Pulau Pulau di Belitung : Idul Adha Trip (Bag-2) - Enry Mazni

Latest

12 Nov 2016

Pulau Pulau di Belitung : Idul Adha Trip (Bag-2)

EnryMazniDotCom - Pada postingan sebelumnya Belitung episode 1 *Kayak sinetron aja pakai episode segala*, sudah saya tulis beberapa tempat objek wisata yang akan saya kunjungi. Dari wisata laut sampai wisata daratnya, walaupun hanya punya waktu 3 hari 2 malam disini, saya dan travelmate akan memanfaatkan waktu yang ada semaksimal mungkin dengan kurun waktu terbilang pendek. Walaupun sebenarnya mau lebih lama stay disini biar bisa explore pulau Belitung dari A sampai Z, sebenarnya masih ada keinginan saya untuk kembali ke pulau Belitung ini, rasanya belum puas menikmati pulau pulau di Belitung dengan taman bawah lautnya yang indah banget. Pantai pasir putih yang terbentang panjang dengan air laut yang jernih serta kebiruan. Pulau Belitung menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan, dengan potensi wisata yang mempunyai daya tarik sendiri. Seperti batu granit yang besar besar seolah olah tumbuh dari atas permukaan tanah,
www.enrymazni.com
Tugu Batu Satam - icon Belitung
Hari pertama landing dipulau ini, saya langsung mengeksekusi itinerary pertama yaitu island hopping dari pantai Kelayang. Dengan menggunakan sepeda motor dari bandara, saya langsung menuju pantai Kelayang lebih kurang 30 menit perjalanan. Pantai Kelayang merupakan salah satu tempat untuk memulai perjalanan keliling pulau pulau. Disini banyak kapal kapal penduduk yang berbaris rapi di bibir pantai, kapal kapal inilah yang akan membawa saya dan rombongan lainnya menuju ke objek wisata pulau pulau. Pantai Kelayang merupakan pintu akses utama untuk para pengunjung yang mau island hopping.



Karena menjadi pintu akses utama, maka tidak heran kalau lokasi pantai Kelayang ini sudah memiliki fasilitas fasilitas yang memadai. Seperti, tersedianya lokasi parkir kendaraan bermotor dan mobil, bahkan kendaraan sekelas bus pariwisata pun bisa parkir dengan leluasa di lapangan terbuka yang sudah disediakan. Selain itu, berdiri juga warung warung kecil yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, seperti makanan berat, beraneka macam camilan, bahkan beberapa warung pun menjual sandal jepit, celana pendek dll. Fasilitas lainnya yang tak akan di lupakan oleh pihak pengelola adalah toilet, yaaa ini salah satu hal wajib tersedia di tempat tempat wisata.
Boat di Pantai Kelayang - Belitung
Boat di Pantai Kelayang - Belitung

Pulau Batu Garuda

Belitung selain dikenal dengan penghasil timah, ternyata Belitung juga mempunyai batu granit yang besar besar dan hampir disetiap pulau di Belitung memilikinya. salah satunya adalah pulau batu granit ini, pulau yang berada tepat dilepas pantai Kelayang ini mirip dengan kepala seekor burung. Pulau yang di 'tenggeri' batu granit kepala burung ini dinamai masyarakat setempat pulau batu Garuda, alasannya simpel seh, karena batu granit ini membentuk mirip dengan kepala burung garuda.
Pulau Batu Garuda - Belitung
Pulau Batu Garuda - Belitung
Pulau batu garuda adalah spot pertama yang dikunjungi dalam rangkaian island hopping  saya, dengan menggunakan boat lebih kurang 10 menit dari pantai Kelayang. Pulau batu garuda menjadi salah satu spot favorit bagi para pengunjung, karena keunikan bentuk batu granit yang benar benar mirip sekali dengan kepala burung garuda. Dipulau ini, boat tidak akan merapat ke pulaunya, karena spot yang tepat untuk melihat nya adalah dari tengah laut saja.

