Travelling Stories and Medical Record

Home Top Ad

ENRYMAZNIDOTCOM - Helooo sahabat pejalan, sesuai dengan janji saya sebelumnya pada postingan Jalan Darat 4 Negara, saya akan membagikan ri...

Jalan Darat 28 Hari 4 Negara, Ini Biaya Transportasi Dan Hotelnya (Bag-1)

ENRYMAZNIDOTCOM - Helooo sahabat pejalan, sesuai dengan janji saya sebelumnya pada postingan Jalan Darat 4 Negara, saya akan membagikan rincian mengenai berapa biaya / budget transportasi yang saya habiskan selama perjalanan melalui jalan darat dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Laos dan Vietnam. Dengan durasi perjalanan +- 28 hari di 4 negara dan beberapa kota di S.E.A country. Semua tiket transportasi baik bus, kereta api dan lainnya, saya beli melalui beberapa website online yang pastinya sudah terpercaya dalam hal transaksi. Dan yang paling penting adalah keamanan saat bertransaksi menggunakan kartu kredit, that the main point.
Jalan Darat 28 Hari 4 Negara, Ini Biaya Transportasinya
Jalan Darat 28 Hari 4 Negara, Ini Biaya Transportasinya
Saat ini saya bermukim di sebuah perumahan di kota Pekanbaru Riau, dan akses yang terdekat untuk menuju negara tetangga Malaysia adalah menggunakan kapal ferry dari Dumai ke Melaka, selain dari jalur laut, dari kota Pekanbaru juga mempunyai direct flight ke Kuala Lumpur dengan pesawat Airasia, jadi ada 2 pilihan atau opsi bagi warga Pekanbaru untuk berwisata ke negara Malaysia.


Nah, karena judul trip ini ’28 Days trip by Land’ saya memilih kota Dumai sebagai jalur masuk ke Melaka dengan menggunakan transportasi laut alias kapal ferry. Dari Pekanbaru saya menggunakan Mini Van atau biasanya orang Pekanbaru menyebutnya dengan ‘trapel’ menuju kota Dumai. Dari Melaka, perjalanan darat menuju kota kota lainnya yang berada di Thailand, Laos dan Vietnam dimulai.

Sebelum saya membuat rincian biaya transportasi, ada baiknya saya akan membagikan dulu rute perjalanan saya antar kota dan negara. Perjalanan saya mulai dari (Indonesia) kota Pekanbaru, Kota Dumai, (Malaysia) Melaka, Penang, (Thailand) Hat Yai, Surat thani, Ko Samui (Pulau), Ko Phanghan (Pulau), Bangkok, Pattaya, Khon Kaen, Nong khai, (Laos) Vientiane, (Vietnam) Hanoi, (Malaysia) Kuala Lumpur dan terakhir kembali ke Pekanbaru Riau.

Berikut rincian biaya transportasi per orang, per sekali jalan dan akomodasi saya +- 28 hari dalam mencari ‘seseorang’ ehhhh, mencari kebahagian dan kepuasan hati dengan Motto “Jelajahi Dunia, Kenalkan Pada Tetangga”.

Transportasi :

Mini Van / Travel dari Pekanbaru ke Dumai.

harga tiket dari Pekanbaru ke Dumai 120.000 IDR per orang dengan lama perjalanan lebih kurang 5-6 jam.

Kapal Ferry dari Dumai ke Melaka.

Untuk tiket kapal ferry dari Dumai ke Melaka 320.000 IDR per orang per sekali jalan, dan lama perjalanan lebih kurang 2-3 Jam, melewati selat Melaka Malaysia. Tiket minivan dan ferry saya beli langsung ke konter masing masing agen dan hanya bisa dibeli secara langsung alias offline.

Bus dari Melaka ke Penang (Night Bus).

Melaka Sentral Bus ke Sungai Nibong Bus Terminal Penang harga tiketnya 58,8 MYR / 209.000 IDR dan nama busnya KKKL, durasi perjalanan +- 7 Jam. Beli tiket night bus atau bus malam saja, selain bisa menghemat biaya hotel kita juga bisa beristirahat dan akan kembali segar di keesokan harinya.
Hat Yai Junction Station
Hat Yai Junction Station

Bus dari Penang ke Hat Yai.

Tiket bus Penang ke Hat Yai seharga 35 MYR / 124.500 IDR, dan nama busnya Billion Star, saya naik busnya langsung ke kantor mereka dekat di terminal bus dalam kota Penang Komtar. Lama perjalanan +- 4 Jam.

Kereta Api dari Hat Yai ke Surat Thani (Night Train).

Berangkat dari stasiun Hat Yai Junction ke Stasiun Surat Thani menggunakan kereta api kelas 3 / 3rd class fan, karena ini yang paling murah dengan fasilitas kipas angin, jendela portable haha alias bisa di buka tutup, kursi lumayan empuk dan satu baris isi 2 orang. Bukan private seat kayak di pesawat ya susunan kursinya. Dengan harga tiket 151,67 THB / 68.900 IDR dan lama perjalanan +- 6 Jam.


Mini Bus, Kapal Ferry dari Surrat Thani ke Ko Samui.

Dari Surat Thani Stasiun saya harus naik bus/minivan menuju pelabuhan atau pier namanya Don Sak, lama perjalanan +- 1,5 jam menggunakan Mini Bus (Bus Phantip 1970), harga tiket mini van nya 84.500 IDR per orang. Kemudian saya lanjut naik ferry menuju Ko Samui dari Don Sak Pier ke Lipa Noi Ko Samui Pier dengan harga tiketnya 75.000 IDR per orang dan lama perjalanan +- 1,5 jam. For You Info atau bahasa jagad rayanya FYI, kapal ferry yang saya tumpangi adalah kapal yang juga mengangkut kendaraan roda 4 dan roda 2, dimana terdiri dari beberapa tingkat dan tingkat atasnya diperuntukkan bagi penumpang. Dan ini lebih nyaman dibandingkan kapal ferry yang pernah saya naiki dari Jepara menuju Karimun Jawa. Setelah sampai di Ko Samui, cara mencapai hotel dan pusat keramaian di Ko Samui, saya harus naik Mini Van lagi yang lumayan mahal dan harga tiket per orangnya 200 THB, selain mini van kita juga bisa menumpangi Tuk Tuk.

Mini Van, Kapal Ferry dari Ko Samui ke Ko Pha Nghan.

Dari hotel saya harus kembali lagi menuju Lipa Noi Ko Samui Pier untuk lanjut ke Ko Pha Nghan menggunakan Taxi dan mintak ke drivernya tidak menggunakan argo alias langsung nego harga saja, Taxi dari hotel menuju pelabuhan 550 THB / 3 orang (share cost), jadi harga per orangnya +- 183 THB. Kemudian tiket ferry dari Lipa Noi Ko Samui ke Thong Sala Ko Pha Nghan Pier +- 70.000 IDR per orang dengan jarak tempuh +- 1,5 Jam. Sebenarnya antara Ko Samui dan Ko Pha Nghan mempunyai pelabuhan yang lebih dekat lagi dari Ko Samui, silahkan lihat google map karena saya juga lupa nama pelabuhannya dan antara pelabuhan ini jarak tempuhnya lebih singkat bila dibandingkan melalui Lipa Noi Ko Samui Pier. Ko Samui dan Ko Pha Nghan merupakan pulau yang terpisah atau berdiri sendiri.
3rd class train with fan
3rd class train with fan

Tuk Tuk, Kapal Ferry, Bus dari Ko Pha Nghan ke Surat Thani Stasiun.

Untuk menuju kembali ke Thong Sala Ko Pha Nghan Pier saya menggunakan Tuk Tuk seharga 100 THB. Kemudian baru dilanjutkan menggunakan ferry dan bus menuju stasiun Surat Thani. Nah, di tiket yang saya beli ini harganya sedikit lebih mahal, karena tiket kapal dari Thong Sala Ko Pha Nghan ke Don Sak Pier dan tiket bus dari Don Sak Pier ke stasiun Surat Thani itu saya beli sekaligus alias harga tiketnya sudah termasuk tiket kapal ferry dan bus, per orang di kenakan 192.000 IDR.


Kereta Api dari Surat Thani ke Bangkok (Night Train).

Lagi lagi saya wajib memilih harga tiket kereta api menuju Bangkok yang termurah yaitu 3rd class with fan / ekonomi kelas 3 pakai kipas angin dengan portable windows alias jendela bisa di buka tutup. Harga tiketnya 125.000 IDR per orang berangkat dari stasiun Surat Thani menuju stasiun Hua Lamphong Bangkok dengan durasi perjalanan +- 11 jam. Nama kereta apinya Rapid Train No 172. Untuk menghemat penginapan, saya berangkat ke Bangkok di malam hari dan sampai Bangkoknya keesokan harinya di jam 09.00 an.



'Keep Traveling, Keep Writing'

0 comment: