Search Now

Memuat...

Beberapa Kulineran Cirebon

15.47 Enry Maznidotcom 0 Comments

Postingan kali ini khusus saya buat untuk nulis tentang beberapa tempat dan jenis makanan yang saya coba saat berkunjung ke kota ini, nah bagi yang mau tau cerita tentang beberapa tempat wsiatanya bisa langsung baca disini One Day Trip To Cirebon, Ini Ceritaku dan One Day Trip To Cirebon Ini Ceritaku Part 2 nya. Langsung aja ke TKP buat tahu langsung cerita serunya saya bersama 2 orang teman lainnya. Kulineran adalah salah satu aktifitas yang tidak akan terpisahkan disaat kita melakukan sebuah perjalanan kemana saja, baik dalam atau pun luar negeri karena setiap kota atau tempat yang kita kunjungi pasti mempunyai ciri khas makanan lokal yang pastinya tidak kita temukan di kota asal kita, am i right kan?. Jadi menurut saya setiap perjalanan yang kita lakukan jangan hanya terfokus untuk mengunjungi tempat tempat wisatanya saja tapi harus di imbangi dengan wisata kulineran dan pastinya mencicipi makanan khas setempat, seiring dengan perkembangan zaman dan sosial media yang begitu cepatnya sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan informasi tempat tempat kulineran di sebuah kota yang bakal kita kunjungi, am i right?

Berikut saya akan sharing apa saja seh kulineran yang sudah berhasil saya coba di beberapa tempat di kota Cirebon ini? mari simak beberapa diantara nya :
Baca Juga : One Day Trip Cirebon Ini Cerita Ku
Docang : 
Dari nama nya bagi saya pribadi ini terasa sangat asing banget ya, baru pertama kali nya dengar nama makanan ini. Nah dari hasil perjalanan saya ke Cirebon ini Docang adalah makanan khas kota ini yang pertama saya coba, yang pasti Docang ini saya jumpai di pagi hari entah ini merupakan hanya makanan untuk sarapan pagi atau bisa cocok dimakan kapan saja. Lokasi pagi ini untuk sarapan pagi saya mencoba Docang nya Ibu Kapsah lokasi tepatnya di area Car Free Day nya kota Cirebon (nama jalannya saya lupa), warung ibu kapsah ini pun hanya berupa tenda yang terdiri dari 2 buah meja panjang berdiri tepat dihalaman parkir depan sebuah ruko. Docang merupakan makanan khas Cirebon yang bahan utamanya adalah ketupat lontong dicampur denga berbagai macam sayuran, kerupuk serta dicampur dengan parutan kelapa. Untuk kuahnya cukup unik ya karena tidak terbuat dari santan, hanya kuah bening yang sudah di campuri beberapa macam bumbu bumbu. Penyajian Docang ini dihidangkan berbarengan dengan sepiring kerupuk. Terlihat pagi ini di warung ibu kapsah pengunjung datang silih berganti,mungkin warung ibu kapsah ini salah satu Docang yang terenak di Cirebon, untuk rasa buat saya pribadi masih terasa asing dilidah jadi kurang bisa menikmati Docang ini. Tapi kalau kita berkunjung ke setiap daerah kewajiban utama adalah mencoba jenis jenis makanan khas daerah setempat. Untuk harga seporsi Docang lebih kurang 10 k rupiah.

Docang Kota Cirebon www.enrymazni.com
Docang
Nasi Jamblang : 
Ini kulineran kedua saya untuk memenuhi rasa lapar disiang hari, ya nasi jamblang salah satu makanan yang wajib di coba jika kita ke kota ini, nasi jamblang yang dikemas dengan bungkusan daun serta berbagai aneka lauk yang disediakan secara prasmanan ini, siang ini saya menyinggahi tempat yang katanya paling hit di Cirebon, Nasi Jamblang Mas Dul yang beralamatkan Jl DR Mangunkusumo yang tepatnya berada di antara Gedung Juang dan Bank Victoria Syariah Cab Cirebon untuk satu porsi nasi jamblang harganya bervariasi tergantung dari berapa macam lauk yang kita ambil, range harga sekitar 15 k - 25 k rupiah
Nasi Jamblang
Nasi Lenko :
Nasi Lenko juga wajib untuk di coba, selesai mencicipi nasi jamblang Mang Dul saya pun berpindah ke ruko sebelahnya yaitu Warung Gunung Sari Ang Andi yang menyediakan beberapa menu makanan seperti Sate Kambing Muda, Nasi Lengko, Sop Daging Sapi dan Iga dan Empal Gentong khas Cirebon. Tapi karena masih kekenyangan sesudah menyantap nasi jamblang saya hanya memesan nasi lenko yang disajikan terpisah bersama nasi putih (nasinya tidak saya pesan), Nasi Lenko ini isinya juga bervariasi Tahu putih yang diiris iris kecil, Potongan tempe, sayuran toge dan di taburi bawang goreng, untuk kuahnya adalah kuah kacang yang disirami secukupnya ke dalam piring yang sudah berisi berbagai macam makanan tadi dan kecap manis secukupnya. Untuk harga seporsi nasi Lengko sekitar 13 k per porsi nya
Nasi Lengko Cirebon www.enrymazni.com
Nasi Lengko
Es Cuing :
Menurut beberapa referensi seh Cuing itu nama lainnya dari Cincau, dari daun cincau yang merambat jadi untuk warna hijaunya di es cuing itu alami dari daun cincau nya tidak pakai pewarna, begitu menurut mang yang jual es cuingnya. Es Cuing ini berbahan dari dasar gel (agar-agar) daun cincau hijau, cendol sagu, santan, es serut dan kinca (gula aren). Sangat cocok dinikmati saat panas terik dan haus setelah berjalan jalan keliling di kota ini, kebetulan lokasi es cuing yang saya singgahi berada di dalam sebuah pasar tradisional dekat keraton kanoman, karena menuju keraton kanoman dengan berjalan kaki sambil melewati dalam pasar tradisional ini.Lumayankan bisa untuk beristirahat sejenak melepas penat dan dahaga pastinya sambil menikmati semangkok es cuing dihargai sekitar 5 k per mangkoknya.
Es Cuing Cirebon www.enrymazni.com
Es Cuing
Tapai Ketan Cirebon :
Sebagai makanan penutup kulineran dan jalan jalan hari ini, kami tidak lupa untuk mencoba tapai ketannya kota ini, pasti nya berbahan dasar ketan ragi dan daun sebagai pembungkus nya, untuk rasa pada dasarnya yang namanya tapai itu pasti sama ya, ada rasa asam asamnya hanya cara penyajian disetiap daerah pasti berbeda beda, seperti di Minang kita lebih dikenal dengan 'Lamang Tapai' berbahan dasar ketan hitam. Tapai ketan ini juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga dirumah karena tapai ketan ini bisa bertahan berminnggu minggu loh.
Tapai Ketan Cirebon www.enrymazni.com
Tapai Ketan Cirebon
Baca Juga : One Day Trip Cirebon Ini Cerita Ku Part 2
Bagaimana teman teman jangan lupa ya kalau berkunjung ke Cirebon untuk mencoba beberapa macam kulineran seperti diatas, walaupun sebenarnya masih banyak lagi jenis kulineran yang terdapat dikota ini. Karena keterbatasan waktu yang hanya berkunjung beberapa jam saja dan saya memanfaatkan untuk mengexplore dan mencicipi beberapa jenis kulineran nya saja, mudah mudah dilain kesempatan saya akan mencoba untuk jenis makanan khas lainnya. Jadi, sebelum mengakhiri perjalanan ini dan kembali menuju stasiun kereta untuk balik ke Jakarta, kami bertiga menyempati untuk berbelanja ole ole dengan menumpangi becak menuju stasiun sambil singgah ke tempat ole oleh nya, jangan sungkan untuk bilang sama bapak tkang becaknya kalau kita mau belanja ole ole jadi mintak dianterin aja sama bapak tukang becaknya.

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni