Search Now

The Lodge Maribaya : Wisata Alam Bandung

16.01 Enry Maznidotcom 0 Comments

EnryMazniDotCom - Mendadak dangdut! hahaha, mungkin kalian pernah mendengar sepenggal kata kata itu di sebuah film, film yang dibintangi aktris Indonesia Titi Kamal ini sempat menjadi hit dimasa itu,Titi Kamal yang berperan menjadi artis dangdut. Nah, kali ini saya bersama dua orang teman mau 'mendadak ngetrip'. Perjalanan yang tidak pernah terencana sebelumnya tiba tiba terjadi secara dadakan, mmmmm bisa ya? ya bisa dong walaupun trip kali ini tanpa ada persiapan apapun dan semuanya terjadi secara tiba-tiba, dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Jadi, saya memanggil trip ini dengan 'Sudden Trip'. Short Trip ini kami sejenak melepir ke kota Bandung, dengan tujuan The Lodge Maribaya. Sebuah adventure park yang lagi hit di kota Bandung.
The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya
Perjalanan menuju Bandung kami mulai dari Jakarta, setelah selesai menghadiri undangan pernikahan adik nya salah satu teman kami tepatnya malam minggu di daerah Cipulir Jakarta Selatan. Selepas magrib kamipun sampai dilokasi pesta, dan langsung menyantap menu makan malam sambil ngobrol ngobrol ngalur ngidul, dan tiba tiba kepikiran ide jalan jalan ke Bandung dan berangkatnya malam ini terus pulang ke Jakartanya besok malam. Mmmmmmm, gayung pun bersambut, khirnya kami memutuskan untuk berangkat ke Bandung malam ini juga, meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 20.00 lewat.


Rencana trip dadakan malam ini pun langsung kami eksekusi menggunakan bus Primajasa berangkat dari terminal Lebak Bulus. Akhirnya sampai di terminal sudah pukul 22.00 lewat, agak hopeless seh sebenarnya apakah masih ada bus malam ini ke Bandung. Setelah menunggu lebih kurang 15 menit akhirnya dapat bus Primajasa tujuan Garut via Cileunyi, dan kami memutuskan menggunakan bus terakhir ini dan turun di Cileunyi. Ongkos dari Jakarta ke Cileunyi sebesar Rp 40.000/orang untuk kelas ekonomi AC. Perjalanan memakan waktu lebih kurang 3 jam ini pun kami tempuh sambil istirahat tidur, malam ini kondisi bus terlihat sepi penumpang, jadi kami bisa lebih leluasa untuk memilih barisan barisan kursi yang kosong untuk tidur selonjoran.

Jam sudah menunjukkan pukul 01.00 lebih, terdengar samar sama suara kernek bus meneriakkan 'Cileunyi' berkali kali, tandanya kami sudah tiba di tujuan. Saat turun dari bus terasa dingin sekali udara malam ini, dinginnya sama dengan suhu udara saat didalam bus tadi. Kami memang tidak membawa persiapan jaket, jadi terpaksa udara dingin ini kami tahan, tapi menyegarkan sekali udaranya sehingga rasa kantuk pun hilang.

Dari Cileunyi pun kami menggunakan angkutan kota menuju Cicaheum, walaupun sudah tengah malam ternyata masih ada beberapa angkot berkeliaran dikawasan ini. Tapi, karena tengah malam si akang supir pun memasang tarif ongkos Rp 10.000/orang. Tak apa, kamipun bisa memaklumi kondisinya. Cicaheum adalah sebuah terminal bus dan salah satu dari dua terminal terbesar di Bandung Jawa Barat ini, kemudian dari sini kami melanjutkan lagi menuju ke hotel yang sudah kami booking saat masih dalam perjalanan tadi.

Hotel Nyaman Dan Murah

Hotel tempat kami beristirahat malam ini namanya 'Kenangan Hotel Bandung', lokasi hotel ini berada di Jl Kebon Sirih No.4 tepatnya berada disebelah kantor Gubernur Jawa Barat. Hotel dengan rate per malamnya Rp 398.000 untuk Deluxe Triple Bed AC Room ini tergolong murah, dan sudah termasuk sarapan pagi per orangnya. Luas kamarnya pun lumayan dengan beberapa fasilitas didalamnya, seperti televisi, mini bar, beberapa gelas dan teko untuk membuat kopi atau teh yang sudah disediakan, untuk nyimpan baju juga tersedia sebuah lemari yang cukup besar dengan brankas kecil didalamnya. Kamar nya bersih dan ada jendela disisi kiri untuk sirkulasi udara kamar. 

Kamar mandinya juga disediakan shower lengkap dengan pemanas air, wastafel, shampo dan sabun cair beserta 3 buah handuk. Kenangan hotel ini berada di pusat kota Bandung dan dekat dengan stasiun kereta api Bandung, Bandara dan pasar baru. Hotel yang menerapkan 'hommy concept' ini memang benar benar membuat kita serasa dirumah, terlihat disetiap lantai gedungnya memiliki sebuah ruang tamu terbuka sebelum memasuki koridor kodridor kamar. Pelayanan resepsionisnya pun sangat friendlly ketika kami cek in ditengah malam.
Kenangan Hotel - Bandung
Kenangan Hotel - Bandung
Untuk sarapan pagi, kita bisa langsung ke coffee shop nya. Walaupun sarapan yang disediakan tidak seperti hotel hotel berbintang lainnya, tetapi disini menerapkan sistem pesanan, layaknya ketika kita berkunjung ke sebuah restoran. Hanya ada beberapa menu pilihan untuk sarapan pagi, dan pagi ini kami memesan satu porsi mie rebus, dua posri nasi goreng telur dan 3 cangkir teh manis hangat. Kita juga bisa minta diantarkan ke kamar untuk sarapan pagi. Jadi, setelah memesan menu sarapan kami langsung kembali ke kamar dan sarapannya nanti diantarkan ke kamar kami.

Sambil menunggu salah satu teman lagi yang membawa beberapa makanan tambahan, kami mulai berangsur angsur menyantap makanan hotel. Oh ya, kebetulan teman yang bakalan datang ini bakal balik ke Pekanbaru pagi ini, jadi dia tidak bisa ikut bersama kami. Sambil makan kami memulai percakapan untuk rencana pagi ini, selain ke The Lodge Maribaya Lembang dan jika masih ada waktu luang kami akan berkeliling dalam kota bandung saja. Sebenarnya sudah tidak sabar pengen cepat cepat ke Maribaya, penasaran ingin melihat beberapa wahana yang ada disana dan lagi hit banget saat ini di para netizen. The Lodge Maribaya lokasi nya berada di daerah perbukitan Cibodas Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Selesai cek out hotel kami berangkat ke Maribaya menggunakan online car, ongkos dari hotel ke lokasi Rp 77.000 dan dapat potongan Rp 30.000, lumayan kan hemat nya. Perjalanan menuju The Lodge Maribaya Lembang Bandung ini memakan waktu lumayan lama. Karena kondisi jalan yang menanjak serta berlobang ditambah lagi lebar badan jalan yang sempit mengharuskan kendaraan yang menuju ke sana tidak bisa kencang, seharusnya pihak pemda memperhatikan kondisi seperti ini, ya minimal aspal jalannya mulus dan tidak berlobang, karena ini kan merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi setiap akhir pekan. Coba lihat kondisi jalan di Belitung, hampir 99 persen jalan menuju ke tiap tiap tempat wisata sangat mulus sekali.

The Lodge Maribaya Bandung

Lagi, kota Bandung menambah deretan tempat wisata alamnya. Wisata alam yang asri dengan pemandangan bukit dan pohon pinus ini sangat menarik perhatian para traveler saat ini. Bagaimana tidak, selain lokasi outbound ternyata The Lodge Maribaya Resort juga tersedia disini. The Lodge Maribaya ini juga memiliki beberapa wahana yang cukup menantang adrenalin kamu saat mencobanya, selain itu disini juga tersedia area untuk berkemah baik bersama keluarga maupun teman teman. Karena diarea ini sudah disediakan tenda tenda dan beberapa fasilitas dan perlengkapan berkemah. Tenda tenda yang disediakan oleh pihak pengelola pun menurut saya tergolong unik, seperti tenda tenda para jamaah haji di mekah.

Jangan khawatir bagi yang membawa kendaraan pribadi ke sini, karena pihak pengelola sudah menyediakan lahan parkir kendaraan roda empat cukup luas. Untuk keamanan menurut saya disini sangat aman ya, karena lokasi wisata ini dikelola secara resmi, walaupun saya tidak tahu pasti pihak pengelolanya apakah pemuda setempat atau pemerintah daerahnya, yang jelas petugas petugas di tempat wisata ini memakai baju seragam dalam bertugas dan semua transaksi yang berlaku dibuktikan dengan karcis resmi.

Di The Lodge Maribaya tiket masuk nya juga tidak terlalu mahal, hanya dikenakan Rp 25.000/orang dan dapat satu gelas welcome drink. Kita akan diberi satu buah gelang kertas sebagai tanda masuk dan 1 buah kertas kecil merupakan voucher yang nantinya akan ditukarkan dengan 1 gelas welcome drink. Lokasi yang berada dipinggiran tebing perbukitan ini, disulap menjadi tempat wisata yang bisa dikatakan kekinian untuk saat ini. Lihat saja wahana wahana outdoor yang sudah dipersiapkan bagi para penyuka tantangan, tetapi sebelum kita sampai diarea wahana outdoor ini, kita akan melewati turunan anak tangga dengan viewnya perbukitan dan hamparan hutan pinus yang hijau menyejukkan mata. Maka tidak heran kalau disini dijadikan spot terfavorit untuk mengambil poto sebelum turun ke bawah.

Wahana apa saja seh yang ada di Lodge Maribaya ini, dan tentunya permainan permaian disini lagi ramai dibicarakan di sosial media, apalagi wahana ayunan dan sepeda udaranya sedikit membuat kita deg deg an untuk mencobanya. Kamu bisa mencoba salah satu wahananya atau hanya satu saja dari pilihan berikut ini :

1. Sky Tree
2. Mountain Swing Atas
3. Mountain Swing Bawah
4. Zip Bike, dan
5. Bamboo Sky

Untuk mencoba permainan diatas tidak gratis, kita akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000/wahana. Nah, kebetulan saat kami kesini di weekend ,jadi kami harus extra bersabar untuk mencobanya, dan permainanan yang paling panjang antrianya adalah Zip Bike. Zip Bike merupakan wahana sepeda yang berjalan diatas seutas tali besi yang membentang panjang di udara. Walaupun safety nya sudah super duper aman, tetapi tetap saja yang namanya melayang di udara membuat nyali kita sedikit menciut. Cukup mengayuh sepeda kira kira ke posisi 50 persen dari panjang tali, kemudian kita disuruh berhenti untuk diambil poto, disuruh berpose bebas atau mengikuti instruksi dari abang fotografer yang berada diposisi disamping tebing.
Zip Bike - The Lodge Maribaya Lembang
Zip Bike - The Lodge Maribaya Lembang
Silahkan berpose semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil poto yang maksimal juga dengan latar belakang perbukitan dan hamparan pohon pohon pinus akan membuat poto kita lebih ciamik. Selesai diambil gambar saat beraksi melayang diudara, kemudian petugas akan menarik kembali sepeda kita ke belakang, karena sepedanya tidak bisa untuk dikayuh mundur. Bagaimanakah rasanya setelah mencoba Zip Bike ini?, hahaha mungkin hanya travelmate saya Firman abdul yang bisa menjelaskan bagaimana sensasinya bersepeda diatas seutas tali yang terbentang di awang awang.

Wahana selanjutnya yang wajib dicoba adalah Montain Swing (Ayunan), merupakan wahana yang diayun ke tengah tengah pinggiran tebing berjurang dengan latar belakang view nya kehijauan pohon pohon sepanjang perbukitan. Durasi untuk ayunan pun tidak terlalu lama, cukup untuk sesi pemotretan saja. Makanya tidak heran kalau kita banyak melihat poto poto para netizen di sosial media, dan wahana ini memang lagi hit dikalangan anak anak muda.

Dan masih ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan spot untuk berpoto, seperti Sky Tree dan Bamboo Sky. Jika berkunjung kesini di waktu akhir pekan, siap siap lah anda untuk extra sabar menunggu antrian panjang. Selain itu , di Lodge Maribaya ini juga bisa dijadikan untuk kegiatan outbound / gathering kantor atau hanya sekedar untuk berkumpul keluarga dan teman teman.
Perbukitan The Lodge Maribaya
Perbukitan The Lodge Maribaya
Nah, lelah bermain kita bisa santai sejenak dilokasi food area nya, karena banyak tersedia makanan makanan masakan Sunda dijual. disini juga tersedia tenda tenda santai untuk digunakan sebagai tempat menyantap makanan yang kita pesan tadi sambil menghirup segarnya udara perbukitan. Tetapi untuk harga makanan yang dijual disini menurut saya sedikit mahal, dan sangat disayangkan saat kita memasuki area Lodge Maribaya ini tertulis peringatan 'Dilarang Membawa Makanan', saya juga tidak tahu pasti maksud dan tujuan dari peringatan itu yang dipajang dipintu masuk utama. Fasilitas lainnya yang juga disediakan oleh pihak pengelola adalah toilet dan musholla.

Lokasi wisata yang menawarkan pemandangan alam dan segarnya udara perbukitan ini, sangat cocok sekali untuk berpiknik bersama keluarga tercinta maupun teman teman tersayang, untuk menghabiskan hari libur anda. Meskipun lokasinya lumayan jauh dari kota Bandung, tetapi setimpal dengan apa yang akan kita dapat saat tiba di sini.

Waktu saat ini pun sudah menunjukkan pukul 14.00 , dan saatnya kami harus kembali ke kota Bandung sebelum malam menjelang. Kamipun berjalan arah keluar lokasi menuju ke jalan utama desa, sambil berjalan kami sedikit kebingungan dengan kendaraan/transportasi untuk mencapai kota Bandung. Loh tadi datangnya kan pakai Grabcar, kalau pulangnya ya tidak ada driver Grab nya yang standby di seputaran sini. Walaupun ada angkutan yang berwarna kuning yang lalu lalang dan kami pun tidak tahu pasti rute angkutan kemana tujuannya, cara lainnya adalah menjadi Hitchhikers biar dapat tumpangan gratis ke Bandungnya.

Hitchhiking adalah cara seseorang untuk mendapatkan tumpangan gratis dari kendaraan yang lewat, dan pastinya satu arah atau satu tujuan yang sama. Biasanya para hitchhikers menggunakan jempol tangan yang diacungkan kearah jalan raya atau menggunakan sebuah kertas yang bertuliskan tempat atau arah tujuan kita, berharap ada pengendara yang mau berhenti dan memberi tumpangan. Beruntung sekali kami siang itu mendapat tumpangan gratis sebuah mobil pick up bak terbuka, dan dibelakangnya  sudah ada beberapa orang ibu ibu dan kamipun duduk di bak belakang bersama para ibu ibu tadi.
Hitchhiking Ke Bandung
Hitchhiking Ke Bandung
Kebetulan sekali mobil pick up ini menuju ke kota bandung, cerita dari salah seorang ibu tadi, mereka mau ke sebuah rumah sakit untuk menjemput keluarganya yang sudah dibolehkan pulang setelah perawatan. Bersyukur sekali kami bisa dapat tumpangan gratis disaat transportasi susah seperti saat ini dan yang pastinya bisa menekan budget traveling juga kan.

Menjelang malam sebelum kami balik ke jakarta , kami hanya menghabiskan waktu di alun alun kota Bandung. Karena sudah tidak ada tujuan lain lagi, selesai shalat magrib kamipun beranjak menuju terminal Leuwi Panjang untuk mencari bus kembali ke Jakarta. Syukur kami masih kebagian bus ke terminal Kampung Rambutan Jakarta, pilihan kami malam ini bus ekonomi ac seat 3-2 dan ongkosnya juga murah hanya Rp 50.000 per orang bila dibandingkan dengan Primajasa yang Rp 75.000.

Baca : Wisata Alam Garut, Telaga Bodas Dan Perkebunan Teh

Nah, itulah cerita sudden trip kami di kota bandung, walaupun hanya mengunjungi satu lokasi wisata yaitu The Lodge Maribaya, tetapi trip dadakan seperti ini sangat menyenangkan, dan ada cerita dan keseruan tersendiri meskipun tanpa persiapan apa apa.



'Keep Traveling Keep Writing'
BACA JUGA :
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :

Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Enry Mazni