Search Now

Memuat...

Travelling Bersama Itu Menyenangkan

18.23 EnryMazniDotCom 0 Comments

Travelling Bersama Itu Menyenangkan #2

Day Two 23 Agustus 2013
Phuket... Phuket... oh Phuket...
Selamat pagi Thailand, selamat pagi Phuket dan selamat pagi Patong.... mungkin hanya dua kata itu yang harus saya ucapkan untuk memulai perjalanan kami di Phuket hari ini, Siapa yang tidak mengenal phuket, salah satu kota di thailand yang menjadi tempat tujuan wisata dari berbagai negara, selain Krabi, Bangkok, Pattaya dan kota kota lainnya di Thailand. Phuket mungkin lebih dikenal dengan wisata pantai dan gemerlap kehidupan malam nya yang berada di sepanjang area Patong Beach, dimana area ini merupakan pusat aktifitas bagi turis turis yang ingin menikmati pantai dan wisata kehidupan malam nya,  selain pantai dan kehidupan malam mungkin kita juga bisa menikmati wisata lainnya seperti mengunjungi Wat nya (Temple/kuil) yang berada di Phuket. Pagi yang cerah sekali saat saya melihat keluar dari jendela kamar hotel, sebelum beranjak ke kamar mandi buat prepare perjalanan hari ini, hah masih bingung mau kemana? City Tour or Island Tour?.
Phi Phi Island
Island Tour adalah pilihan teman saya #Naim dan #Fifin Bra, sedangkan saya bersama #Prayogi lebih memilih City Tour, alasan saya tidak ikut bersama mereka untuk island tour karena tahun sebelumnya sudah pernah ikut island tour waktu kami berada di Krabi tahun lalu, jadi tahun ini lebih memilih ke City Tour saja, untuk island tour berbagai macam pilihan paket tersedia dari Phi Phi Island, James Bond island dan lain lain, dan kita tidak perlu jauh jauh untuk membeli paket nya, biasanya di setiap hotel hotel tempat kita menginap sudah menyediakan paket paket nya karena mereka sudah bekerja sama dengan EO nya, jadi kita cukup saja datangi resepsionis hotel tempat kita menginap.
Untuk harga nya bervariasi tergantung paket tour yang kita ambil, ada One Day Tour atau Half Day Tour dengan harga berkisaran 1200THB sd 2000THB, nah kelebihan dari paket tour ini kita tidak perlu khawatir bagaimana cara menuju ke pelabuhan alias meeting point nya, karena setiap peserta akan di jemput oleh bus yang akan membawa kita ke area meeting poin nya, dan setelah selesai tour kita juga di antar balik lagi ke hotel, biasanya kita sudah harus stand by sebelum jam 08.00 dan di antar balik ke hotel sekitar jam 17.00 an, Ada pengalaman berbeda kalau kita mengikuti Island tour, kenapa? karena kita akan banyak bertemu dengan peserta peserta dari berbagai negara yang akan berada satu rombongan dengan kita, untuk transportasi biasanya mereka menggunakan ferry atau speed boat, sekali lagi tergantung paket mana yang mau kita pilih.
Tour Phi Phi Island with this Ferry
Untuk Fasilitas selama kita tour harga paket tadi sudah termasuk untuk makan siang dan peminjaman alat alat snorkling, nah nanti kita akan berhenti di area terumbu karang dan kita diberi kesempatan untuk melakukan snorkling dan melihat keindahan bawah laut, wow seruuuuuuu, biasanya waktu yang diberi kan tidak terlalu lama sekitar 30 menit an, jadi bagi kita yang jarang or tidak pernah snorkling manfaatkan lah moment ini se manfaat manfaatnya (bahasa yang aneh). Pengalaman saya sebelum nya waktu island tour dari Krabi, kami menggunakan speed boat lebih menantang saat laju speed boat membelah ombak ombak yang berkecamuk di lautan (bingung). jadi setelah kami snorkling kami di suguhkan buah buahan untuk rehat sejenak di atas jernih nya air dan indah nya terumbu karang di lautan Thailand.

Rombongan Phi Phi Island Tour #naim dan #Fifin bra
Seru nya pengalaman travelling di phuket itu semua tergantung kita cara menikmati nya dan memanfaatkan waktu yang singkat buat bisa berkeliling tempat tempat wisatannya. #Fifin Bra dan #Naim.
City Tour...........
Travelling keliling phuket dengan menggunakan motorcycle alias motor matic, kenapa motor matic? karena di sepanjang patong area di ruko ruko tempat penyewaan motor yang tersedia hanya motor matic, nah apa bisa buat pilihan untuk rental motor selain matic? tidak kannnnnn (Ngotot)............. Seru? Pastinyaaaaaaa dunk... karena kami bebas mau kemana dan berhenti dimana saja, pastinya jangan lupa siapkan map phuketnya dan jurus "bertanya" kepada siapa saja saat kita sudah merasa lost dan tak tau arah jalan pulang. asal jangan sampai terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, hahaha. tak perlu menunggu lama saya pun langsung ke tempat rental motor yang berada di sebelah hotel tempat saya menginap tadi, nah untuk rental motor nya per satu hari sekitar 250THB dengan jaminan passport kita di tahan sama yang punya motor, di tempat penyewaan motor juga menyediakan bensin dengan harga 40THB / Botol ( Botol Kecap) jadi sekalian saja saya ngisi nya di sana sebelum berangkat. selama city tour kami mengahbiskan sekitar 3 botol bensin. lumayan bisa keliling keliling area phuket dengan modal 120THB /  3 botol. 
Bensin buat si Matic
Jangan lupa surat surat berkendaraan di lengkapi, untuk SIM indonesia berlaku kok bagi turis di sana, karena menurut info yang saya dapat Thailand memberlakukan SIM asal negara masing masing turis untuk berkendaraan selama di thailand, (Info from om Google). jadi jangan khawatir kalo di stop ama pak polisi, tapi sebaiknya berkendaraan lah sesuai peraturan yang berlaku di negara tersebut, dan patuhi rambu rambu nya, jika kamu tidak mau berurusan dengan polisi setempat. 
Tempat Penyewaan Motor di area Patong
City Tour begin.... and Map Open
1st destination, menelusuri sepanjang jalan patong beach (pinggiran pantai) yang ternyata satu garis pantai dengan  Karon Beach dan Kata Beach , seperti pantai pantai lainnya, karon beach ini di manfaatkan oleh turis lainnya untuk berjemur dan berselancar, pemandangan yang cukup "menantang" selama disini, hahaha kami pun berhenti sejenak untuk menikmati berbagai macam pemandangan. (sebut saja area penjemuran ikan asin). selain Karon beach di sepanjang garis pantai kita juga akan melewati Karon beach masih bernuasa tempat "penjemuran ikan asin". dan jangan lupa untuk mengabadikan moment moment selama di sini "narsis putu putu" dan bermain air, sebenarnya saya sudah berniat mau berenang tapi karena melihat ombak nya yang lumayan besar niat pun di urungkan. 
Karon Beach
Bagi yang mau berselancar selain di laut, di sini juga menyediakan wahana berselancar loh, lumayan tu untuk belajar belajar nama tempatnya "Surf House Phuket". Setelah merasa cukup untuk bersantai di area pantai kami pun melanjutkan ke tujuan berikut nya. "Big Budha 0 Phuket Thailand" Temple Big Budha.

Balik ke parkiran, idupin mesin motor, langsung tancap gas ke tujuan berikutnya, sungguh pengalaman tak terlupakan bisa berkendaraan di negeri orang, hehehe pedoman kami menuju ke Big Budha selain lihat map, kami juga memanfaatkan penunjuk arah yang berada di sepanjang jalan nya, Big Budha berada di atas perbukitan, perjalanan menuju ke sana kami melewati Promthep cape (Sunset View Point) sayang kami tidak bisa singgah ke sana, karena jam masih menunjukan sekitar pukul 11 an siang, apa bisa lihat sunset di jam segitu? hahahhaha. 

Kami pun langsung langsung menuju ke Big Budha dengan pendakian yang lumayan kemiringannya, syukur lah motor kami tidak bermasalah selama penanjakan menuju puncak, nah selama perjalanan ke atas kami juga menemui tempat tempat wisata lainnya seperti Elephant Trekking, Phuket Bird Paradise, dan banyak lagi, untuk phuket bird paradise adalah tempat pertunjukan akrobat burung burung yang sudah terlatih, selain melihat show kita juga di beri kesempatan buat berpoto bareng dengan burung burung yang ada di sana, bisa di letakkan di tangan, pundak bahkan juga kepala kita,  jadi kita bisa narsis bareng dengan para burung burung tadi, untuk tikek masuk ke Bird show sekitar 500 THB.

Big Budha Area
Akhirnya kami pun sampai ke puncak perbukitan area Big Budha, langsung menuju parkiran motor and temple tour begin... di area ini terdapat sebuah patung budha besar berwarna putih yang menghadap ke area phuket town, area wisata ini tidak berbayar alias free, jadi kita bisa menikmati setiap sudut area nya, nah untuk pakaian hendaklah menggunakan pakaian yang tertutup, karena kita dilarang masuk tapi jangan khawatir di gerbang masuk utama nya ada penjaga yang sudah menyediakan kain kain panjang yang bisa kita gunakan gratis sebagai penutup. di dalam temple ini bagi pengunjung yang mau di doakan oleh biksu juga bisa, karena mereka menyediakan satu tempat buat para pengunjung untuk di doakan, kemudian kita akan di gelang oleh biksu setelah selesai di doakan, untuk tarif nya tidak di tentukan jadi cukup sediakan uang THB secukup dan semampu kita, 
Pendoaan Oleh Biksu
Setelah puas berkeliling di area big budha kami pun melanjutkan perjalanan, upppsss ada yang jual ice cream coconut, melihat banyak yang antri, why not kita tidak mencobanya, hehe sembari istirahat dan menghilangkan haus. untuk taste nya lumayan enak lah karena ice cream nya ada campuran kacang juga loh. mmmm. Setelah menikmati 3 cup ice cream nya, loh yang pergi berdua kok pesannya 3? hayoooo ketauan ne ada yang super duper haussss #prayogi.

Big Budha
Waktu pun sudah menunjukkan makan siang, hahaha ne wajib ya jangan sampai lupa.. kami pun turun menuju ke area phuket town, tapi tidak singgah ya, buka map lagi neh, nyari jalan menuju area patong, sembari sambil nyari lokasi mesjid. (ciecie syariah banget neh) kenapa mencari area mesjid? karena menurut info di sekitaran sana banyak berpunghuni masyarakat muslim dan pasti nya makanannya halal dunk, jangan seperti pengalaman sebelumnya di bangkok karena tidak tau area muslim jadi makan siang di resto with pork pun tidak apa apa asal perut ini kenyang, eittt walaupun makan di resto with pork tapi pesanannya tidak pakai pork ya, mudah mudahan tuhan memberkahi makanan kami dikarenakan keadaan saat itu yang susah mencari area makanan halal dan perut pun belum terisi makanan dari malam sampai siang nya, #memory bangkok. Setelah dapat dimana area mesjid di phuket kami langsung menuju ke sana, dan ternyata benar banyak orang orang muslim ber jualan dan menempelkan label halal di setiap resto mereka, jadi kami tidak ragu untuk memesan dan makan di resto mereka, menu favorit selama di thailand adalah "Tom Yam" jadi hari hari makan Tom Yam, Tom yam dan Tom yam, alasannya? karena Tom Yam thailand memang enak banget.. disini salah satu enaknya travelling ke Thailand, murah banget makannya 2 mangkok Tom Yam, 2 gelas teh es, 4 piring nasi cukup bayar 270 THB. 

Tom Yam one of fave food
Setelah beristirahat dan perut pun sudah terisi kenyang, kami pun kembali membuka map dan sembari bertanya sama pelayan resto, nanya jalan menuju area patong. jadi sering sering lah bertanya selama melakukan travelling, supaya kita bisa menghemat waktu dan tentunya kita tidak tersesat. jangan malu atau takut buat bertanya kepada penduduk sekitar, karena selama saya melakukan travelling dan bertanya tanya, mereka pasti akan menunjukkan dan yang pasti mereka respon baik kok terhadap turis turis.

Perjalanan menuju area patong atau kembali ke hotel pun berlanjut, dengan mengendarai motor pelan pelan sambil menikmati bagunan bangunan dan lain lainnya sepanjang jalan. walaupun agak kebingungan selama berkendaraan tapi akhir nya kami sampai dengan selamat di hotel di sore hari. Motor pun kami parkir didepan hotel tapi belum di balikin ke penyewanya, saya dan teman pun beristirahat sejenak sambil menunggu teman yang belum pulang pulang dari tour island tadi, hah waktu nya tidurrrrrr sore menjelang malam untuk lanjut beraktifitas di area patong dan melihat kehidupan malam di area Patong. 

Malam.... Malam...... Malam... Jam 19.00 an waktu thailand, yang mana tidak ada perbedaan waktu dengan indonesia. Meeting Point di Lobby Hotel, asyik menikmati malam berempat lagi, setelah satu hari berpisah dengan trip masing masing, sebelum ke area terlarang (bagi 18 tahun ke bawah ya) kami memutuskan mencari makan ke tempat makan saya tadi siang, yaitu area mesjid, kenapa saya memanggil nya area mesjid karena tidak tahu nama daerah  nya apa. hah kesian. dengan menyewa tuktuk (kendaraan bermotor seperti bemo yang di gunakan oleh masyarakat phuket) dengan harga 200 THB. Makan malam kali ini masih bermenu kan Tom Yam, setelah selesai makan kami pun lanjut balik ke hotel dengan menyewa tuktuk lagi masih dengan harga 200 THB untuk 1 tuktuk, jadi biaya nya bisa sharing cost. Setelah sampai ke patong kami berkeliling sejenak singgah ke toko toko souvenir buat belanja ole ole, setelah dapat yang di cari kami berjalan balik ke hotel buat narok barang belanjaan dan kembali lagi ke area patong, Untuk melihat lihat dan menikmati suasana hiruk pikuk musik dan show show di sepanjang area ini, pemandangan yang hanya bisa di nikmati oleh 18 tahun ke atas, hehehe. jalan ini penuh dengan manusia manusia lalu lalang dan bolak balik sudah seperti setrikaan, dari berbagai macam kostum yang di gunakan yang pasti nya sexy sexy yeee.

Main Gate Patong Area
Setelah melewati area patong kami melanjutkan ke pantai patong nya "Patong Beach", suasana pantai nya lumayan ramai orang orang yang menghabiskan malam untuk menikmati hembusan angin malam di patong beach. setelah puas berkeliling keliling area patong dan menikmati suasana pantai, kami pun kembali ke hotel buat istirahat untuk take of besok pagi ke singapore by Tige Air. Sebelum kembali ke kamar saya pun meminta kan ke resepsionis hotel untuk booking taxi buat besok pagi, ongkos taxi dari hotel tempat kami menginap menuju bandara phuket 800 THB.

Pengalaman yang tidak terlupakan selama di phuket adalah malam menjelang keberangkatan ke singapore, karena passport saya masih di pegang sama tempat saya menyewa motor tadi, hah ayooo siapa yang gak panik kalau kejadian seerti itu, jadi setelah pulang dari patong beach tengah malam, saya pun langsung mengantar motor tadi buat di kembaliin, tapi apa yang terjadi si penyewa tadi toko nya sudah tutup, saya langsung minta tolong kepada resepsionis hotel untuk menelpon si penyewa motor tadi, saya mau ambil passport dan kembaliin motor nya, karena saya besok harus terbang lagi ke singapore sementara passport masih di tangannya, setelah di telpon sama orang hotel, dia bilang ambil nya besok pagi saja saat mereka buka toko, kemudian saya pun nanya kembali jam berapa buka toko nya, karena saya jam 07.00 pagi sudah harus ke bandara. Punya toko bilang kami buka jam 09.00, OMG panik... panik... panik... bakalan tergadai lah hamba di phuket ne. si penyewa motor tadi tidak bisa kembali ke area patong karena rumah nya jauh dari tempat kami menginap yaitu area Phuket town, jadi solusinya kami disuruh jemput besok pagi ke rumah nya di area phuket town dengan menggunakan taxi yang sudah kami booking untuk jam 07.00, dikarenakan hal ini kami pun mintak sama pihak taxi nya untuk lebih cepat datang menjemput besok pagi nya yang seharus nya jam 07.00 menjadi jam 06.00, karena kami harus ke rumah si penyewa motor tadi buat ambil passport saya sekalian menyerahkan kunci motor nya. Untuk motornya sudah saya parkirkan di depan tokonya saat malam itu juga, alhamdulillah semuanya berjalan jalan lancar dan kami pun bisa tepat waktu sampai ke bandara, amin. tx God... 

Dari pengalaman lah saya bisa belajar, dari pengalaman lah saya bisa koreksi diri, supaya ke depannya lebih berhati hati dalam travelling dan pastinya kejadian seperti ini tidak terulang lagi, karena kita berada di negara orang bukan berada di indonesia.
Serunya Travelling Bersama

 #Naim #Fifin bra #Paryogi #Enry Mazni

Cerita Lainnya #1 #2 #3 #4 #5

BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni