Berpetualang Menuju Surga Di Tanjung Bira Bulukumba - Enry Mazni

Latest

Travelling Stories and Medical Record

2 Nov 2016

Berpetualang Menuju Surga Di Tanjung Bira Bulukumba

Berpetualang Menuju Surga Di  Tanjung Bira - Bulukumba

Anda menyukai wisata pantai? Anda juga gemar berburu wisata pantai yang memiliki sunset, sunrise terindah, ombak tertinggi, pemandangan bawah laut yang amazing, sampai pantai dengan pasir paling bersih? Semua itu akan Anda temukan di Tanjung Bira. Tanjung Bira berlokasi di Desa Bira, Kabupaten Bulukumba – Sulawesi Selatan. Jika ditempuh melalui jalan darat dari Makassar, akan membutuhkan waktu sekitar enam jam.

Enam jam dari Makassar? Wow! Jauh sekali menuju Tanjung Bira. Tetapi, perjuangan dan perjalanan Anda menuju tempat ini akan terbayar semuanya, pokoknya Anda tidak akan kecewa walau harus terdampar di sana. Terlebih di Tanjung Bira sudah terdapat penginapan yang bagus, salah satunya Amatoa Resort. Untuk informasi detailnya, baik mengenai fasilitas, kelebihan, maupun tarif kamar di  penginapan ini, bisa melihat Amatoa Resort di Traveloka.

Sumber gambar: amatoaresort.com
Sebenarnya tidak hanya info fasilitas, kelebihan, dan tarif kamar di Amatoa Resort. Traveloka juga memberi info lokasi, perkiraan jarak tempuh, foto-foto yang bisa memberi sedikit gambaran. Berwisata ke daerah yang belum pernah dikunjungi sudah pasti akan lebih baik jika Anda mencari tahu dulu beberapa hal pentingnya. Beberapa poin tersebut ialah rute dan transportasi ke tujuan, lokasi penginapan yang terdekat dengan tujuan wisata, perkiraan budget yang harus dikeluarkan dan sebagainya.  

Informasi akurat dan lengkap yang Anda dapatkan akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan nyaman. Terlebih perjalanan ke Tanjung Bira yang lebih menyerupai petualangan, bukan perjalanan biasa hingga dibutuhkan persiapan yang matang. Petualangan seperti apa yang bisa Anda lakukan di sini? Yuk, ikuti petualangan menuju surga di Tanjung Bira-Bulukumba!

Adapun rute perjalanannya bisa Anda tempuh melalui Makassar Selatan untuk menuju Tanjung Bira. Anda harus ke Terminal Malengkeri terlebih dahulu. Di Terminal kecil ini tersedia angkutan berupa mobil pribadi yang cukup nyaman. Memang untuk waktu tempuh normal tanpa hambatan dari Makassar ke Tanjung Bira bisa ditempuh sekitar  enam jam. Namun, jika terjadi hal-hal tertentu akan memakan waktu lebih lama.

Di Makassar tidak banyak penumpang menuju Tanjung Bira sehingga mobil akan menunggu penumpang cukup lama, atau bila penumpang tidak banyak, Anda bisa diturunkan di  Terminal Bulukumba. Di sini perjalanan akan dilanjutkan lagi dengan menggunakan pete-pete atau angkutan umum menuju Tanjung Bira. Anda tidak perlu cemas, dari Bulukumba ke Tanjung Bira tidak terlalu jauh jaraknya.
Perjalanan dari Bulukumba menuju Tanjung Bira akan melewati Tana Beru. Tana Beru ini merupakan tempat pembuatan kapal Pinisi yang legendaris di Sulawesi. Bahkan banyak turis mancanegara yang memesan kapal Pinisi. Konon, pembuatan kapal Pinisi melibatkan proses upacara yang berbau mistis. Selain terdapat sesaji berupa jajanan manis serta ayam jago, upacara pemotongan lunas kapal harus dipimpin pawang perahu yang disebut juga Panrita Lopi.

Mungkin Anda tidak dapat mampir karena perjalanan fokus menuju Tanjung Bira. Anda hanya bisa melihat dari kejauhan kapal-kapal penisi yang sedang dibuat penduduk. Setidaknya mengobati rasa lelah dalam perjalanan yang melewati jalan naik turun, kadang berlubang, berganti kendaraan, duduk di mobil selama berjam-jam.

Di Tanjung Bira akan terlihat hamparan pantai yang memiliki pasir putih bersih, air hijau kebiru-biruan. Begitu beningnya sampai biota  laut terlihat dengan mata telanjang. Amazing! Pasir pantainya berbeda dengan pasir di pantai pada umumnya karena pasir Pantai Tanjung Bira seperti tepung, halus sekali. Namun sebelum ke pantai, sebaiknya Anda ke Amatoa Resort  dulu untuk istirahat sejenak.
Pasir Pantai Tanjung Bira – Sumber gambar: sodventure.blogspot.co.id
Amatoa Resort berada di tebing Pantai Bira dan menghadap langsung ke Pulau Liukang. Penginapan ini memiliki tujuh kamar, setiap kamar menyuguhkan pemandangan pantai yang luar biasa indah. Jika Anda ingin berenang, menyelam atau snorkeling, bisa langsung berjalan kaki menuju ke sana dari kamar penginapan karena terdapat tangga langsung menuju laut. Pengalaman seru bukan?
Pulau Appalarang – Sumber gambarahmadzakaria.net

Anda bisa
menikmati serunya menginap di atas tebing tinggi, menghadap laut dan pulau. Sejauh mata memandang, terlihat air hijau kebiruan. Jika ingin merasakan air laut dan keindahannya, Anda hanya tinggal menuruni anak tangga yang tersedia dari kamar. Jika hanya ingin memandang keindahan laut dan tebing-tebing, bisa duduk di lobi penginapan. Semua pemandangan yang luar biasa bisa Anda nikmati dengan puas.di banyak lokasi hotel ini.

Di Tanjung Bira selain indah, sunyi, jauh dari perkotaan, Anda benar-benar akan menikmati suasana tenang. Tidak salah kalau Tanjung Bira dijuluki wisata surga yang mengagumkan. Selain Pantai Bira, ada juga Pulau Liukang, Pulau Bara, Pulau Kambing dan Appalarang. Segera temukan surga wisata laut  di sana. Selamat berlibur!

2 komentar:

  1. Betulll... Pantai bira memang keren!!!
    ke sana 6 jam??? lamaaaaa... emmm... seingat saya ga sampai 6 jam, paling 4-5 jam nyampe. eh.. iya tapi itu naik kendaraan umum ya ding, iya sih klu pake kendaraan umum sekitar itu lah waktu tempuhnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba actually aku belum pernah kesana, soon akan menginjakkan kaki kesana deh. gak afdol kalau keliling indonesia tidak nginjak sulawesi

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni
Jangan lupa Like dan Subscribe EnryMazniDotCom Fan Page dan Youtube Channels at BCC TRAVELLERS