Search Now

Memuat...

Solo Traveling #1 Persiapan Sebelum Backpacker an Sendirian

01.27 EnryMazniDotCom 0 Comments

Malaysia dan Singapore adalah negeri jiran yang merupakan salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Indonesia, baik menggunakan sebuah travel agen atau backpacker bersama beberapa teman yang punya hobi yang sama dengan kita. Saya salah satu dari sekian para backpacker yang sangat hobi untuk ber travelling. Malaysia dan Singapore mungkin hanya dua negara ini yang bisa dibilang sering saya kunjungi beberapa tahun belakangan ini. Lebih tepatnya Kuala Lumpur, yap a capital of Malaysian country yang dalam satu tahun bisa saya kunjungi 2 atau 3 kali. Mmmm seperti tahun 2014 saya mengunjungi Malaysia sampai 3 kali, dan begitu juga untuk Singapore.
Image by http://salemtours.in/wp-content/themes/salem_tours/images/singapore-malaysia.jpg
Menurut saya ya dua negara ini adalah negara yang terdekat dengan Indonesia dan antara Malaysia dan Singapore terhubung dengan sebuah jembatan yang mempermudahkan penduduk antara kedua negara untuk saling mengunjungi dengan di dukung oleh transportasi kedua negara yang sangat bagus dan bermacam macam, seperti Bus, Kereta Api (KTMB), dan tentunya kendaraan pribadi.

Salah satu alasan saya keseringan mengunjungi Malaysia adalah Airasia, yapppp Airasia sebuah maskapai low cost yang bertuliskan "Now Everyone Can Fly" dengan tubuh yang di semaraki warna dominan merah ini sering memberikan promo low fare bahkan 0 rupiah atau sebagai member Airasia yang sudah terdaftar di sebuah program Airasia Big Point sering mendapatkan priority lebih dulu untuk hunting tiket promo dengan menukarkan poin Airasia Big, adalah salah satu Big Loyalty Programme dari Airasia bagi pelanggan setianya. Banyak keuntungan atau benefit yang bisa kita dapatkan dari mengikuti program Airasia Big ini, misalnya bisa menukarkan poin yang terkumpul dan jikalau beruntung bisa mengikuti promo 0 poin untuk ditukarkan dengan penerbangan untuk rute rute tertentu, biasanya rute domestik menuju Kuala Lumpur.
Arrival Hall di KLIA2 Images by enrymazni.com
Untuk Itinerary saya saat ini adalah Colmar Tropicale di Malaysia dan Madame Tussaud Singapore, tiket Airasia seharga 400 ribuan PP sudah pun saya dapatkan saat promo 0 Big poin nya pada bulan Maret 2015, untuk rute Pekanbaru ke KLIA2 Malaysia sebuah bandara baru yang di bangun berkonsep shopping mall diperuntukkan buat pesawat Low Cost yang salah satunya adalah Airasia ini. Semua kebutuhan untuk bersolo travelling nanti pun sudah saya persiapkan jauh jauh hari sebelum kebernagkatan, seperti membuat itinerary atau skedul selama perjalanan nanti, browsing internet sebagai sumber informasi utama bagi seorang traveller atau para backpacker, membooking budger hotel atau kamar dormitory merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi seorang backpacker. dalam urusan membooking saya selalu menghandalkan sebuah situs web Booking dot com, kenapa saya merekomendasikan web ini, karena salah satu kemudahan yang kita dapatkan adalah pembayaran bookingan bisa kita lakukan saat kita cek in di hotelnya.

Kemudian selain menggunakan jasa web online seperti Booking dot com, saya juga biasa menggunakan easybook dot com, yaitu sebuah website yang menyediakan tiket online booking baik untuk Bus, Train, Car, Tour, Ferry untuk memudahkan kita dalam pembelian tiket transportasi untuk negara Indonesia, Malaysia, Singapore dan Thailand. Untuk perjalanan saya dari Kuala Lumpur menuju Singapore menggunakan Train (KTM) yang berbasis di Malaysia, yaa Kereta Tanah Melayu ini melayani rute KL Sentral (Stasiun di Kuala Lumpur) menuju Woodland Singapore waktu itu saya mendapatkan harga tiket 34 MYR.  Sebenarnya selain train cara menuju Singapore sangat banyak, tetapi kenapa saya lebih memilih train? dengan jadwal keberangkatan dari KL Sentral menuju Woodland Singapore (last train) pukul 23.00 waktu setempat adalah salah satu cara saya untuk menghemat cost, karena saya tidak memerlukan penginapan baik di Malaysia maupun Singapore, karena lama perjalanan train nya lebih kurang 7 sd 8 jam jadi saya bisa beristirahat atau menginap dalam train selama perjalanan tadi. Karena train akan sampaidi Singapore lebih kurang pukul 07.00 pagi nya. Nah ini salah satu tips bagi para backpacker untuk menghemat cost travellingnya.

Nah masih ada satu lagi ne layanan online yang saya gunakan, yaitu membooking tiket untuk masuk Madam Tussaud Singapore. Sebenarnya banyak bertebaran di internet web web jasa penjualan tiket baik itu tiket Bus, Train, atau tempat tempat wisata yang akan kita kunjungi. Tapi, kita harus bener bener memperhatikan legalitas web nya apakah benar bisa terpercaya atau hanya akal akalan saja. Saran saya untuk pembelian tiket tempat wisata sebaiknya langsung ke website resminya, seperti website rwsentosa dot com untuk semua tempat wisata yang ada sentosa island Singapore. Untuk tiket Madame Tussauds saya Singapore saya langsung membelinya di website madametussauds dot com karena lebih murah dibandingkan di website rwsentosa seharga 40 SGD bundling tiket ini sudah termasuk untuk 3 tempat wisata seperti Madame Tussauds, Images Of Singapore dan S.E.A Aquarium, sedangkan jika beli di web nya Madame Tussauds seharga 28 SGD bundling 2 tempat wisata yaitu Madame Tussauds dan Images Of Singapore. Jadi semua kembali kepada pribadi masing masing untuk memilih tiket bundling nya.

Setelah semua kebutuhan selesai dipersiapkan, sebelum kita melakukan perjalanan nantinya ada baiknya kita cek kembali atau membuat daftar cek list untuk memastikan bahwa barang barang yang nantinya dibutuhkan selama travelling tidak ada yang ketinggalam. Lakukan print out semua tiket yang sudah kita booking secara online tadi seperti bookingan hotel, Bus/Train dan tempat tempat wisata yang bakal di kunjungi. nah untuk tiket Airasia sebaiknya melakukan web cek in 1 hari sebelum tanggal keberangkatan.
Image by http://www.freemalaysiatoday.com/wp-content/uploads/2014/08/Singapore_malaysia_Flag_400.jpg
Mudah mudahan tulisan ini bisa membantu teman teman semua dalam mempersiapkan berbagai hal untuk backpacker an baik itu sendirian atau bersama beberapa teman lainnya. Jangan lupa untuk membaca kelanjutan tulisan saya dalam Backpacker an ber Solo Travelling #2. 

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni