Travelling Stories and Medical Record

Home Top Ad

ENRYMAZNIDOT - Berikut postingan lanjutan saya mengenai biaya transportasi dan akomodasi saya selama 28 hari mengekplore 4 negara asia ten...

Jalan Darat 28 Hari 4 Negara, Ini Biaya Transportasi Dan Hotelnya (Bag-2)

ENRYMAZNIDOT - Berikut postingan lanjutan saya mengenai biaya transportasi dan akomodasi saya selama 28 hari mengekplore 4 negara asia tengggara, Malaysia, Thailand, Laos dan Vietnam. dengan menggunakan semua jenis transportasi laut, darat dan udara. Semoga tulisan saya ini bermanfaat atau bisa jadi referensi bagi teman teman lainnya.

Mini Van dari Bangkok ke Pattaya ( two way ticket ).

Dari stasiun kereta api menuju terminal bus (Mo Chit Bus Terminal) saya menggunakan Grab Car 175 THB + bayar TOL 50 THB totalnya 225 THB / 3 orang (shared cost), jadi ongkos per orangnya 75 THB. Kemudian mini van dari Bangkok ke Pattaya 89.000 IDR per orang dengan lama tempuh +- 3 jam. Dan untuk harga tiket balik dari Pattaya ke Bangkok 89.000 IDR per orang dengan mini van yang sama dan durasi perjalanan pun lebih kurang sama.


Kereta Api dari Bangkok ke Khon Kaen (Night Train).

Kenapa ke Khon Kaen? Saya mau jumpai teman saya yang tinggal di Khon Kaen dan dia orang Thailand, udah gitu aja hahaha. Kebetulan kota ini merupakan salah satu jalur darat menuju Vientiane Laos, dan saya istirahat satu malam di Khon Kaen sebelum besok paginya lanjut menuju Laos. Nah untuk harga tiketnya per orang 109.000 IDR dan lama perjalanan +- 8 – 9 jam. Harga tiket segitu untuk kereta api ekonomi kelas 3 dengan kipas angin dan jendela yang bisa buka tutup, kalau bahasa kerennya 3rd class train economic with portable windows.

Kereta Api dari Khon Kaen ke Nong Khai (Thailand Laos Border).

Kereta api dari Khon Kaen menuju perbatasan kedua negara ini yaitu di Nong Khai adalah 58.000 THB per orang, dan jarak tempuh +- 3 jam dan tipe kelas gerbong kereta apinya tidak perlu saya jelaskan lagi ya, hahaha dan pastinya teman teman sudah tahu lah.

Bus dari Vientiane Laos ke Hanoi Vietnam (Semi Sleeper Bus).

Karena perjalanannya sangattttttttttttttttt lama dan panjang, saya memilih bus tipe sleeper alias tidak pakai kursi melainkan merupakan semi sleeper seat. Dan perjalanan antar kota antar negara ini ditempuh selama +- 24 jam, berangkat jam 17.30 dari Vientiane dan sampai di Hanoi nya keesokan sore harinya di jam yang sama. Bus yang saya tumpangi tidak memiliki toilet buat pipis apalagi poops, dan tidak dapat makan maupun cemilan. Bus berangkat dari Vientiane Southern Bus Terminal menuju Hanoi Nuoc Ngam Bus Terminal dan harga tiket per orangnya 475.000 IDR, dan nama busnya HTX Van Tai 277.
Bus HTX Van Tai 277, Vientiane Laos ke Hanoi Vietnam
Bus HTX Van Tai 277, Vientiane Laos ke Hanoi Vietnam

Airasia dari Hanoi ke Kuala Lumpur (KLIA2).

Perjalanan saya berakhir di Hanoi dan pulangnya memilih naik pesawat saja, karena lebih hemat waktu dan sudah mulai lelah. Tiket pesawat Airasia dari Hanoi ke Kuala Lumpur 1.100.000 IDR di tambah beli bagasi 20 kg +- 400.000 IDR / 2 orang (share cost), total tiket pesawat per orang dengan share cost bagasi 1.300.000 IDR.
Tiket Airasia dari Kuala Lumpur (KLIA2) ke Pekanbaru per orangnya 490.000 IDR ditambah beli bagasi 25 kg +- 200.000 IDR / 2 orang (share cost), total harga tiket dengan share cost bagasi cek in adalah 590.00 / orang.

Untuk total biaya transportasi mulai Mini Van, Kapal Ferry, Bus, Kereta Api dan Pesawat secara garis besarnya adalah +- 4.100.000 IDR, dengan total perjalanan selama 28 hari menempuh jalur darat ke 4 negara southeast asia Malaysia, Thailand, Laos dan Vietnam terus kembali lagi ke Indonesia. Total biaya tersebut belum termasuk biaya penginapan / akomodasi di beberapa kota.

Akomodasi / Penginapan

Penang – Malaysia.

My Hostel Muntri, private room isi 4 bed, AC dan shared bathroom. Untuk 3 hari 2 malam totalnya 576.000 IDR / 3 orang share cost, biaya penginapan per orang adalah 192.000 IDR untuk 3 hari 2 malam. Biaya tersebut belum termasuk pajak hotel sebesar 12 MYR.

Ko Samui – Thailand.

Samui Hostel, 3 single bed in private room, bathroom, AC. 2 hari 1 malam totalnya 285.000 IDR / 3 orang share cost, per orangnya 95.000 IDR untuk 2 hari 1 malam.
Ko Pha Nghan – Thailand.

Ko Pha Nghan - Thailand.

S.K Home Guesthouse, 1 queen bed 1 single bed private room and bathroom di dalam, AC. Untuk 3 hari 2 malam total biaya kamar 1.592.000 IDR / 3 orang share cost, jadi harga per orang untuk 3 hari 2 malamnya 530.600 IDR. harganya sedikit mahal dibandingkan dengan hotel hotel sebelumnya, karena banyak turis turis lainnya berbondong bondong ke Ko Pha Nghan untuk ikut acara full moon party. FYI, di Ko Pha Nghan di setiap bulan purnama mereka mengadakan party di pantai pada malam hari, tepatnya di Haadrin Beach.

Pattaya – Thailand.

Di Pattaya saya menginap di B2 Hotel South Pattaya selama 3 hari 2 malam, 1 queen bed 1 single bed, kamar mandi di dalam, AC, TV dan ada fasilitas kolam renang. Total harganya 1.042.500 IDR / 3 orang share cost, dan harga per orangnya 347.500 IDR selama 3 hari 2 malam. Ini adalah hotel termegah dan terbagus selama perjalanan 28 hari saya.
B2 Hotel South Pattaya Room
B2 Hotel South Pattaya Room

Bangkok – Thailand.

Di hari pertama saya di Bangkok tidak menginap di Hostel atau Hostel, kebetulan dihari pertama saya dan 2 orang travelmate dapat host dari Couchsurfing untuk 1 malam. Jadi saya dan travelmate bisa menghemat biaya penginapan untuk 1 malam. Hari selanjutnya saya pindah ke Urban Hostel Bangkok, 4 hari 3 malam Dormitory room 14 bed, AC, shared bathrom. Total biayanya 1.608.500 / 3 orang share cost. Jadi, harga untuk per orang menginap selama 4 hari 3 malam 536.100. Ini hostel sangat saya rekomendasikan karena bersih, tidak bau, fasilitas ok, resepsionis ramah dan kadang kadang dapat free snacks di pagi hari. Untuk lokasi sangat strategis dan tidak berisik.

Vientiane – Laos.

Saya menginap di Vientiane SP Hotel, 2 hari 1 malam, private room, 1 queen bed 1 single bed dan kamar mandi di dalam, AC, TV, sayang hotelnya tidak ada fasilitas lift jadi para tamu harus turun naik tangga menuju kamar dan hotel terdiri dari beberapa lantai. Harga kamar per malamnya 511.600 IDR / 3 orang share cost, jadi harga per orangnya adalah 170.500 IDR dan sudah termasuk sarapan pagi.

Hanoi – Vietnam.

Ha Noi Lantern Dorm, bunked bed, AC, lokasi strategis di area Hanoi Old Quarter. Tarif untuk 4 hari 3 malam 1.056.000 / 4 orang share cost (selama di Hanoi anggota trip bertambah 1 orang), jadi tarif bunked bed nya per orang selama 4 hari 3 malam 264.000 IDR. Penginapannya terdiri dari 4 lantai, lt.1 restoran, lt.2 Bar, lt.3 penginapan dan lt.4 tidak tahu isinya apa.

Total semua biaya untuk transportasi dan akomodasi saya untuk perjalanan selama 28 hari :
Transportasi = 4.101.000 IDR
Akomodasi / Penginapan = 2.136.000 IDR
Total keseluruhannya = +- 6.237.800 IDR

Perhatian, biaya tersebut belum termasuk dengan biaya hidup harian, cemilan, tiket masuk ke objek wisata, ikut paket tour Ha Long Bay Vietnam, tiket transportasi bus dalam kota, belanja souvenir dan lain lainnya. Additional cost ini tergantung dari masing masing individu yang mengatur.

'Keep Travelling, Keep Writing'

2 komentar:

  1. menarik, terinspirasi dr tulisannya, makasih informasinya, kak dr Vientiane ke Hanoi pesan busnya online atau beli langsung diterminal? kalau online dimana? makasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belinya online semua tiketnya, bisa beli di 12goasia webnya lengkap itu

      Hapus