4 Perbedaan DSLR dan Mirrorless Untuk Kualitas Kamera dan Video - Enry Mazni

Latest

Travelling Stories and Medical Record

4 Sep 2017

4 Perbedaan DSLR dan Mirrorless Untuk Kualitas Kamera dan Video

EnryMazniDotCom - Perkembangan teknologi saat ini membuat setiap orang mudah dalam melakukan segala hal yang diinginkan misalkan hobi. Salah satu hobi yang masih ada pada saat ini dan dilakukan oleh orang adalah fotografi. Dengan fotografi, seorang fotografer akan menghasilkan karya seni yang indah dan mempunyai makna. Maka dari itu, seorang fotografer harus mempunyai skill yang mumpuni ketika memotret sesuatu seperti orang atau benda. Selain skill yang hebat, tentunya fotografer membutuhkan peralatan yang canggih agar hasil potret semakin lebih tajam dan indah. Salah satu peralatan yang tentunya dibutuhkan oleh setiap fotografer adalah kamera.

Camera (mataharimall.com)
Camera (mataharimall.com)
Kamera merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membentuk atau juga merekam bayangan dalam sebuah film atau memory card. Kamera juga terdiri dari beberapa komponen utama, tambahan, dan aksesoris. Komponen utamanya berupa body camera, film atau memory card, lensa, dan tombol shutter. Komponen tambahannya mulai dari lampu flash, pengatur diafragma, fokus, speed, dan juga ISO. Sedangkan aksesoris dari kamera mulai dari flash eksternal, remote shutter, tripod, dan lainnya. Setelah mengetahui komponen kamera, anda juga harus tahu jenis-jenis kamera. Ada 6 jenis kamera yaitu kamera film, polaroid, TLR, saku, SLR/DSLR, dan yang terbaru mirrorless. Dari keenam jenis tersebut, ada 2 yang masih digunakan banyak orang dan sering dibanding-bandingkan yaitu DSLR dan mirrorless.

Kamera DSLR dengan kamera mirrorless memang memiliki banyak perbedaan mulai dari cara kerjanya. DSLR adalah jenis kamera yang masih menggunakan cermin sebagai pemantul cahaya yang berasal dari lensa menuju viewfinder. Sedangkan mirrorless tidak menggunakan cermin sebagai pemantul karena cahaya langsung melewati lensa dan jatuh tepat pada sensor gambar. Selain dari cara kerjanya, ternyata banyak sekali perbedaan antara kamera DSLR dengan mirrorless. Apa saja perbedaannya? Berikut ini ada 4 perbedaan antara keduanya yang harus diketahui anda.

Ukuran dan Berat

Dari segi bentuk, DSLR memang lebih besar karena didalamnya terdapat ruang yang digunakan untuk cermin dan juga shutter. Dan keluaran DSLR yang paling terbaru dari Canon adalah tipe EOS 100D dengan berat 600 gram. Sedangkan kamera mirrorless tidak mempunyai cermin serta shutter, sehingga bentuknya akan lebih kecil dengan konstruksi sederhana dibanding DSLR. Berat dari satu kamera mirrorless yang paling ringan adalah 204 gram yang berasal dari merk Panasonic sehingga bisa dimasukkan dalam saku.

Kemampuan dan Akurasi Fokus

Untuk kemampuan fokus, DSLR menggunakan cermin sebagai pengalih cahaya menuju sensor yang disebut dengan proses PDAF (Phase Detect Auto Focus). Lalu sensor akan mengukur konvergensi dari 2 cahaya untuk dapat mengkondisikan lensa ke fokus. Sedangkan mirrorless yang tidak mempunyai cermin akan memanfaatkan proses CDAF (Contrast Detect Auto Focus). Proses CDAF dimulai dari sensor yang menangkap bagian kecil yang berasal dari gambar yang dibidik, lalu melakukan tes untuk menentukan fokus hingga tajam.
Camera DSLR
(Pixabay.com)

Kualitas Dari View Finder

Viewfinder dari DSLR akan membuat anda bisa melihat gambar secara optikal, lebih jernih, lebih cerah, dan juga responsif jika dibandingkan dengan elektronik lainnya. Sedangkan viewfinder dari kamera mirrorless melakukan proses penangkapan preview gambar yang ada pada layar LCD atau EVF. Anda juga harus tahu bahwa penggunaan LCD pada mirrorless akan sulit dilihat pada siang hari tetapi saat ini sudah banyak LCD yang sudah jauh lebih baik.

Kualitas Kamera dan Video

Untuk kualitas kamera dan video, DSLR masih mengandalkan lensa yang bisa dipasang dari mulai yang murah hingga yang mahal dan profesional serta banyak pilihannya. Lensa DSLR terbagi 3 yaitu prime, wide, dan makro yang bisa digunakan sesuai kebutuhan anda. Sedangkan untuk kamera mirrorless belum banyak tersedia untuk lensa dari pabrikan kamera karena sistem mirrorless setiap pabrikan berbeda-beda.
Camera (mataharimall.com)
Camera (mataharimall.com)
Itulah beberapa perbedaan antara kamera DSLR dengan mirrorless dari spesifikasinya termasuk keunggulan kamera dan video. Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat spesifikasi lengkap dan membeli kamera mirrorless di MatahariMall yang merupakan toko online yang menyediakan beragam merk kamera terpercaya saat ini.

1 komentar:

  1. keren dan rapi mas kunjungin blog baru kami ya bang flashpackerstroy.blogspot.com

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni
Jangan lupa Like dan Subscribe EnryMazniDotCom Fan Page dan Youtube Channels at BCC TRAVELLERS