Search Now

Memuat...

Melihat 'Wajah' Baru Kota Bandung

00.25 Enry Maznidotcom 0 Comments

Bandung adalah ibu kota propinsi jawa barat yang merupakan salah satu destinasi wisata dari berbagai daerah, salah satunya kota Pekanbaru yang sudah mempunyai akses langsung menuju kota Bandung dengan menumpangi maskapai Airasia. Tak heran jika banyak para wisatawan dari kota Pekanbaru yang berbondong bondong untuk menghabiskan waktu liburannya ke kota ini, baik itu bersama teman atau pun keluarga bahkan bagi para backpacker bisa melakukan nya ber solo trip ke kota ini. banyak tempat wisata yang di suguhi kota kembang ini, baik wisata alam nya seperti Tebing keraton, Kawah Putih atau hanya sekedar ingin bersantai di atas bukit Moko untuk melihat kota Bandung. selain beberapa wisata di atas bandung juga menyuguhi surga belanja bagi para shopholic seperti pasar baru dan lain lainnya, nah bagi yang hanya ingin berkeliling kota Bandung juga memanjakan para wisatawan yang hanya sekedar untuk bercuci mata atau dikenal dengan istilah citytour. 

Menurut saya pribadi banyak spot atau tempat tempat di dalam kota bandung yang bisa kita kunjungi seperti perjalanan solo trip saya beberapa hari di kota Kembang ini, begitu julukannya. yuk simak beberapa area yang saya kunjungi dalam waktu satu hari berkeliling kota yang sejuk ini tentunya berwisata 'sehat' alias jalan kaki menuju ke beberapa spot / area nya. 

Selesai cek out dari hostel, saya berdiri sejenak sambil melihat map mencari lokasi pertama yang terdekat dengan saya berdiri, untung suasana pagi ini sedikit mendung jadi cocok banget untuk menjelajah dengan berjalan kaki. Sebotol air minum berkapasitas 700 ml pun sudah saya isi full sebelumnya di Hostel mengingat perjalanan nantinya pasti hasu banget kan dan pastinya bisa menghemat budget pengeluaran untuk minuman.

1. Post Office / Kantor Pos Indonesia 
Tujuan pertama saya pagi ini menuju kantor pos indonesia yang bersebalahan dengan gedung sate, dengan bermodalkan MAP / Tripadvisor saya pun menelusuri sepanjang trotoar kota bandung di temani MP3 player yang sudah saya siapkan sebelumnya, saran bagi para solo traveller sebaiknya ditemani MP3 player kan lumayan buat menghibur sepanjang jalan. Bagi pencinta old building / bangunan lama Post Office ini boleh di masukkan dalam list kamu, karena kantor pos indonesia nya menempati sebuah bangunan lama bekas zaman penjajahan dulu, memang tidak banyak yang bisa kita temui di sini, seperti kantor pos lainnya semua aktifitas seperti layaknya kantor pos lainnya. Tapi bagi penikmat bangunan bersejarah wajib berkunjung disini.

enrymazni.com

2. Taman Lansia
Ini salah satu taman yang banyak di kunjungi, sebuah taman yang terdapat di depan kantor pos indonesia ini sudah di tata rapi dan bersih serta di lengkapi beberapa fasilitas untuk masyarakat bersantai atau hanya sekedar menghabiskan waktu nya bersama teman atau keluarga. Ini merupakan salah satu program oleh bapak Ridwan Kami dalam menata kota nya yang lebih asri dan nyaman bagi para wisatawan atau masyarakat setempat, bisa dilhat dari tatanan taman lansia ini yang memiliki fasilitas Free Wifi buat warganya, kemudian dibuat beberapa area taman bunga yang tertata rapi yang bikin mata pengunjung lebih adem memandangnya. Untuk aliran kali yang membelah taman lansia pun lebih bersih dari sampah sampah para pengunjung, karena di setiap sudut taman di sediakan tempat sampah serta beberapa papan himbuan kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, berikut beberapa kutipan seruan untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih 'BANDUNG KITA TANGGUNGJAWAB KITA' nah untuk lebih akrab dengan masyarakat setempat himbuan juga di buat dalam bahasa sunda 'NYAAH YUK TONG SAMPAH, satu,dua,empat puluh, seribu orang ketika berhenti membuang sampah ke sungai maka pungut sampah tidak diberlakukan lagi. Kita yang mau berubah untuk Bandung yang layak dicintai'. Tidak hanya sekedar himbuan untuk stop buang sampah sembarangan atau ke sungai, di taman lansia ini juga di pajang beberapa informasi tentang bahaya sungai yang kotor. ini neh kutipannya, "Tumbuhnya mikro organisme berbahaya yang berasal dari pembususkan sampah", "Air yang beracun, sehingga berbahaya bila dikonsumsi dan untuk didaur ulang", "Kesulitan untuk memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari", "terganggunya ekosistem di dalam air yang bisa berdampak bagi kehidupan manusia". Nah sudah jelas kan bagi kita bahwa membuang sampai sembarangan atau ke sungai akan berdampak negatif bagi kita, 
enrymazni.com

enrymazni.com
Menurut saya satu kekurangan pada taman lansia ini, yaitu masih adanya lapak lapak yang bebas berdiri dalam taman seperti pedagang kaki lima, atau bahkan ada yang menggelar lapak buka jasa pijit / refleksi dan yang tidak pernah absen adalah para pengamen yang menurut saya mengganggu para pengunjung yang lagi bersantai di taman ini. 
enrymazni.com

enrymazni.com

3. Trotoar Batik
Wahhh salut banget buat Bandung dalam memperkenalkan motif batik mereka, untuk memperkenalkanya mereka menggunakan media trotoar sebagai ajang promosi batik khas Jawa Barat, beberapa motif batik ini bisa kita jumpai di trotoar depan gedung sate, tanpa sengaja ketika saya berjalan menuju Gedung Sate dari Taman Lansia melewati trotoar pedestarian di depan Gedung Sate, saya baru menyadari setelah melewati beberapa motif, sayapun penasaran dan mencoba untuk berhenti di motif Batik yang ada di trotoar berikutnya karena penasaran sekilas saya melihat ada tulisan di trotoar yang saya lewati, neeehhh berikut beberapa motif batik yang saya tangkap dengan camera HP. Ada Batik Gergaji (Cianjur), Batik Truntum (Cirebon), Batik Garutan (Turih Oncom), Batik Sereuh (Bogor), Batik Kupu kupu (Ciamis). Salut ya sama sama kota Bandung dalam menata kota untuk menarik wisatawan dan sekalian mempromosikan jenis jenis motif Batik khas Jawa Barat. 
enrymazni.com

enrymazni.com

enrymazni.com

enrymazni.com
4. Gedung Sate
Ini ne salah satu icon kota Bandung yang paling terkenal bagi wisatawan baik lokal maupun luar, katanya seh belum ke Bandung kalau belum berfoto di depan Gedung yang satu ini. Lokasi Gedung Sate masih berdekatan dengan beberapa spot yang sudah saya kunjungi sebelumnya seperti Kantor Pos Indonesia, Taman Lansia dan Motif Batik yang di trotoar tadi bertepatan dengan Gedung Sate ini. Untuk sejarah Gedung Sate mungkin teman teman bisa browsing sendiri di rumah om gugel ya, kebanyakan para wisatawan hanya bisa berada di area luar gedung ini untuk mengabadikan moment mereka saat di Gedung Sate. Jadi kalau ke Bandung wajib ke sini ya.
enrymazni.com
enrymazni.com
5. Musem Geologi
Museum dengan segudang informasi di dalamnya, Museum Geologi yang terdapat di kota Bandung wajib juga buat dikunjungi, karena disini kita bisa menambah ilmu pengetahuan tentang geografi dan sejarah sejarah zaman dahulu, utntuk tarif masuk ke museum ini tidak mahal hanya dengan 3000 rupiah bagi pengunjung umum sudah bisa berkeliling 'menyantap' ilmu yang disajikan museum geologi ini, sedangkan untuk mahasiswa/sekolah cukup membayar 2000 rupiah. Dalam museum geologi ini disajikan beberapa seperti terbentuknya bumi dan beberapa planet lainnya, serta pengetahuan tentang alam semesta lainnya, disini juga bisa didapatkan sejarah manusia zaman dahulu dan kehidupan dinosaurus lengkap dengan fosil fosil temuan dan dipamerkan di sini.
enrymazni.com
enrymazni.com
Sangat berbahagialah masyarakat kota Bandung yang mempunyai tatanan kota yang rapi serta peran walikotanya yang mengubah 'wajah' baru kota Bandung. Dan masih banyak lagi tempat tempat yang bisa kita kunjungi untuk berkeliling kota Bandung, Spot / Area berikutnya akan saya tulis di postingan berikutnya. So stay tune ya di Blog ini.

Baca Episode Lanjutannya di Melihat 'Wajah' Baru Kota Bandung Part 2

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni