasHapus
  7. Hey very nice blog!

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni
Jangan lupa Like dan Subscribe EnryMazniDotCom Fan Page dan Youtube Channels at BCC TRAVELLERS