Search Now

Memuat...

Rapat Koordinasi dan Pembentukan Asosiasi APIKES Se Indonesia

20.57 EnryMazniDotCom 1 Comments

LAPORAN KEGIATAN 
RAPAT KOORDINASI DAN PEMBENTUKAN ASOSIASI APIKES Se – INDONESIA

JUM’AT (13 MEI 2011)
Di awali dengan regristrasi ulang dan dilaksanakannya acara pembukaan acara oleh ketua umum DPP PORMIKI ( ibu Elise Garmelia, SKM ), dan dilanjutkan oleh ibu Gemala Hatta MRA.M.Kes tentang materi Pandangan Pendidikan Manajemen Informasi Kesehatan di masa depan. Dalam materi ini saya merasa tertarik dengan paradigma lama menjadi paradigma baru dimana nantinya rekam medis sudah tidak bersifat tradisional ( Ruang UKRM, bentuk fisik RM, agregat tampilan, form desain, kerahasiaan, pelepasan informasi) akan tetapi rekam medis akan berbasis informasi, data (item, permodelan,administrasi, audit), elektronik, tehnik statistik, teknik pendalaman data, logikal data, pendalaman dan penunjang aplikasi, sekuritas, audit, program pengawasan, nilai resiko, analisis, pencegahan, ukur pengawasan.

Selain itu kita dituntut arus memikirkan kurikulum baru yang meliputi :

• Pendidikan MIK utk puskesmas
• Praktek dokter keluarga
• Praktek dokter pribadi (partikelir)
• Rumah sakit (umum, swasta)
• Rumah sakit menahun (jiwa, paru, keterapian fisik)
• Rumah sakit hewan
• Fasilitas yang berkembang (lansia/geriatrik)

Pada session selanjutnya sesuai jadwal dilanjutkan oleh Dr. Erkadius, MSc tentang Tinjauan kurikulum HIA / HIT Profesi di Amerika Serikat. Kemudian dilanjutkan diskusi yang di pimpin oleh ibu Elise Garmelia, SKM.

Sabtu, 14 Mei 2011
Jam 8.00 pagi – 15.00 penyusunan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang dipimpin oleh Ka.Bidlitbangkes DPP PORMIKI ( Hosizah SKM. MKM).

Sosialisasi MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia) oleh ibu Siswati dalam pertemuan kali ini di jelaskan tentang pelaksanaan regristrasi dan uji kompetensi yang akan di laksanakan oleh MTKI dan MTKP dengan tujuan untuk mengukur pengetahuan, ketrampilan dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi.

Sedangkan MTKP itu sendiri yaitu lembaga yang melaksanakan uji kompetensi di daerah dalam rangka proses regristrasi sesuai dengan Permenkes 161 (pasal 21)

Jam 16.30
Ssosialisasi Uji kompetensi dan penutup yang di pimpin oleh ketua umum DPP PORMIKI. Pada intinya untuk uji kompetensi nantinya semua mahasiswa rekam medis dan informasi kesehatan baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja di institusi pelayanan kesehatan akan / wajib melaksanakan uji kompetensi yang akan dilaksanakan setahun sekali pada bulan Mei dan November. Setiap mahasiswa atau tenaga rekam medis yang sudah melaksanakan uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat atau semacam SIK (Surat Ijin Kerja) untuk masa 5 tahun ke depan, dan jika masa 5 tahun sudah habis, maka setiap petugas rekam medis harus melakukan uji kompetensi lagi.

Jam 19.00
Konsep pembentukan AIPRMIK

Pembentukan Asosiasi Institusi Pendidikan Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan. Dari 16 perguruan tinggi yang hadir pada hari itu 10 perguruan tinggi berpendapat untuk kedepannya perguruan tinggi RMIK akan mengarah ke jenjang S1 dan sebanyak 4 perguruan tinggi masih memilih D IV, dan 2 perguruan tinggi memilih antara D IV dan S1. setelah itu pembentukan ketua dan wakil ketua AIPRMIK (Institusi Pendidikan Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan). Sesuai pemilihan dan kesepakatan dipilihlah :

1. Ketua : Hosizah SKM, MKM
2. Wakil Ketua : dr. Rano Indradi Sudra, M.Kes

Sekretaris : Angkasah, SE, MM
Bendahara : Lily Wijaya AMd. PerKes, SKM. MM

Demikian laporan kegiatan rapat koordinasi dan pembentukan asosiasi APIKES se-Indonesia, yang dilaksanakan di hotel Santika Premier semarang pada tanggal 13-15 Mei 2011. semoga dapat bermanfaat untuk kita semua...amin.

Yogyakarta, 20 Mei 2011

Sumber Ery Rustiyanto, SKM

BACA JUGA :

1 komentar :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni