Travelling Stories and Medical Record

Home Top Ad

Bekerja di Negara matahari terbit merupakan salah satu impian bagi Job Seeker karena bekerja di luar negeri kita mendapatkan pengalaman y...

Ke Jepang Bersama Program G To G Nurse (KANGOSHI) Dan CareWorker (KAIGOFUKUSHISHI) Tahun 2017

Bekerja di Negara matahari terbit merupakan salah satu impian bagi Job Seeker karena bekerja di luar negeri kita mendapatkan pengalaman yang berbeda  ketika kita bekerja di negeri sendiri. Selain pengalaman tentunya salary yang ditawarkan juga pasti sangat menggiurkan bila dibandingkan bekerja di negeri sendiri. Seperti pengalaman beberapa teman saya sewaktu kami masih bekerja di rumah sakit yang sama mereka mencoba peruntungan mengikuti program Nurse Goes To Jepang, alhamdulillah mereka pada sukses semua disana bahkan salah satu teman saya menikah dengan warga Jepang.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menginformasikan kepada teman teman khususnya teman perawat untuk mengikuti kesempatan bekerja di negeri Sakura ini, Program G To G tahun ini membuka kesempatan luas bagi perawat yang ingin mencoba pengalaman baru di Jepang dan program ini untuk penempatan pada tahun 2017 nantinya. Nah baca baik baik ya pengumumannya dan bacalah dengan teliti jangan sampai kurang satu syarat serta pastikan semua persyaratan terpenuhi.
www.enrymazni.com
Nure Goes To Jepang
Sehubungan dengan pelaksanaan penempatan calon TKI Kandidat Nurse (Kangoshi) dan calon TKI Kandidat Careworker (Kaigofukushishi)  ke Jepang Program Government to Government (G to G) dalam kerangka Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) untuk penempatan tahun 2017, bersama ini diberitahukan kepada calon TKI yang berminat bekerja ke Jepang informasi sebagai berikut :
Baca Juga : Seminar Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
PENGUMUMAN PENDAFTARAN
CALON TKI KANDIDAT NURSE (KANGOSHI) DAN
CALON TKI KANDIDAT CAREWORKER (KAIGOFUKUSHISHI)
KE JEPANG PROGRAM G TO G
UNTUK PENEMPATAN TAHUN 2017
Nomor : PENG. 179/PEN-PPP/III/2016

A.PERSYARATAN CALON TKI KANDIDAT NURSE (KANGOSHI) DAN CALON TKI KANDIDAT CAREWORKER (KAIGOFUKUSHISHI)

1. Foto copy KTP yang masih berlaku.
2. Foto copy Paspor sekurang-kurangnya masih berlaku 1 (satu) tahun ke depan.
3. Foto copy Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
4. Foto copy Kartu Pencari Kerja/AK1 yang dilegalisir dengan cap basah atau embose.
5. Asli Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Isteri yang ditandatangani diatas meterai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer wajib diketahui Lurah atau Kepala Desa.
6. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
7. Asli Medical Check up dengan hasil Fit yang masih berlaku dan tidak cacat fisik yang mengganggu dalam bekerja,dan bagi wanita tidak dalam keadaan hamil.
8. Pas Foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3x4 Cm sebanyak 6 (enam) lembar.
9. Bagi wanita tidak pernah bertato, dan laki-laki tidak pernah bertato dan tidak pernah bertindik.
10.Membuat surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus matching yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- dikettik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri.
11. Membuat surat pernyataan tidak akan menuntut ganti rugi apabila dalam proses penempatan ditemukan kasus yang diakibatkan oleh calon TKI sehingga calon TKI dikeluarkannya dari tempat pelatihan yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri.
12. Foto copy sertifikat kemampuan bahasa Jepang, bahasa Inggris atau bahasa lainnya dan sertifikat keterampilan lainnya (BCLS, BTLS, atau PPGD) bila ada.

Syarat Khusus calon TKI Kandidat Careworker (Kaigofukushishi)
1. Berusia 21 sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2016 atau telah lulus serendah-rendahnya D3 Keperawatan.
2. Melampirkan foto copy ijasah pendidikan dan transkrip nilai pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
3. Melampirkan surat pernyataan bersedia ditempatkan sebagai careworker/ kaigofukushishi di Jepang, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer.

Syarat Khusus calon TKI nurse (kangoshi)
1. Berusia 23 sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2016 atau telah lulus serendah-rendahnya D3 Keperawatan dan telah memiliki pengalaman kerja minimal komulatif 2 tahun sejak tanggal kelulusan atau telah lulus S1 Keperawatan ditambah Profesi Ners dan telah memiliki pengalaman kerja minimal komulatif 1 tahun.
2. Melampirkan foto copy ijasah pendidikan dan transkrip nilai pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan atau S1 + Ners dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
3. Melampirkan foto copy Surat Tanda Registrasi (STR) dari Kemkes/MTKI dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
4. Melampirkan surat keterangan pengalaman kerja atau surat keterangan kerja sebagai perawat sekurang-kurangnya 2 tahun komulatif per 31 Juli 2016 (lulusan D3 Keperawatan) atau sekurang-kurangnya 1 tahun per 31 Juli 2016 (lulusan S1 + Ners).

B. PERSIAPAN PENDAFTARAN
Pendaftaran calon TKI Kandidat Nurse dan calon TKI Kandidat Careworker akan dilakukan melalui on line sistem di website BNP2TKI dengan mengisi data diri dan mengunggah (upload) dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Sehubungan dengan hal tersebut diminta kepada calon TKI untuk mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

Kandidat Nurse
1. Scan KTP dalam extensi .jpg.
2. Paspor halaman data diri, halaman tandatangan pemegang, halaman catatan pengesahan (jika ada), dan halaman catatan resmi dalam extensi .pdf (Ralat: pada pengumuman sebelumnya dalam extensi .jpg.
3. Akte kelahiran dalam extensi .jpg.
4. Kartu pencari kerja/AK 1 dalam extensi .jpg.
5. Ijazah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam extensi .pdf.
6. Transkrip nilai pendidikan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam extensi .pdf.
7. Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Isteri dalam extensi .jpg
8. SKCK dalam extensi .jpg.
9. Hasil MCU dalam extensi .pdf.
10. Foto dalam extensi .jpg.
11. Surat penrnyataan tidak mengundurkan diri dalam extensi .jpg.
12. Sertifikat kemampuan bahasa Jepang dalam extensi .jpg.
13. Surat Tanda registrasi Perawat dalam extensi .jpg.
14. Surat keterangan pengalaman kerja dalam extensi .pdf, dan
15. Surat pernyataan tidak akan menuntut ganti rugi dalam extensi .jpg.

Kandidat Careworker
1. Scan KTP dalam extensi .jpg
2. Paspor halaman data diri, halaman tandatangan pemegang, halaman catatan pengesahan (jika ada), dan halaman catatan resmi dalam extensi .pdf (Ralat: pada pengumuman sebelumnya dalam extensi .jpg)
3. Akte kelahiran dalam extensi .jpg
4. Kartu pencari kerja/AK 1 dalam extensi .jpg
5. Ijazah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam extensi .pdf
6. Transkrip nilai pendidikan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam extensi .pdf
7. Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Isteri dalam extensi .jpg
8. SKCK dalam extensi .jpg
9. Hasil MCU dalam extensi .pdf
10. Foto dalam extensi .jpg
11. Surat penrnyataan tidak mengundurkan diri dalam extensi .jpg
12. Sertifikat kemampuan bahasa Jepang dalam extensi .jpg
13. Surat pernyataan bersedia ditempatkan sebagai careworker dalam ekstensi .jpg dan
14. Surat pernyataan tidak akan menuntut ganti rugi dalam extensi .jpg.

C. PENDAFTARAN

MEKANISME PENDAFTARAN
Registrasi pendaftaran dilakukan secara online melalui website (Silahkan DiKlik) g2g.bnp2tki (halaman registrasi jepang tidak bisa diakses sebelum tanggal pendaftaran) dengan mengisi data diri yang diikuti dengan mengunggah (upload) dokumen sebagaimana tersebut pada poin B. Setelah melakukan registrasi tersebut, CTKI akan mendapatkan lembar (form) registrasi pendaftaran dan kemudian di cetak yang akan digunakan pada saat penyampaian dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran di BP3TKI/LP3TKI di wilayah masing-masing.

WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran untuk Calon TKI Kandidat Nurse (Kangoshi) dan Calon TKI Careworker (Kaigofukushishi) Program G to G ke Jepang untuk tahun Penempatan 2017 adalah 1 April s.d 31 Mei 2016.

D. PENYAMPAIAN DAN SELEKSI ADMINISTRASI DOKUMEN PENDAFTARAN
CTKI melakukan penyampaian dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran di BP3TKI/LP3TKI di wilayah masing-masing dengan ketentuan sebagai berikut :

1. CTKI membawa lembar (form) registrasi pendaftaran yang sudah dicetak pada saat registrasi online.
2. Berkas lamaran calon TKI Kandidat Nurse (Kangoshi) dimasukkan dalam stofmap warna biru, dihalaman muka ditulis nama, alamat, nomor telepon yang mudah dihubungi dan e-mail.
3. Berkas lamaran calon TKI Kandidat Careworker (Kaigofukushishi) dimasukkan ke dalam stofmap warna kuning, dihalaman muka ditulis nama, alamat, dan nomor telepon yang mudah dihubungi dan e-mail.
4. Berkas lamaran disampaikan langsung oleh CTKI ke BP3TKI/LP3TKI di daerah masing-masing yang kemudian akan dilakukan verifikasi dan seleksi administrasi terhadap dokumen–dokumen pendaftaran oleh BP3TKI/LP3TKI.
5. Waktu penyampaian dan seleksi administrasi dokumen pendaftaran Program G to G ke Jepang untuk tahun Penempatan 2017 adalah 11 April s.d 31 Mei 2016.

E. TEMPAT PENDAFTARAN KANDIDAT NURSE (KANGOSHI) DAN KANDIDAT CAREWORKER (KAIGOFUKUSHISHI) TAHUN 2017
Tempat pendaftaran Kandidat Nurse (Kangoshi) dan Kandidat Careworker (kaigofukushishi) tahun 2017 dilakukan di  BP3TKI/LP3TKI yang terdapat pada lampiran pengumuman ini. Alamat BNP2TKI DISINI

BIAYA PENEMPATAN
Biaya penempatan Program G to G ke Jepang dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini. Info Biaya DISINI

G. INFORMASI DAN PERTANYAAN
Informasi dan pertanyaan seputar pendaftaran dan penempatan Program G to G ke Jepang dapat melalui email : gtogjepang@bnp2tki.go.id

H. KETENTUAN PROGRAM
Program ini hanya berlaku bagi para CTKI yang belum pernah bekerja di Jepang sebagai Kandidat Nurse atau Kandidat Careworker dalam program G to G (EPA).

Demikian pengumuman ini disampaikan, bilamana terjadi kesalahan atau kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Jakarta, 29 Maret 2016
Direktur
Pelayanan Penempatan Pemerintah
ttd
R.Haryadi Agah W, S.IP
NIP.19590607 198803 1002

Tembusan Kepada Yth:
1.Kepala BNP2TKI (sebagai laporan).
2.Deputi Bidang Penempatan.
3.Kepala Pusat Rengun SDMK, Badan PPSDMK Kemenkes.
4.Kepala BP3TKI/LP3TKIdi Seluruh Indonesia.

Nah semoga informasi yang saya posting ini bermanfaat bagi teman teman yang mencoba peruntungan baru di negeri Sakura ini. Semua informasi di atas berdasarkan surat edaran resmi di website BNP2TKI, silahkan teman teman langsung buak websitenya untuk informasi program G2G lainnya.
Keep Traveling, Keep Writing

0 comment: