Search Now

Memuat...

George Town Penang : World Heritage By UNESCO

03.38 Enry Maznidotcom 0 Comments

EnryMaznidotcom - Malaysia, ya negara tetangga yang menjadi salah satu tujuan wisatawan khususnya masyarakat Indonesia, termasuk saya adalah salah satu pengunjung setia negara tersebut. Bisa dibilang setiap tahunnya pasti saya mengunjungi negara ini, dan pastinya bukan urusan kerjaan ya. Negara ini memiliki banyak daerah daerah yang bisa kita kunjungi selain Kuala Lumpur, salah satunya adalah Pulau Penang. Pulau yang  merupakan bagian dari negara Malaysia yang terkecil setelah Perlis dan menjadi urutan pertama jika dilihat dari kepadatan penduduknya. Kota utama di Penang adalah George Town yang menjadi salah satu Bandar terbesar di negara Malaysia, selain George Town di Penang juga terdapat daerah Balik Pulau, Butterworth merupakan salah satu tempat wisata di Pulau ini dan tentunya masih banyak tempat tempat wisata lainnya yang terdapat disetiap sudut Pulau Penang Malaysia ini. Untuk menuju Penang sebenarnya banyak transportasi yang bisa kita gunakan seperti menggunakan kereta api atau KTMB, Bus, dan pesawat udara dari Kuala Lumpur maupun beberapa daerah yang sudah mempunyai direct flight ke Pulau Penang. Karena ini perjalanan kedua kalinya saya tidak menggunakan kereta api seperti sebelumnya tetapi lebih memilih menggunakan pesawat "merah" milik Malaysia dan kebetulan ongkosnya dapat murah sekali.
www.enrymazni.com
Welcome To Penang
Penang atau pulau Penang yang berada di semenanjung Malaysia ini membuat saya untuk datang berkunjung kembali, walaupun sudah kedua kali menginjakkan kaki disini, tapi daya tarik Penang memang sungguh sungguh mempesona bagi seorang pejalan seperti saya ini. Daerah yang di nobatkan UNESCO sebagai World Heritage Site ini memang menjadi daya tarik sendiri untuk parawisatan melancong ke sini, sebut saja salah satu daerah George Town nya yang memiliki beberapa area yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah berburu Street Art yang banyak ditemui didinding dinding rumah warga atau dinding dinding sekitaran area George Town seperti di lebuh Chulia, lebuh Pantai, Lebuh Armenian, Lebuh China dan lain lainnya. Tidak heran saat datang ke sini kita bakal disuguhi pemandangan orang orang yang mondar mandir berbalik arah dan memasuki gang gang kecil untuk berburu berbagai macam Street Art nya, saran saya seh untuk berkeliling berburu Street Art lebih baik berjalan kaki pada jam 15.00 kebawah karena cuaca sudah tidak terlalu panas jadi bisa lebih menikmati suasana jalan nya sambil menunggu petang menjelang. Sebenarnya selain berjalan kaki di area ini banyak tersedia penyewaan sepeda dari sepeda tunggal sampai sepeda yang bisa ditunggani ramai ramai, *goes bejak*.
www.enrymazni.com
Salah Satu Street Art
Street Art adalah salah satu spot yang sangat diincar oleh wisatawan saat datang ke Penang, selain itu di George Town juga terdapat beberapa spot lainnya seperti Esplanade bagi yang ingin menghirup udara segar laut dan jalan jalan santai, ada benteng tua Fort Cornwallis peninggalan kapten dari Perancis kemudian monument War Memorial, coba singgah ke Penang Peranakan Mansion yang memiliki koleksi barang barang antik peninggalan baba nyonya sebutan untuk peranakan di Malaysia. Untuk malam hari kita bisa bersantai sambil menikmati malam di area pinggiran laut di Esplanade, disini bisa kita jumpai pemusik jalanan yang menghibur para pengunjung yang ingin menghabiskan malam santainya, selain itu juga ada jasa pijit kaki yang berjejer sepanjang area ini dan pada saat saya berada disana banyak para pengunjung yang memanfaatkan jasa mereka apalagi dipijit sambil menikmati tiupan angin malam laut.
www.enrymazni.com
Gerbang Benteng Gort Cornwallis
www.enrymazni.com
Foot Reflexy Di Pinggir Laut
Untuk penginapan Penang banyak tersedia hotel / hostel dari harga termurah sampai harga termahal, jadi kalian tinggal pilih saja. Salah satu penginapan yang saya gunakan adalah Little India Heritage Villa dari namanya pasti sudah ketebak dunk yang punyanya adalah orang India dan penginapan nya terletak sangat strategis di tengah tengah George Town area dan kemana mana bisa berjalan kaki, di lokasi penginapan juga ada salah satu Mesjid bersejarah yang dikenal dengan Masjid Kapitan Kling tepatnya berada di Lebuh Pitt, mesjid yang tertua di Pulau Penang ini dan asal mula dibangun oleh tentara syarikat India Timur saat pertama kali mereka sampai di Pulau Penang ini sekitar pada abad ke 18. Kebetulan saat saya berkunjung ke sini di mesjid Kapitan Kling sedang berlangsung acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW oleh masyarakat setempat atau mereka menyebutnya dengan "Maulidus Rasul", walaupun saya tidak ikut nimbrung langsung acaranya didalam  mesjid tapi setidaknya saya bisa berbaur langsung di tengah keramaian arak arakan rombongan yang mau memasuki mesjid dan menjadi akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan, keesokan harinya saya juga menyempatkan untuk datang kembali ke Mesjid Kapitan Kling ini dan lagi berlangsung acara nikahan orang India tidak mau kehilangan kesempatan yang langka ini dunk saya mintak izin sama salah satu penjaga mesjidnya untuk masuk dan menyaksikan secara langsung.
www.enrymazni.com
Mesjid Kapitan Kling
Selama beberapa hari di sini saya masih merasa kurang, maunya seh bisa extend beberapa hari lagi karena masih banyak yang harus di jelajahi, selain banyak tempat menarik transportasi di sini sangat memudahkan kita untuk berkeliling keliling seperti bus bus Rapid Penang yang menjangkau ke seluruh Penang, Rapid Penang ada juga yang free loh alias gratis merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah nya dan pasti bus ini banyak di tunggui oleh para turis untuk menjelajahi Penang, salut banget sama pemerintahanya yang benar benar memperdulikan rakyat dan para pelancong. Di George Town terdapat satu terminal bus yang biasa di kenal dengan Komtar, disini adalah pusat bus rapid penang yang akan melayani ke semua rute rute wisata di Pulau Penang. Saran saya seh kalau menggunakan bus di Penang kita harus menyediakan atau membayar ongkos dengan uang pas karena kembalian ongkos tadi tidak ada kembaliannya hehehe. Satu lagi fasilitas umum yang saya temui di pinggir jalan utama ruko ruko yaitu mesin air minum isi ulang jadi saya bisa lebih menghemat pengeluaran untuk belanja air mineral, saya pribadi seh kalau lagi traveling sering membawa botol minum karena selain bisa berhemat beli air yang harganya beberapa ringgit mendingan saya mencari fasilitas umum air minum gratis yang biasanya banyak disediakan di tempat tempat keramaian, nah tapi fasilitas air minum yang saya temui di Penang ini tidak gratis walaupun harus bayar untuk mengisi 1.5 liter air seharga 20 sen tapi ini masih dibilang murah sekali bila dibandingkan dengan membeli air mineral seharga 1 atau 2 MYR, jadi kesimpulannya beberapa hari disini saya hanya memilih air isi ulang ini lebih hemat, murah dan banyak. Kebetulan lokasinya Water Station nya tidak jauh dari tempat penginapan saya.
www.enrymazni.com
Water Station
Baca Juga : Kek Lok Si Temple Penang
Selain beberapa tempat yang sudah saya sebutin diatas tadi, George Town masih mempunyai tempat tempat wisata lainnya yang jangan sampai tidak dikunjungi seperti Penang 3D Trick Art Museum, Upside Down Museum, Made In Penang Interactive Museum, Penang Museum, St George's Anglican Church, Sri Mahamariamman Temple, The Camera Museum, Khoo Kongsi dan masih banyak lagi yang bisa kita jumpai di George Town ini. Untuk urusan makan tidak perlu khawatir karen banyak tersedia berbagai macam jenis masakan salah satunya adalah yang saya singgahi resto India dan pastinya halal serta harga nya tidak membuat kantong saya bolong hahaha. Salah satu kesukaan saya kalau bertandang ke resto India adalah teh tarik nya bisa bisa minum sampai dua gelas untuk makananya mereka sendiri jujur masih kurang cocok sama lidah padang saya ini masih susah untuk kompromi tapi itu tidak membuat saya untuk mengurung niat saya mengunjunginya karena saya suka sekali sama roti prata dan kuah karinya saja hahaha.
www.enrymazni.com
Teh Tarik Dingin
Hari berikutnya saya akan melanjutkan jelajah di luar area George Town seperti Penang Hill atau Bukit bendera, Kek Lok Si Temple dan mengunjungi pusat jajanan malamnya di area Gurney Plaza dikenal dengan Gurney Drive Hawker Center. Ceritanya akan saya lanjutkan di Postingan berikutnya ya.
"Keep Traveling Keep Writing"

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni