Search Now

Memuat...

Kek Lok Si Temple Penang : Pagoda 10.000 Budha

08.38 Enry Maznidotcom 0 Comments

EnryMaznidotcom - Tulisan kali ini adalah sambungan cerita saya yang sebelumnya tentang mengulik George Town Penang, Setelah dicerita sebelumnya saya membagikan sedikit keseruan di pusat keramaian Pulau Penang seperti berkeliling mengunjungi spot spot di area George Town yang sangat terkenal dengan Street Art, Benteng Fort Cornwallis, Esplande, 3D Musem Trick, Museum Camera dan banyak lagi hal hal menarik yang bisa di temui saat ke George Town dan menurut hemat saya untuk berkeliling ke semua area nya hanya membutuhkan satu hari saja sebelum kita meng explorer area wisata Pulau Penang lainnya. Penang sangat memanjakan para pelancong yang haus akan tempat tempat wisata, selain mudah dijangkau Pulau Penang juga masih tergolong salah satu tempat wisata berbudget rendah jadi pelancong yang membawa backpack seperti saya ini juga bisa menginjakkan kaki disini apalagi kalau traveling ala koper.

www.enrymazni.com
Kek Lok Si Temple
Untuk rute saya hari ini hanya ke beberapa tempat di luar George Town, perjalanan ke sana harus menggunakan kendaran, bisa pakai motor (tersedia penyewaan motor) atau menggunakan Rapid Penang, tetapi saya lebih memilih menggunakan Rapid Penang seh selain lebih mudah menggunakan bus ini kita tidak mempunyai beban tanggung jawab jika menggunakan atau menyewa kendaraan bermotor tadi *malas ribet tanggungjawab kalau ntar tu motor sewaan hilang* hahaha. Lagi pula kenapa saya tidak menggunakan motor karena saya hanya akan mengunjungi dua buah spot wisata saja dan kebetulan rute bus yang akan saya gunakan memang mempunyai jalur ke area wisata tersebut. Tapi kalau teman teman ingin berkeliling Pulau Penang dari matahari terbit sampai matahari terbenam saya sarankan lebih baik sewa kendaraan bermotor saja yang pastinya akan membuat langkah kita lebih leluasa. Untuk penyewaan kendaraan bermotor saya sebenarnya juga kurang tau pasti tapi jika bertanya sama resepsionis hotel tempat menginap pasti mereka akan memberikan tempat rekomendasi untuk penyewaan motor.
www.enrymazni.com
Kek Lok Si Temple Di Perbukitan
Baca Juga : George Town Penang : World Heritage By UNESCO
Tujuan pertama saya pagi ini menuju tempat peribadahan umat budha yaitu Kek Lok Si Temple yang berada di Air Hitam dan menjadi pusat tujuan para pelancong, Kuil Kek Lok Si Temple ini merupakan salah satu Kuil yang terbesar di Malaysia bahkan di Asia Tenggara loh dan yang menjadi daya tarik dari Kuil ini adalah patung Dewi Kuan Yin yang besar dan terdapat Pagoda setinggi tujuh tingkat dan dikenal dengan Pagoda Sepuluh Ribu Budha. Untuk menuju ke Kuil Kek Lok Si ini kita bisa menggunakan Rapid Penang dan naik dari terminal bus nya yang di kenal dengan sebutan Komtar, Komtar adalah nama tempat perhentian bus Rapid Penang yang melayani ke berbagai rute tujuan di Pulau Penang. Ingat menggunakan bus di Pulau Penang ini sebaiknya membayar ongkos dengan uang pas karena jika tidak jangan harap ada kembaliannya tidak percaya? coba saja sendiri hehehe *maksa*. Perjalanan saya menuju Kuil melalui perhentian bus komtar menggunakan bus no 204 dengan lama waktu tempuh lebih kurang 40 menit dan silahkan bayar ongkosnya lebih kurang 2 MYR dan kita akan diantar langsung di persimpangan jalan menuju Kuil Kek Lok Si ini, karena Kuilnya berada di atas perbukitan jadi saat kita pertama turun dari bus sudah langsung keliatan itu Kuilnya
www.enrymazni.com
Kolam Kura Kura

Sebelum sampai ke area Kuil kita akan melewati perbukitan yang dipenuhi dengan kios kios penjual souvenir khas Penang, jadi kita tidak akan terasa capek saat menanjak naik karena sambil jalan kita bisa lihat lihat berbagai macam souvenir yang nantinya sebagai oleh oleh buat keluarga dan teman teman dekat di rumah. Ketika pertama menginjakkan kaki setelah melewati kios kios tadi kita telah sampai di Ground Temple nya terdapat sebuah kolam kura kura berjumlah ratusan ekor, kemudian saya melanjutkan ke bagian Mid Temple merupakan area utama di Kuil Kek Lok Si ini saya pun mulai berkeliling keluar masuk ke beberapa tempat yang ada disini, area selanjutnya adalah hilltop atau area tertinggi di Kuil ini. Untuk menuju ke atas kita harus menggunakan lift seperti box yang berjalan diatas rel dan lift ini berada di dalam toko souvenir dan lokasinya sedikit terpojok, dengan membayar sekitar 4 MYR for return tapi sayang saat ke sini saya tidak melanjutkan ke atasnya padahal di bagian tertingginya terdapat Patung Dewi Kuan Yin, saya mengutungkan niat dikarekan antrian para pengunjung yang mau ke atas sangat panjang dan lift box pengangkut pun cuma satu jadi benar benar harus bergiliran untuk menuju ke puncak nya.
www.enrymazni.com
Mid Temple Area
Kuil yang berada diatas perbukitan ini memberikan saya pemandangan yang berbeda setelah lumayan capek berkeliling keliling area Kek Lok Si Temple ini, sejenak sembari beristirahat di depan Kuil saya disuguhkan dengan pemandangan perumahan perumahan penduduk dan beberapa bangunan bertingkat dengan kehijauan pohon pohon tertata rapi dan perbukitan lainnya yang berada di sekitar Kuil ini, sekilas tampak hampar lautan di balik gedung gedung tinggi di hadapan saya. Selesai beristirahat saya pun melanjutkan perjalanan ke rute selanjutnya yaitu Penang Hill atau Bukit Bendera, jalan turun dari lokasi Kuil masih melalui jalur saat yang sama yaitu melewati kios kios souvenir sembari melihat lihat barang barang yang mau dibawa sebagai ole ole nantinya, di kios kios ini rata rata penjualnya adalah warga peranakan atau masyarakat china mereka melayani para pembeli dengan sangat ramah.
www.enrymazni.com
Pagoda 10.000 Budha
Bagi para traveler yang berkunjung ke Penang nantinya atau yang sudah beberapa kali ke Penang, Kuil Kek Lok Si ini harus masuk dalam list itinerary kamu ya. Berikut nya saya akan berbagi cerita tentang Penang Hill, ini merupakan salah satu tempat yang wajib kita kunjungi juga loh. Pengen merasakan naik kereta dengan kemiringan 45 derajat menajak perbukitan? Penang Hill jawabannya.
"Keep Traveling Keep Writing"

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni