Search Now

Memuat...

Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu

01.37 Enry Maznidotcom 0 Comments

Pulau merupakan salah satu tempat favorit saya untuk dikunjungi, pokoknya tidak bosan bosannya dengan yang namanya pulau, pantai, air laut, Snorkeling, berenang bahkan mencoba wahana yang disediakan oleh pihak pengelola pulau tersebut. Aktifitas yang tidak ada kata lelah nya dalam pribadi saya, nah kali ini saya bersama 2 orang teman melakukan one day trip ke pulau Untung Jawa yang mana termasuk dalam geografis kepulauan seribu. Perjalanan saya menggunakan sepeda motor dari cengkareng menuju ke Pelabuhan tanjung pasir Kec Teluk Naga Prop Banten. Perjalanan dari kapuk Cengkareng ke Tanjung Pasir pakai motor ditempuh lebih kurang 40-60 menit

Cuaca sesampainya di area pelabuhan kelihatan mendung dan gelap sekali pertanda hujan akan segera turun, wah kalau cuaca kayak gini sepertinya bakalan batal deh nyebrang nya, saya beristirahat sejenak di warung terdekat untuk menikmati segelas white coffee panas jadi sambil berteduh menunggu hujan reda, harga per gelasnya pun tidak lah terlalu mahal hanya 5 ribu plus tempat berteduh supaya tidak kehujanan. Ongkos kapal menuju pulau untung jawa 50.000 pp termasuk murah sekali untuk perjalanan 30 menit dan sudah termasuk ongkos pulang pergi, kapal yang digunakan adalah kapal kayu yang biasa digunakan banyak para nelayan buat melaut. Adapun transportasi menuju pulau di kelola oleh masyarakat setempat sebagai mata pencarian sehari hari mereka. Hasil dari ngobrol ngobrol sama pengelola kapalnya seh katanya kapal setiap hari pasti ada berangkat menuju pulau, karena selain membawa para wisatawan yang ingin berlibur ke pulau mereka setiap hari membawa logistik harian dan kebutuhan pangan masyarakat ke pulau, karena selain tempat wisata disana juga terdapat penghuni alias penduduk. Perjalanan kali ini cukup menantang dikarenkan cuaca kurang mendukung karena hujan dan sedikit berangin kapal sedikit terombang ambing di tengah perjalanan menuju pulau.


enrymazni.com
Kapal Penumpang Menuju Pulau Untung Jawa
enrymazni.com
Para Pemeran nya
Sampai di dermaga tujuan saya melanjutkan menyusuri tepian pulau ke arah kanan, memang disini pantai nya tidak seindah pantai pasir putih seperti yang di film film, so dont expect too much jika kamu ke pulau Untung Jawa ini, but at least bisa refreshing your brain dari hingar bingarnya kota Jakarta dengan low cost trip near Jakarta. beberapa fasilitas pun tersedia di pulau ini, bagi yang mau stay banyak rumah rumah penduduk yang mereka sulap menjadi penginapan murah dengan fasilitas AC, selain itu juga ada fasilitas kamar mandi dan air bersih sepanjang pemukiman penduduk apalagi warung warung yang juga tersedia dengan berbagai macam jenis makanan yang pastinya kita tidak akan kelaparan. Perkampungan di sini juga sudah dibangun beberapa fasillitas umum oleh pemda setempat, seperti sekolah, taman warga, puskesmas dan lain lainnya. Bagi yang hobi mancing juga tersedia beberapa spot area memancing di dermaga sisi lain pulau Untung Jawa ini. So many aktifitas yang bisa kita lakukan selama berada di pulau ini.
enrymazni.com
Salah Satu Pantai di Pulau Untung Jawa
Tujuan utama saya ke sini seh sebenarnya buat snorkeling dan berenang pastinya, sebagai pecinta pantai berikut isinya saya rela berlama lama dan panas panasan untuk menikmati asinnya air laut ini, kami bertiga terus menyusuri tepian pulau sisi lainnya menuju area hutan mangrove. Untuk menyusuri hutan mangrove ini sudah disediakan jalan semen setapak yang sudah dibangun oleh masyarakat, tapi sayang sepanjang area mangrove banyak sampah sampah yang terhanyut dibawa arus dan nempel di akar akarnya si pohon bakau dan sepertinya belum terjamahkan oleh masyarakat setempat untuk membersihkan sampah sampah tadi, sangat disayangkan sebenarnya kalau daerah pantai atau tempat wisata dipenuhi sama sampah sampah hasil buangan manusia. Misi susur bakau kali ini tidak berlama lama selainnya area nya juga tidak terlalu besar saya dan 2 orang teman lainnya panggil saja dia Firman sebagai pemeran utama dalam trip ini dan di bantu oleh pemeran pembantu si centil Yenyen Amoy serta pemeran pengganti itu adalah saya sendiri, mempunyai misi utama adalah snorkeling ini salah satu potret 3 manusia yang tidak pernah lelah untuk menikmati indahnya alam semesta ini. Perjalanan saya lanjutkan untuk menemui seorang penduduk lokal yang sebelumnya sudah di hubungi oleh teman saya, namanya Mas teman firman (saya lupa nama aslinya siapa) dia adalah lokal guide yang menyediakan beberapa paket wisata pulau buat snorkeling dan lainnya, paket yang saya ambil cukup murah sekitar 80 ribu untuk 1 x snorkeling, 1 x main wahana banana boat dan 1 x untuk wahana donat boat, karena banana boat sudah teramat mainstream kami pun sepakat untuk menggantinya dengan wahana yang lebih ekstrim yaitu 'Hantu Laut' seperti apa kah bentuk wahana hantu laut silahkan lihat sendiri pada gambar yang akan saya posting.
enrymazni.com
Wisata Mangrove Pulau Untung Jawa
enrymazni.com
Wahan "Hantu Laut" yang Bikin Nagih
Pengalaman snorkeling di pulau ini adalah pengalaman terburuk yang pernah saya jumpai, kenapa?  kami dibawa ke spot snorkeling yang tidak terlalu jauh dari pulau ini menggunakan kapal kecil, sesampainya diarea snorkeling ternyata tidak seperti yang di bayangkan, area snorkeling nya jorok karena banyak sampah yang hanyut dibawa arus, airnya tidak jernih jadi pemandangan bawah lautnya lebih kelihatan blur nya daripada ikannya hahaha. Saya pun memutuskan tidak mau berlama lama untuk snorkeling dengan keadaan seperti ini, kami langsung meminta kepada guidenya untuk segera menyudahi dan langsung minta pulang ke pulau Untung Jawa tadi, saya dan teman lainnya lebih memilih untuk bermain wahana saja dan itu lebih menantang daripada berada di area snorkeling ini yang tiba tiba membuat semangat kami hilang HAH KESEL BEGETE %$*&@#%$*&, mungkin bermain dua wahana tadi bisa membuat saya lebih bisa menikmati trip dipulau ini karena kami akan segera berteriak kencang untuk melepaskan badmood dan mengembalikan semangat yang hilang tadi. 

Sebelum saya memulai wahana pertama yaitu Donat Boat kami memesan menu untuk makan siang supaya setelah bermain dan berteriak lepas nantinya pasti rasa lapar banget itu tidak akan tertahankan, apabila harus menunggu pesanan yang akan dimasak terlebih dahulu. Berbagai macam menu hidangan dan jenis masakan yang tersedia di warung tempat saya beristirahat ini dan pastinya semua jenis makananya adalah sea food, ya sea food yang akan terasa sedikit berbeda bila dibandingkan yang ada di resto resto sea food di Jakarta. Karena disini sangat sangat terasa segar nya ikan ikan dan jenis jenis makhluk laut lainnya yang tersedia di dalam daftar menu ini, supaya lebih hemat kami memesan menu paketan untuk bertiga yaitu 1 ekor ikan bakar ukuran besar, 1 porsi udang saus padang, 1 bakul nasi putih porsi jumbo beserta lalapan sayurnya dan 1 porsi tahu tempe beserta antek antek nya tak lupa juga air putih nya seharga 150 ribuan, dan kami saat itu sangat puas, lahap, kenyang banget pastinya, masakannya enak banget pokoknya worth it dengan harganya plus hemat jika dibandingkan memesan menu tanpa paketan.
enrymazni.com
Judulnya Snorkeling, Tapi Itu Mah Berenang
Sambil menyantap hidangan makan siang, kamii ditemani oleh Mas Teman Firman ngobrol ngobrol seputaran pulau pulau, area kamping, area snorkeling yang bagus, bisa hoping island katanya dan Mas Teman Firman ini banyak menyediakan paket paket wisata ke pulau pulau di Kepulauan Seribu ini dengan harga yang terjangkau pastinya, apalagi kalau kita perginya dalam grup besar bisa dapat harga lebih murah. Banyak obrolan yang terjadi antara kami berempat sehingga rasa kantuk pun sudah mulai menyelimuti saya ditambahkan dengan hembusan angin laut yang bikin suasana jadi lebih nyaman untuk rebahan sambil beristirahat sejenak melepaskan rasa lelah setelah berwahan ria dengan Donat Boat dan Hantu Laut tadinya.

Setelah bersantai ria dan tidur tiduran beralaskan tikar sampai sore hari, saya pun menyudahi trip singkat di pulau Untung Jawa ini untuk segera balik ke Jakarta, kami pun segera membereskan semua peralatan masing masing kami segera menuju ke kamar mandi buat bilas dan ganti baju kemudian menuju pelabuhan kapal dan langsung berangkat menuju Jakarta. oh ya sedikit info untuk snorkeling disini juga disediakan peralatan snorkeling untuk disewakan, tersedia juga life jacket, sendal karet yang bisa dipergunakan selama snorkeling.

Kesimpulannya bagi yang butuh refreshing ke pulau terdekat bisa mencoba ke pulau Untung Jawa ini, walau hanya sekedar untuk berenang, wisata mangrove, snorkeling, bermain beberapa wahana, atau hanya sekedar buat bersantai di pinggiran pantai sambil menikmati makanan laut pulau ini cocok sebagai pilihan untuk yang punya waktu singkat buat liburan, berkumpul bersama keluarga dan teman teman. Bagi yang suka berenang aktifitas ini juga bisa dilakukan di Pulau Untung Jawa ini. Untuk yang membawa kendaraan, di pelabuhan tanjung pasir juga disediakan lahan parkir buat mobil dan sepeda motor secara resmi jadi kendaraan kita jadi lebih safety pastinya karena ada penjaga parkirnya.



Keep Traveling Keep Writing

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni