Travelling Stories and Medical Record

Home Top Ad

Pantai Tanjung Tinggi Belitung : Idul Adha Trip (Bag-3)

EnryMazniDotCom - Belitung lagi? yaaa ini masih lanjutan cerita belitung trip saya dan tentunya masih bersama travelmate Firman Abdul. Setelah dua postingan sebelumnya saya berbagi mengenaia objek wisata pulau Belitung yang saya kunjungi, nah pada postingan ini saya juga masih mau berbagi tempat tempat lainnya yang menarik dan harus dikunjungi. Setelah sebelumnya saya menjabarkan beberapa pulau pulau di Belitung yang sangat menarik, seperti Pulau Batu Garuda, Pulau Kapal Berlayar, Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang, saatnya saya bercerita keseruan kami mengexplore bagian daratan pulau belitung ini. Dengan menggunakan kendaraan bermotor, membuat langkah saya lebih leluasa untuk estapet dari satu tempat ke tempat lainnya, dan salah satunya yang akan dikunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi.
Pantai Tanjung Tinggi - Belitung
Perjalanan berkeliling antar pulau atau lebih sering disebut dengan island hopping berakhir sekitar pukul 15.00 wib. Kami pun melanjutkan langkah kaki menuju parkiran motor dan memastikan kembali barang barang bawaan tidak ada yang tertinggal. Dan sebelum benar benar meninggalkan pantai Kelayang ini, kami mengarahkan laju motor ke sebuah area terbuka masih dalam satu kawasan pantai kelayang. Ada satu spot disudut lapangan yang harus kami jadikan sebagai tempat mengabadikan moment, sebagai bukti nyata bahwa kami sudah menginjakkan kaki di pulau laskar pelangi ini. Penasaran kan spot seperti apakah itu?.

Ok, salah satu spot wajib untuk berphoto adalah terdapat tulisan "Welcome To Belitong", sama halnya di tempat tempat wisata daerah lainnya, pasti mempunyai tulisan seperti saya sebutkan tadi.Dan itu adalah bukti otentik bahwa kita sudah berkunjung ke sana. Masih berada dilokasi yang sama, sejenak kami beristirahat sambil menikmati es doger, sembari membahas sedikit tentang pantai Tanjung Tinggi yang bakal kami datangi. Lokasi Pantai Tanjung Tinggi tidak terlalu jauh dari Pantai Kelayang tempat kami saat inni, hanya membutuhkan waktu 10 sd 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Pantai Tanjung Tinggi

Di Pulau Belitung sangat banyak pantai pantai yang sangat cantik dan berpasir putih bisa kita temui, salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi ini, pantai yang berlokasi di Kabupaten Belitung ini berjarak lebih kurang 30 KM dari pusat kota Tanjung Pandan. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih dengan kejernihan airnya serta bebatuan granit menambah daya tari tersendiri bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, selain kemolekan pantainya, ternyata disini pernah di jadikan lokasi syuting film "Laskar Pelangi". Banyaknya bebatuan besar disetiap pantai atau pulau menjadi keunikan tersendiri bagi Belitung, pantai Tanjung Tinggi ini juga dijadikan sebagai area bermain air seperti berenang, arus ombak di pantai ini terbilang kecil karena pantai ini berbentuk teluk kecil, tetapi tetap harus berhati hati juga ya.
Pantai Tanjung Tinggi memiliki panjang lebih kurang 100 meter, dilokasi ini juga terdapat warung warung kecil kecil yang berjejer rapi dipinggir pantai, sangat cocok untuk arena bermain anak dan kumpul keluarga. Di sisi lain Pantai Tanjung Tinggi ini, terdapat jejeran batu granit yang berukuran besar, sehingga kita bisa menaiki ke batu untuk berphoto dengan latar belakang pantai Tanjung Pinggir tadi. Dan apabila kita mengunjungi pada sore hari, kita bisa melihat langsung matahari terbenam di ujung lautan. Aktifitas lain yang bisa kita lakukan disini selain berenang adalah memancing, snorkeling, menyelam, atau bermain jetski sewaan atau menyewa kano untuk melakukan penjelajahan kecil kecilan seputaran pantai Tanjung Tinggi ini.

Area untuk mengambil gambar selain pantai dan bebatuan granit, kita juga bisa berphoto disebuah batu yang bertuliskan "Disini Merupakan Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi". Film yang dibuat berdasarkan novel karya Andrea Hirata ini, mendapatkan perhatian terbesar di Indonesia. Jadi, kalau ke Pantai Tanjung Tinggi jangan lupa untuk cekrek cekrek disini ya. Kalau tidak, sepertinya belum sah deh ke Belitungnya. Karena pulau Belitung lebih dikenal juga sebagai pulai "Laskar Pelangi".

Batu Granit - Pantai Tanjung Tinggi
Mengingat sudah sore, kamipun melanjutkan ke pantai berikutnya. Pantai yang letaknya sedikit jauh, tetapi tidak memakan waktu lama untuk sampai disini. Karena sehabis dari pantai ini kami berencana ingin melihat sunset dari sebuah bukit, jadi kami harus berburu dengan waktu.

Pantai Jimbaran

Pantai yang tidak begitu jauh dari pantai tanjung tinggi salah satu pantai yang wajib dikunjungi, masih digaris pantai yang sama dengan pantai tanjung tinggi dan pantai tanjung kelayang memiliki hamparan pasir pantai yang putih. Disini juga terdapat sebuah resort yaitu Jimbaran Belitung Highland Resort tepatnya berada di desa Sijuk. Selain itu juga tersedia permainan air yang pertama ada di Indonesia, yaitu Wibit Floating Sea Waterpark atau lebih dikenal dengan Wibit Belitung Highland Resort. Merupakan sebuah permainan air yang berada tidak jauh dari bibir pantai, permainan yang mengutamakan keseimbangan ini sangat seru bila dimainkan berkelompok. Tapi sayang waktu saya kesana, permaianan Wibit Foating ini lagi di maintenance, padahal saya ingin sekali untuk mencobanya, apalagi berhubungan dengan air sepertinya bakalan seru sekali ya.

Bukit Berahu

Selesai menikmati santai sore di pantai Jimbaran, kami melanjutkan ke tujuan akhir yaitu bukit Berahu. Bukit Berahu berada di desa Tanjung Binga tidak terlalu jauh dari pusat kota Tanjung Pandan, lebih kurang 18 km. Bukit Berahu saat ini memang menjadi objek wisata yang digemari penduduk lokal maupun para wisatawan. Dari atas perbukitan kita bisa melihat sebuah pemandangan pantai bukit Berahu dan apabila dikunjungi sore hari kita bisa sekalian menikmati sunset  dari atas perbukitan. Di sini juga terdapat restoran restoran yang menyajikan makanan makanan khas Belitung, dengan suguhan pemandangan laut dari perbukitan.
Sunset Bukit Berahu
Beruntung sekali kami sore ini, masih bisa menikmati sunset  dari atas Bukit Berahu ini, walaupun saat pertama sampai di gerbang masuk, kami tidak diizinkan sama penjaganya karena sudah ditutup. Untung punya travelmate  yang handal, akhirnya si pemarah tamah teman saya ini berhasil membujuk si penjaga gerbang untuk mengizinkan kami masuk walau hanya sebentar. Mungkin si penjaganya kesian melihat kami sudah datang jauh jauh ke sini hanya untuk menyaksikan proses terbenamnya matahari secara langsung. Dan itu adalah salah satu kegiatan yang wajib apabila kita berwisata ke daerah pantai.
Tidak perlu lama lama berada disini, karena setelah menyaksikan sunset  kami pun beranjak pergi menuju penginapan. Penginapan kami mungkin sedikit jauh dari pusat kota Tanjung Pandan, dan itu tidak masalah, karena selama berada di Belitung kami tetap bisa kemana mana dengan menggunakan sepeda motor sewaan tadi. Penginapan yang kami sewa pun tergolong murah, hanya Rp 300.000 untuk 3 hari 2 malam, fasilitas yang disediakan juga bagus banget, seperti AC, kamar luas, ada lemari pakaian, bed dengan ukuran kingsize, kamar mandi didalam plus showernya. Dan dengan semua itu menurut saya sudah cukup untuk beristirahat setelah seharian berpetualang di Belitung.
Homestay Murah
Dan untuk menu makan malam kami hari ini adalah ikan bakar, lauk 'sisa' makan siang kami tadi di Pulau Kepayang, Hemat yaaaaa.