Pulau Batu Berlayar

Selesai dari spot pulau batu garuda, saya dan rombongan boat melanjutkan ke spot pulau berikutnya. Pulau kecil ini tidak terlalu jauh keberadaanya dari pulau batu garuda tadi. Penduduk setempat menyebutnya dengan pulau batu berlayar, pulau kecil yang dipenuhi dengan batu batu granit yang berformasi seperti layar sebuah kapal. Tidak ada pepohonan yang tumbuh di pulau ini, hanya batu batu granit yang memenuhi setiap sudut pulau ini. Batu besar yang berdiri secara vertikal seperti layar diatas pulau pasir seumpama kapalnya, maka dari itu di beri nama dengan pulau batu berlayar.
Pulau Batu Berlayar - Belitung
Pulau Batu Berlayar - Belitung
Untuk mendapatkan spot terbaik dipulau ini, para pengunjung di persilahkan untuk turun langsung dan berkeliling keliling pulau yang kecil ini. Sangat disarankan bagi yang tidak tahan panas, sebaiknya menggunakan payung atau pelindung panas, karena tidak ada satupun pohon yang tumbuh disini. Waktu terbaik berkunjung dipulau ini adalah saat air surut, karena saat air pasang pasir putih pulau batu berlayar akan tertutup dengan air laut. Jadi, saran tanyakanlah kepada boat tour kapan waktu terbaik untuk mengunjunginya.

Pulau Lengkuas

Ini adalah pulau yang menjadi favorit para wisatawan, kenapa? simak beberapa kelebihan pulau ini dibandingkan dengan dua pulau sebelumnya. Pulau lengkuas mempunyai air yang jernih, kalau saya mendesrikpsinya seh bening, bukan jernih lagi. Tidak jauh dari pulau ini terdapat area spot untuk snorkeling, aktifitas snorkeling ini biasa dilakukan setelah mengunjungi daratan pulau ini. Salah satu spot yang paling disuka sama wisatawan adalah mercusuar nya, mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882 ini memang menjadi daya tarik tersendiri di Belitung. Sampai saat ini, mercusuar masih berfungsi dengan baik untuk mengatur lalu lintas laut di pulau Belitung, baik kapal masuk maupun keluar dari pulau ini. Untuk naik ke puncak mercusuar, cukup sediakan uang sebesar Rp 5000/orang. Dan sebelum masuk kedalamnya kita harus membuka alas kaki dan membersihkan kaki kita dari pasir pasir pantai yang melekat, karena kebersihan mercusuar benar benar dijaga.
Mercusuar Pulau Lengkuas - Belitung
Mercusuar Pulau Lengkuas - Belitung
Sama seperti pulau lainnya, pulau lengkuas juga terdapat banyak batu batu granit yang besar dan unik, dan terbentang luas sepanjang garis pantai pasir putih yang membuat saya ingin tiduran diatasnya. Berbeda dengan dua pulau tadi, disini tersedia warung warung makan, jadi kita bisa sejenak beristirahat sambil menikmati makanan. Jangan lupa pesan kelapa mudanya ya, biar lebih afdol ke pantainya, untuk sebuah kelapa bulat utuh dijual seharga Rp 20.000. Batu batu granit yang ada di pulau ini juga menjadi spot photo yang bagus loh, seolah olah batu granit menjadi iconnya pulau pulau di Belitung ini. 
View Dari Atas Mercusuar - Belitung
View Dari Atas Mercusuar - Belitung
Karena menurut saya terlalu mahal *mau murah? bawa sendiri keles*, akhirnya saya hanya membeli minuman fre*h tea untuk menghilangkan rasa haus yang tidak tertahankan *Mulai deh hiperbolanya*. Kemudian rasa sesal timbul setelah meneguk minuman tadi, pas mau bayar harganya gilaaaaaa banget, pasti pak menteri perdagangan tidak pernah blusukan ke sini *hahaha*, bagaimana tidak satu botol fre*h tea dijual Rp 15.000, *lemas hayati bang pas mau bayar*. Ok, kita tinggalkan dunia perdagangan tadi, tidak jauh dari warung makan, ada penangkaran anak anak penyu yang unyu unyu loh, jadi kalian wajib melihatnya.

Pulau Lengkuas ini tidak terlalau luas, nah demi menjaga kelangsungan hidup lingkungan para pengunjung disarankan membawa air minum sendiri, dan jangan lupa bekas botol minumnya dibawa kembali ke daratan Belitung untuk dibuang ke tempat sampah. Ingat ya kalau tidak kita yang menjaganya siapa lagi?, ini semua demi menjaga kelestarian alam yang tentunya nanti dinikmati anak cucu kita. Ini tidak hanya berlaku di pulau lengkuas aja loh, tetapi dikehidupan sehari hari kita juga perlu diterapkan.

Pulau Kepayang

Ini adalah pulau ke empat yang dikunjungi dalam rangkaian tour island hopping  saya dan para rombongan lainnya. Di pulau ini saya tidak berkunjung dalam rangka berwisata, tapi pulau Kepayang ini dijadikan sebagai pulau perhentian untuk istirahat makan siang. Semua boat kapal yang melakukan rangkaian island hopping  akan membawa rombongan pengunjung ke pulau ini, walaupun sebagai pulau peristirahatan, tetapi disini mempunyai pasir pantai yang putih dan air laut biru yang terbentang luas dihadapan. Banyak pepohonan rindang yang tumbuh dipulau ini yang membuat suasana lebih nyaman untuk bersantap siang sambil di sepoi sepoi in sama angin laut.
Menu Lunch Rp 140.000 - Belitung
Menu Lunch Rp 140.000 - Belitung
Fasilitas yang tersedia disini ada musholla, warung makan, berbagai panganan hasil laut disediakan disini. Untuk lebih hemat mereka juga menyediakan menu paket buat lunch , karena saya hanya berdua, jadi biar lebih hemat kami memesan paket lunch  seharga Rp 140.000 terdiri dari sebakul nasi, tumis kangkung, cumi goreng tepung, sate udang, ikan bakar yang ruarrr biasaaaa besarnya *lebay*, gulai asam pedas ikan dan gratis teh atau kopi yang sudah tersedia disebuah booth. Jadi kita tinggal pilih mau minum teh atau kopi dan disediakan gula juga.

Untuk penyajian makanannya tidak terlalu lama, begitu juga kami menyantapnya tidak butuh waktu yang lama kok *hahaha laper atau baper ne*. Oh ya karena kami adalah dua makluk yang nyempil pada rombongan yang sudah membeli paket tour all in, termasuk makan siangnya, dan kami harus membeli sendiri untuk makan siangnya. Kami hanya membayar sewa kapal sebesar Rp 250.000/2 orang, istilah kerennya "kami bak benalu yang menempel dipohon kapas" *hah? emang ada?*.
Pulau Kepayang menjadi tujuan terakhir saya hari ini, setelah lahap dengan sajian makan siangnya sampai sampai satu ekor ikan bakar kami mintak bungkusin untuk lauk makan malam nanti *hemattttt beb*. Disini juga disediakan untuk bilas dan ganti baju, karena sesampai nanti di pantai kelayang kami akan melanjutkan perjalanan ke beberapa tempat berikutnya. Jadi, kesempatan istirahat dipulau ini kami gunakan untuk ganti baju tetapi tidak pakai acara mandi atau bilas *hemattt lagi beb*.
Granit, Awal Segalanya - Belitung
Granit, Awal Segalanya - Belitung
Sesampai di pantai Kelayang, kami pun tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih ke abang boat nya. Karena sudah mengizinkan kami menjadi 'benalu' dikapalnya, dan terima kasih juga buat rombongan yang kami benalu in sudah menerima keberadaan kami di tengah tengah kehangatan mereka. Dan kamipun berpisah dengan para rombongan tanpa rasa sedih sedikitpun *loh ini apaan coba*, dan kami harus melanjutkan perjalanan ke beberapa tempat lainnya karena masih ada waktu tersisa sampai malam hari, sebuah sepeda motor matic pun menghantarkan kami. Itu lah beberapa pulau pulau di Belitung yang sudah kami kunjungi.

Keseruan Lainnya
Ngapain Bro? - Pulau Batu Berlayar
Ngapain Bro? - Pulau Batu Berlayar
Terjepit? Yakin? - Pulau Batu Berlayar
Terjepit? Yakin? - Pulau Batu Berlayar
Wefie - Pulau Batu Berlayar
Wefie - Pulau Batu Berlayar
Mercusuar Feat Me - Pulau Lengkuas
Mercusuar Feat Me - Pulau Lengkuas

Kemanakah 2 makluk ini akan berkunjung selanjutnya?.

Baca Juga : Lokasi Syuting "Laskar Pelangi" : Pantai Tanjung Tinggi (Bag-3)

Jangan Lupa Nonton Juga Videonya

Keep Traveling Keep Writing

2 komentar:

  1. Pulau lengkuas adalah pulau favorit, selain indah bingitzzz... butuh perjuangan untuk naik ke mercusuarnya yang 18 ituhhhh...

    Btw, mas enry klu ke belitung lagi bersama beberapa tmn kan kurang memungkinkan tuh buat sewa motor. Kalau butuh rental kendaraan roda 4 hubungi saya saja ya. *ujung-ujungnya promo* :D dijamin harga bersaing

    BalasHapus
  2. wah berarti mba nunu udah kesini yaaak? hehehe ciecie buka lapak ne ceritanya. Baiklah mba nunu soon dikabari ya kalau ke sini lagi

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni
Jangan lupa Like dan Subscribe EnryMazniDotCom Fan Page dan Youtube Channels at BCC TRAVELLERS