Buku : Pedoman Kredensial Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit - Enry Mazni

Latest

Travelling Stories and Medical Record

8 Okt 2017

Buku : Pedoman Kredensial Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit

EnryMazniDotCom - Kredensial adalah proses formal yang digunakan untuk memverifikasi suatu keahlian/kompetensi, pengalaman dan profesionalisme seseorang dalam memberikan pelayanan yang spesifik, mengedepankan keselamatan pasien dan bermutu tinggi dalam keahliannya (Australia council in safety and quality in healthcare, 2014). Hal-hal yang perlu diverifikasi adalah sebagai berikut : Kualifikasi pendidikan, Izin, ditandai dengan registrasi profesi, Pengalaman, Pendidikan dan pelatihan berkelanjutan/Continous Professional Development, Mutu kualitas, Etika disiplin. Dengan memiliki ruang lingkup keahlian tertentu dalam suatu pelayanan kesehatan merupakan gambaran sejauh mana tingkat keahlian seseorang dalam memberikan pelayanan kesehatan tersebut. Upaya ini dilakukan untuk menjamin bahwa setiap pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berkompeten. 


Kredensial Terkait Akreditasi

Proses kredensial dan Privileging tenaga kesehatan merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada peningkatan pelayanan kesehatan rumah sakit terkait akreditasi KARS dan JCI. Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih efisien dengan biaya terjangkau, dengan memastikan bahwa pelayanan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional dan kompeten dengan senantiasa mengutamakan keselamatan pasien.

Tujuan Privileging adalah untuk memastikan bahwa tenaga kesehatan lain untuk rumah sakit telah dilakukan evaluasi terkait kewenangannya meliputi kompetensi, pengalaman dalam melakukan pelayanan kesehatan sesuai dengan profesinya, melalui dukungan dari pemilik institusi rumah sakit


Pedoman Kredensial Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit

Kredensial dan re-kredensial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam meningkatkan mutu kualitas tenaga kesehatan. Pelayanan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang kompeten demi mengutamakan keselamatan pasien. Kredensial tenaga kesehatan lain merupakan bagian dari penilaian akreditasi rumah sakit bertaraf nasional maupun international. Upaya optimalisasi penerapan kredensial bagi tenaga kesehatan lain dirumah sakit dengan melakukan prosedur kredensial tenaga kesehatan lain di rumah sakit, melakukan verifikasi sumber utama (verification primary source), pengkajian/evaluasi kompetensi bersama mitra bestari sebelum penetapan kewenangan kerja klinis sesuai standar prosedur dan keselamatan pasien dan penetapan kewenangan kerja klinis sesuai kaedah profesi dan prosedur serta kebijakan.

Hasil rekomendasi yang dihasilkan pada proses kredensial, evaluasi mutu dan pemantauan etika disiplin tenaga kesehatan lain merupakan bahan acuan pimpinan tertinggi untuk unit fasilitas pelayanan kesehatan dalam memberikan surat penugasan kerja klinis untuk setiap tenaga kesehatan yang direkomendasikan dan rencana tindak lanjut dalam penyelesaian masalah terkait tenaga kesehatan.

Buku Pedoman Kredensial Tenaga Kesehatan di RS
Buku Pedoman Kredensial Tenaga Kesehatan di RS
Mau pesan Buku Pedoman Kredensial Tenaga Kesehatan di RS? 

Silahkan whatsapp ke No 081267336267

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni
Jangan lupa Like dan Subscribe EnryMazniDotCom Fan Page dan Youtube Channels at BCC TRAVELLERS