Kuliner Dan Wisata Ke Kebun Binatang Ragunan - Enry Mazni

Latest

Travelling Stories and Medical Record

19 Nov 2016

Kuliner Dan Wisata Ke Kebun Binatang Ragunan

EnryMazniDot - Happy weekend guys!, kemana weekend kamu minggu ini?. Sebenarnya banyak cara untuk menghabiskan liburan, seperti piknik sekeluarga ke tempat tempat wisata, nongkrong sambil kulineran bersama teman, atau hanya menghabiskan waktu kumpul keluarga dirumah saja. Semuanya bisa kita lakukan dengan cara kita masing masing cara menghabiskan waktu liburan. Nah, dihari minggu ini saya bersama dua orang teman lainnya, menghasbiskan weekend di kebun binatang ragunan, salah satu tempat wisata keluarga selain Monas dan museum museum yang ada di ibukota Jakarta. Kami bertiga memang selalu bersama disetiap ujung minggu, menghabiskan liburan bersama berkeliling Jakarta dan kadang kadang kami juga berlibur ke luar Jakarta seperti Cirebon, Purwakarta, Cianjur dan Bogor.
Menu Makanan Khas Banjar
Menu Makanan Khas Banjar
Biasanya untuk memulai aktifitas liburan dihari minggu, kami mulai dengan CFD (Car Free Day) dan sehabis itu lanjut ke tempat tempat kulineran. Untuk minggu ini kami memulainya dengan kulineran masakan Banjar, kebetulan banget dua orang teman saya ini masih berdarah Banjar. Agenda jalan jalan hari ini setelah kulineran makanan Banjar, kami mau wisata ke kebun binatang ragunan dan lokasinya juga tidak jauah dari tempat kulineran kami.
Yap, tujuan kulineran hari ini di Soto Banjar daerah Cilandak, diresto ini tidak hanya menyediakan menu soto saja ya, tapi beraneka macam masakan khas Banjar tersedia, dari mulai kue sampai dengan makanan berat lainnya. Ini kunjungan kedua kalinya kami di resto ini, dan untuk menu makanan yang kami pesan pagi ini adalah Ketupat Kandangan, ketupat dengan kuah santan putih dengan tambahan seekor ikan goreng haruan diatasnya. Ada ayam masak habang (merah) dipadukan dengan nasi kuning, soto banjar dan beberapa macam kue kue khas banjar.
Para Pelahap Maut
Para Pelahap Maut

Kebun Binatang Ragunan

Tujuan selanjutnya adalah kebun binatang ragunan, ini pertama kalinya saya masuk ke sini setelah 1 tahun hidup di Jakarta. Maklum, saya orangnya tidak suka jalan *hahaha ngelessss ne*. Tidak ada rencana sebelumnya kalau mau ke sini, dan semuanya hanya ide dadakan. Lagi pula tidak ada salahnya sekali sekali nge trip ke tempat wisata keluarga ini, melihat berbagai macam satwa penghuni ragunan. Melihat tingkah laku hewan hewan yang sesekali mengundang tawa dan senyum senyum sendiri.

Untuk akses ke Ragunan, yang paling gampang dan murah adalah menggunakan Trans Jakarta (Tj) cukup membayar ongkos Rp 3500 kamu sudah sampai di Halte bus Trans Jakarta Ragunan. Saat ini, untuk masuk ke kebun binatang Ragunan sudah tidak bisa membeli tiket pakai uang tunai, pihak pengelola sudah menerapkan sistem kartu. Harga kartu nya sebesar Rp 30.000 per kartu dengan saldo didalamnya Rp 20.000. Dengan saldo sebesar Rp 20.000 bisa untuk sejumlah 5 orang masuk ke Ragunan. Kartu yang di keluarkan oleh Bank DKI ini bisa kita beli ditempat penjualan tiket masuk kebun binatang ini.

Karena masih penerapan sistem baru, masih banyak masyarakat atau pengungjung yang bingung dengan gunanya kartu tadi. Padahal menurut saya pribadi itu sangat bagus, karena selain mengurangi penggunaan kertas sebagai tiket, juga memudahkan petugas loket yang tidak perlu menyediakan uang kembalian apabila masih menerapkan sistem manula atau tunai. Sudah saatnya kita mulai berbenah sedikit demi sedikit, untuk selangkah lebih bila dibandingkan dengan negara tetangga yang semuanya sudah lebih mudah dengan menggunakan sisem kartu.

Kartu yang dijual oleh pengelola Ragunan dari Bank DKI ini, selain digunakan untuk masuk ke kebun binatang Ragunan, kartu ini juga bisa dipergunakan untuk pembayaran ongkos Trans Jakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL). Kartu Jakarta Card ini berfungsi seperti emoney emoney dari bank bank nasional lainnya, tapi sangat disayangkan untuk masuk ke Ragunan hanya berlaku emoney dari Bank DKI saja, dan menurut saya sedikit ada sabotase pasaran. Kenapa tidak memberlakukan semua emoney seperti emoney bank mandiri, flash BCA dan lain lainnya.

Ok, kembali ke kebun binatang Ragunan.  Walaupun hari ini cuaca mendung dan akhirnya turun hujan, tidak menyurutkan langkah saya untuk berkeliling kebun binatang ini. Ditemani gerimis gerimis nan manjah *lebayyyyy oii*, satu persatu saya mengunjungi kandang kandang hewan penghuni Ragunan. Dan kandang pertama yang saya kunjungi adalah Jerapah, tapi sayang jerapahnya berada di dalam rumahnya, mungkin dikarenakan hujan gerimis jadi jerapahnya dikurung ke dalam kandang rumah.
Trio On Weekend - Ragunan Zoo
Trio On Weekend - Ragunan Zoo
Selanjutnya saya bertandang ke kandang Rusa, lumayan bisa melihat rusa secara langsung dari balik pagar besinya. Sekali sekali kami wefie bareng sama rusanya, sayang kita tidak diperbolehkan untuk memberi makan rusa dan hewan hewan lainnya. Karena setiap kandang hewan disini sudah beri tulisan peringatan untuk tidak memberi makan hewan, mengganggu hewan, melempar benda apapun ke dalam kandang, pokoknya aktifitas yang bisa menganggu para hewan ini.

Menikmati hari minggu bersama dua orang teman pun menjadi lebih menyenangkan, meskipun kami menghabiskan waktu bersama melihat beraneka hewan hewan di kebun binatang ini. Meskipun cuaca hari ini sedikit gerimis, tetapi tidak menyurutkan langkah saya untuk berkeliling ke setiap kandang kandang penghuni Ragunan. Dari mulai Rusa, Gajah, Kapibara, Zebra, Jerapah, Buaya Muara, Singa Africa, Harimau Sumatera, Harimau Putih, Beruang, Orang Utan dan masih banyak lagi.
Wefie With Rusa - Ragunan Zoo
Wefie With Rusa - Ragunan Zoo
Untuk urusan makanan, jangan takut, disini banyak tersedia warung warung makan bertenda sampai tempat makan emperan di pinggir trotoar hanya berbentangkan alas terpal. Sebaiknya untuk pedagang kaki lima dipinggiran jalan seperti ini jangan diberi izin, lebih baik semuanya dikumpulkan pada satu area seperti food court gitu. Jadi, lebih tertata rapi dan enak dipandang. Meskipun pihak pengelola juga sudah menyediakan area untuk berjualan, tetapi tetap saja masih banyak ditemui pedagang pedagang dipinggiran trotoar jalan.

Selain para pedagang dipinggiran trotoar jalan, saya juga melihat mobil mobil yang mondar mandir di dalam ragunan. Ini menurut saya sangat tidak membuat nyaman para pengunjung pejalan kaki, kenapa mesti mobil pengunjung lainnya diperbolehkan mondar mandir di dalam area Ragunan ini?, ENTAHLAHHH saya juga tidak tahu persis alasan dari pihak pengelola kebun binatang Ragunan membolehkan mobil masuk dan mondar mandir.

Adapun fasilitas yang patut saya acungkan jempol adalah tersedianya toilet gratis, selain gratis bersih banget. Karena disetiap toilet dijaga oleh satu orang cleaning service, untuk menjaga toilet tetap bersih dan tidak bau. Karena toiletnya sudah bersih banget, jadi penggunan jasa toilet tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki ketika masuk ke toilet. Apabila fasilitas umum sudah seperti ini, kita sebagai pengguna hendaklah sama sama saling menjaga agar tetap bersih.

Selain toilet, sepanjang area kebun binatnag ini juga terlihat bersih dari sampah sampah pengunjung, karena dipihak pengelola banyak menyediakan tempat tempat sampah di berbagai lokasi. Dan jangan pernah coba coba untuk membuang sampah sembarangan, karena jika kedapatan akan di denda sebesar Rp 500.000. Ingat kitalah yang harus memulainya dari pribadi masing masing untuk menjaga bumi kita ini bersih *Duta Sampah haha*.
Baca Juga : 15 Hari Keliling Jawa - Menuju Karimun Jawa 'Pulau Liburan'
Wisata ke kebun Binatang Ragunan sangat cocok bagi wisata keluarga, membawa anak anak untuk mengenal jenis jenis hewan secara langsung. Berwisata sambil edukasi buat anak anak, bagi keluarga yang membawa bekal dari rumah juga bisa disini, ada banyak tempat tempat dibawah pepohonan yang teduh untuk digelar tikar. Menikmati makan siang bersama keluarga tercinta, nah karena kami tidak satu keluarga dan beda dinasty *hahaha*, kami menyantap makan siang di emperan warung warung pinggiran, dengan duit yang terbatas terpaksa kami hanya memesan satu porsi mie pecal berikut bakwan, tahu goreng sebagai aksesoris tambahannya.
Makan Siang Irit - Ragunan Zoo
Makan Siang Irit - Ragunan Zoo
Overall, Ragunan saat ini sudah lebih baik dan mulai berbenah diri, dari segi fasilitas umum, sistem pembelian tiket secara elektronik, dan kebersihan kebun binatang ini patut diacungkan jempol. Karena sudah menjelang sore, saya bersama dua sahabat Firman Abdul dan Tante Yenyen Amoy mohon izin pulang dulu ya. Dan jangan lupa bawa keluarga, kerabat, sahabat anda ke kebun binatang Ragunan, berwisata sambil beredukasi.

Watch The Video

Keep Traveling Keep Writing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni
Jangan lupa Like dan Subscribe EnryMazniDotCom Fan Page dan Youtube Channels at BCC TRAVELLERS