Search Now

Memuat...

Belajar Sejarah di MUSEUM GEOLOGI Bandung

17.51 EnryMazniDotCom 0 Comments

Perjalanan solo trip ke Bandung beberapa bulan yang lalu menyisakan beberapa cerita yang harus saya tulis dan bagikan ke pembaca setia EnryMazni.com, saya menyempatkan untuk singgah ke beberapa spot wisata atau city tour kota Bandung dan salah satunya adalah Museum Geologi di kota Bandung beralamatkan di Jl Diponegoro No.57, Cibeunyinng Kaler - Bandung Jawa Barat. Untuk memudahkan pengunjung yang mau datang ke Museum Geologi Bandung ini saya  infokan jadwal buka dan tutup Museum pada hari Senin sd Kamis buka jam 08.00 sd jam 16.00 wib, untuk hari Jumat Museumnya tutup dan pada hari Sabtu dan Minggu buka sesuai jadwal jam 08.00 sd 14.00 wib. Untuk info tiket masuk dibagi menjadi 3 kategori yaitu Umum, Pelajar/Mahasiswa dan Turis Asing dengan harga yng bervariasi dan terjangkau pastinya.


Musem Geologi Bandung www.enrymazni.com
Museum Geologi Bandung
Banyak yang bisa kita temukan saat berkunjung ke Museum Geologi ini, selain menambah pengetahuan tentang sejarah peradaban manusia purba, sejarah tentang geografis bumi, kehiudpan kehidupan purba dari zaman Dinosaurus, zaman bebatuan yang banyak ditemukan berbagai macam fosil fosil peninggalan zaman jadul sebelum peradaban manusia saat sekarang ini. Nah berikut hasil kutipan saya di Museum Geologi Bandung ini.

ZAMAN KAMBRIUM (590-500 Juta Tahun Lalu)
Kambrium berasal dari kata "Cambria", nama latin daerah Wales dimana batuan berumur Kambrium pertama kalinya dipelajari. Lokai tipe : Wales, Penampang standar : Wales dan Inggris Barat.
  • Keterangan : Banyak kelompok hewan invertebrata mulai muncul pada zaman Kambrium, hampir seluruh kehidupan berada di lautan, hewan zaman ini mempunyai kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung. Fosil yang umum dijumpai dan penyebarannya luas adalah Alga, Cacing, Sepon, Koral, Moluska dan Artropoda (Trilobit). Sebuah daratan luas yang disebut Gondwana (sebelumnya Pannotia) merupakan cikal bakal Antartika, Afrika, India, Australia, sebagian Asia dan Amerika Selatan. Sedangkan Eropa, Amerika Utara dan Tanah Hijau masih berupa benua benua kecil yang terpisah. (Sumber Museum Geologi Bandung)
ZAMAN ORDOVISIUM (500-440 Juta tahun lalu)
Ordovisium berasal dari kata "Ordivice", nama suku bangsa Celtic yang pernah tinggal di Wales Utara, tempat dimana formasi batuan Ordovisium pertama kali dijadikan studi. Lokasi tipe dan penampang standar : Wales.
  • Keterangan : Zaman Ordovisium dicirikan oleh munculnya ikan tanpa rahang (hewan bertulang belakang paling tua) dan beberapa hhewan tidak bertulang belakang yang muncul pertama kali seperti Tetrakoral, Graptolit, Ekinoid (Landak laut), Asteroid (Bintang laut), dan Bryozoa, Koral dan laga berkembang membentuk karang, dimana Trilobit dan Brakiopoda mencari mangsa. Graptolit dan Trilobit melimpah, sedangkan Ekinodermata dan Brakiopoda mulai menyebar. Meluapnya samudera dan zaman es merupakan bagian peristiwa pada zaman ini. Gondwana dan benua benua lainnya mulai menutup celah samudera yang berada di antaranya. (Sumber Museum Geologi Bandung)
ZAMAN SILUR (440-410 Juta tahun lalu)
Silur berasal dari "Silures", nama suku bangsa Celtic pada masa Romawi yang pernah tinggal di wilayah Wales, dimana batuan Silur dipelajari pertama kalinya. Lokasi tipe dan penampang standar : Wales dan Inggris bagian barat.
  • Zaman Silur merupakan waktu peralihan kehidupan ddari air ke darat. Tumbuhan darat mulai muncul pertama kalinya termasuk Pteridofita (tumbuhan paku), sedangkan kalajengking raksasa (Eurypterid) hidup berburu di dalam laut. Ikan berahang mulai muncul pada zaman ini dan banyak ikan memiliki perisai tulang sebagai pelindung. Selama zama Silur, deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia, Skotlandia dan pantai Amerika Utara. (Sumber Museum Geologi Bandung)
ZAMAN DEVON (410-360 Juta tahun lalu)
Devon berasal dari "Devonshire", sebuah wilayah di Inggris bagian baratdaya. Penampang standar : Jerman bagian barat.
  • Keterangan : Zaman Devon merupakan zaman perkembangan besar besaran jenis ikan dan tumbuhan darat. Ikan berahang dan ikan hiu dan tumbuhan darat, ikan berahang dan ikan hiu semakin aktif sebagai pemangsa di dalam lautan. Serbuan ke daratan terus berlanjut selama ini. Hewan amfibi berkembang dan beranjak menuju daratan. Tumbuhan darat semakin umum dan muncul serangga untuk pertama kalinya, Samudera menyempit, sementara benua raksasa Gondwana menutupi , Amerika Utara dan Tanah Hijau. (Sumber Museum Geologi Bandung)
ZAMAN KARBON (360-290 Juta tahun yang lalu)
Dinamakan Karbon karena lapisan lapisan yang mengandung batubara (Komposisinya Karbon) terbentuk pada zaman ini. Zaman Karbon sering dibedakan mejadi dua, yaitu Mississippian (Karbon Awal) dan Pennsylvanian (Karbon Akhir). Lokasi tipe dan penampang standar Pennsylvania bagian barat dan daerah pertemuan antara Ohio dan Virginia Barat.
  • Keterangan : Reptilia muncul pertama kalinya dan dapat meletakkan telurnya di luar air. Serangga raksasa muncul dan Amfibi meningkat dalam jumlah. Pohon pertama muncul, jamur klab, tumbuhan fern dan paku ekor kuda tumbuh di rawa rawa pembentuk batubara. Pada zaman ini, benua benua dimuka bumi menyatu membentuk satu masa daratan yang disebut Panggea, mengalami perubahan lingkungan untuk berbagai bentuk kehidupan. Dibelahan bumi utara, iklam tropis menghasilkan secara besar besaran, rawa rawa yang terisi pepohonan dan sekarang tersimpan sebagai batubara. (Sumber Museum Geologi Bandung)
Masih ada lagi beberapa cerita lanjutannya di postingan berikutnya, di Sejarah : di Museum Geologi Bandung. Tulisan ini berdasarkan keterangan dari beberapa gambar yang saya dapat saat berkunjung ke Museum Geologi ini.

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni