Search Now

Memuat...

Liburan Idul Fitri : Yukk Nge Trip Hemat Low Budget Ke Singapore Dan Johor Bahru

00.58 Enry Maznidotcom 0 Comments

EnryMazniDotCom - Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir bathin ke semua pengunjung EnryMazniDotCom, masih dalam suasana lebaran kan? hehehe, buat teman teman yang mudik dan berkumpul dengan keluarga besar di kampung pasti senang banget ya *MeToo*, dan buat teman teman yang belum berkesempatan berkumpul untuk tahun ini, semoga tahun depan bisa mudik lebaran. Pada tulisan saya kali ini, sedikit mau share perjalan singkat saya ke Singapore dan Johor Bahru Malaysia selama 2 hari 1 malam, kebetulan tahun ini saya mudiknya ke kota Batam Kepulauan Riau, salah satu propinsi hasil pemekaran dari propinsi Riau. Mungkin, bagi para traveler atau backpacker mengunjungi Singapore dan Johor Bahru merupakan hal yang biasa. Apalagi kedua negara tersebut jaraknya lebih kurang 45 menit dari Batam ke Singapore dan akses menuju ke Johor Bahru dari Singapore pun sangat mudah sekali. Perjalanan kali ini tidak sendirian, tapi berdua dengan salah seorang teman yang pastinya mempunyai hobi yang sama ala backpacker. (red-Firman Efendi).
www.enrymazni.com
Menuju Singapore
Tulisan ini mungkin tidak akan membahas secara detail tentang tempat tempat wisata yang terdapat di Singapore dan Johor Bahru, mungkin teman teman bisa mencari secara detail apa saja tempat yang wajib di kunjungi saat berada di Singapore dan Johor Bahru, apalagi sekarang ini perkembangan internet sangat cepat sehingga memudahkan kita untuk untuk mencari informasi yang kita butuhkan hanya dalam genggaman tangan. Semoga apa yang saya bagikan dalam tulisan ini bisa menambah referensi teman teman yang akan backpacker an ke Singapore dan Johor Bahru nantinya. Dan saya akan membagikan informasi sesuai dengan perjalanan yang sudah saya tempuh, seperti biaya biaya yang sudah saya keluarkan.

Batam - Singapore - Johor Bahru

Batam, salah satu kota tujuan para wisatawan, baik yang hanya berkunjung ke sini atau hanya sekedar transit menuju ke beberapa negara tetangga. Kota yang berdampingan dengan Singapore dan Malaysia ini, menjadi pilihan alternatif bagi traveler yang ingin backpacker an ke Singapore dan Malaysia. Saya memulai perjalanan hemat dari Batam ke Johor Bahru via Singapore, kenapa dibilang hemat?. Ok nanti saya akan share detail setiap biaya yang sudah saya keluarkan, dari mulai biaya transportasi, makan, dan penginapan gratis. Perjalanan selama 2 hari 1 malam ini tanpa itinerary alias get lost aja.

Batam - Singapore

Untuk tiket ferry Batam Singapore seharga IDR 250.000 pulang pergi, berangkat dari pelabuhan sekupang pulangnya ke pelabuhan Batam Center, untuk pilihan ferry ke Singapore sebenarnya banyak sekali, tapi saya lebih memilih Sindo karena lebih murah untuk keberangkatan dari sekupang, kebetulan akses ke sekupang dari rumah saya tidak terlalu jauh bila dibandingkan ke Batam Center. Untuk tiket ferry Sindo dan ferry lainnya biasanya berlaku untuk satu tahun, jadi kita bisa berangkat kapan saja kita mau. Untuk jam keberangkatan saya sengaja mengambil yang paling pagi alias first ferry, biar bisa sampai Johor Bahrunya lebih awal dan bisa berkeliling Johor Bahru. Ferry berangkat jam 06.10 menempuh perjalanan lebih kurang 45 menit, situasi penumpang  pagi ini tidak terlalu ramai jadi kita bisa sedikit santai menikmati perjalanan tanpa harus berdesak desakan baik di pelabuhan maupun di dalam kapal ferry. Jam 08. 00 an waktu setempat, kapal ferry nya sudah berlabuh di Harbour Front Singapore, semua penumpang keluar melanjutkan proses imigrasi. Setelah proses imigrasi selesai, saya menuju ke MRT Harbour Front di Vivo City. MRT Harbour Front ke Woodlands 2.60 SGD (include deposit kartu 0.10 SGD), dari Harbour Front ke Woodlands saya transit di stasiun MRT Dhoby Ghaut pindah line merah (North South Line) tujuan Jurong East. Keluar stasiun MRT Woodlands ambil Exit yang menuju terminal bus (saya lupa Exit berapa). Di terminal bus ambil bus tujuan JB Sentral No. 950 dengan ongkos seharga 1.60 SGD, pemberhentian terakhir di JB Sentral, jadi setelah lewat proses imigrasi Johor Bahru, ikut petunjuk arah menuju JB Sentral.

Johor Bahru - Malaysia

Sebelum memulai langkah kaki untuk berkeliling Johor Bahru, saya harus mengisi perut dulu, lokasi makan siang masih di seputaran JB Sentral. Saya dan teman sengaja makan siangnya di Johor Bahru, karena kalau di Singapore harganya lumayan mahal. Lumayan bisa menghemat sejumlah uang untuk makan siang bila dibandingkan kalau makan di Singapore dengan SGD nya, makan siang di restoran melayu untuk seporsi nasi dengan lauk ikan gulai seharga 9.50 MYR (Nasi porsi dobel dan potongan ikan gulainya pun besar banget). Untuk minuman saya sangat suka sekali dengan teh tarek es seharga 3.20 MYR, sedikit lebih mahal sebenarnya bila di bandingkan tempat tempat yang sudah pernah saya singgahi untuk segelas teh tarek es biasanya seharga 1.00 MYR an. Selesai makan, saya melanjutkan perjalanan kunjungan pertama ke Mesjid sejarah yaitu Mesjid Negeri Sultan Abu Bakar yang berada di jalan Skudai Johor bahru, lokasi mesjid sebenarnya tidak jauh dari JB Sentral saat ini saya berada. Saya menggunakan bus dari teminal bus JB Sentral seharga 1 MYR untuk one way. Selama perjalanan saya membawa bekal air minum, yang sudah saya persiapkan saat keberangkatan dari Sekupang, cukup bawa 1 botol mineral ukuran 1 Liter dan selanjutnya manfaatkan fasilitas isi ulang. Sayang sekali saat berkunjung ke mesjid ini, mesjidnya tutup sepertinya ada renovasi di beberapa bagian, padahal sudah niat untuk shalat Dzuhur di sini. Aktifitas shalat sementara dialihkan ke gedung seberang mesjid yang masih dalam satu komplek dengan Mesjid Negeri Sultan Abu Bakar. Selesai berkeliling dan shalat Dzuhur, kami pun melanjutkan ke tempat selanjutnya, tapi sebelum meninggalkan mesjid, kami mengisi ulang air minum dulu, ada fasilitas dispenser saat pintu keluar mesjid yang disediakan untuk para jamaah mesjid. Kesempatan untuk isi ulang air minum ke botol 1 liter yang saya bawa tidak di sia siakan dunk, lumayankan bisa hemat beberapa MYR daripada harus beli beli air mineral setiap mau minum.
www.enrymazni.com
Mesjid Negeri Sultan Abu Bakar
Disekitaran area Mesjid Negeri Sultan Abu Bakar terdapat beberapa lokasi wisata juga, seperti Johor Bahru Zoo dan Museum, saya dan teman hanya lewat di depannya saja, sengaja tidak singgah karena mau melanjutkan ke Legoland, dan kami harus kembali ke JB Sentral terminal bus dulu untuk ke Legoland, naik bus kembali ke JB Sentral terminal bus seharga 1 MYR dan hanya butuh beberapa menit saja. Dari terminal bus JB Sentral lanjut menaiki bus LM1 (Causeway Link Bus) menuju Legoland dengan ongkos 4.50 MYR, bus ini juga akan melewati jalur Sanrio Hello Kitty Town, salah satu tempat favorit bagi anak anak dan pecinta tokoh kartun Hello Kitty. Perjalanan menuju Legoland lumayan lama, jadi bisa dimanfaatkan untuk waktu beristirahat sejenak. 
www.enrymazni.com
Johor Bahru Zoo

LegoLand Johor Bahru

Legoland Malaysia merupakan salah satu tempat reakreasi keluarga yang menyajikan berbagai macam atraksi menarik bagi anak anak, theme park, water park dan masih banyak lagi. Untuk detail bisa langsung ke website nya ya. Untuk harga tiket masuk ke Legoland cukup mahal ya, hehehe :

One day tiket standar ( Theme Park, Water Park dan Combo )
1. Combo adult (Theme Park dan Water Park) 225 MYR.
2. Combo Child/Senior (Theme Park dan Water Park) 180 MYR.
3. Theme Park (Adult) 180 MYR.
4. Theme Park (Child/Senior) 145 MYR.
5. Water Park (Adult) 122 MYR.
6. Water Park (Child/Senior) 101 MYR.

Harga diatas berlaku untuk walk in dan online booking. Jadi siap siap untuk merogoh saku lebih dalam untuk menikmati liburan keluarga di Legoland.
www.enrymazni.com
Gerbang Utama LegoLand
Karena saya dan teman hanya ingin melihat lihat area Legoland, jadi kami memang tidak masuk ke dalamnya, hanya ber photo photo di gerbang utamanya saja. Kenapa tidak masuk? karena tiket nya mahallllll jadi ya tidak masuk lah. Area Legoland berada dekat dengan Mall of Medini, jadi akses menuju ke gerbang Legoland melewati mall tersebut, untuk frekuensi bus yang datang dan kembali ke JB sentral pun menurut saya sedikit lama, karena mungkin lokasinya jauh dari bandaraya Johor Bahru. Jadi, kalau sudah puas berkeliling dan bermain di Legoland dan mau kembali menuju JB sentral kita bisa menunggu bus di depan mall tersebut. Setelah menunggu bus lebih kurang setengah jam, akhirnya bus nya pun datang, niat awal seh mau kembali ke JB Sentral kemudian dari terminal JB Sentral kami melanjutkan dengan bus lain untuk kembali ke Woodlands Singapore, tapi gak jadi, saat bus datang saya pun bertanya ke pak supirnya apa bus ini menuju JB Sentral? ternyata kata si bapak nya ini bus menuju Singapore pemberhentian Jurong East, nah kebetulan sekali kan kami memang mau langsung balik Singapore dan bus nya memang menuju Singapore. Untuk ongkos bus dari Legoland menuju Jurong East Singapore seharga 5 MYR, dan masih tergolong murah loh untuk ongkos antar negara *Hehehe*.

Perjalan kami menuju Singapore sebenarnya tidak memakan waktu lama, tetapi yang buat lama adalah saat kita memasuki border atau imigrasi Singapore, kebetulan saat itu antrian orang yang mau masuk Singapore sangat panjang dan ramai, jadi sempat memakan waktu 1 jam an lebih. Dan akhirnya kami sampai di Jurong East jam 08.00 an padahal berangkat dari Legoland sekitar jam 16.00 an loohhhhh.

Malam ini kami akan tidur gratis ke suatu tempat, lumayan bisa menghemat pengeluaran untuk sewa hotel. Penasaran kan dimanakan kami akan nginap gratis malam ini? hehehe, saya akan melanjutkan ke postingan berikutnya tentang penginapan gratis kemudian kemana aja di Singapore besoknya? tunggu di cerita saya berikutnya tentang trip hemat low budget bagian ke dua.
Baca Juga : Traveling Hemat Low Budget Bagian Dua

Berikut rekapan pengeluaran kami hari ini :
1. Ongkos kapal Sindo Ferry IDR 250.000 PP/orang.
2. MRT Harbour Front ke Woodlands SGD 2.60 /orang.
3. Bus Woodlands ke JB Sentral SGD 1.60 /orang.
4. Makan siang di JB Sentral 2 orang MYR 19.70.
5. Bus JB Sentral ke Mesjid Negeri Sultan Abu Bakar MYR 2 PP /orang.
6. Bus JB Sentral ke Legoland MYR 4.50 /orang.
7. Bus Legoland ke Jurong East Singapore MYR 5 /orang.

Total :
1. IDR = 250.000
2. SGD = 8.40 (Kurs 9800)
3. MYR = 31.20 (Kurs 3300)

Keep Traveling Keep Writing

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni