Travelling Stories and Medical Record

Home Top Ad

Jalan Ke Bandung? Pulas Inn Saja

EnryMazniDotCom - Dalam setiap perjalanan atau traveling, hal utama yang perlu di persiapkan adalah tiket *yaa dunk* pastinya. Selanjutnya kita juga harus mempersiapkan penginapan, kalau tidak pastinya kita tidak punya tempat menginap, ya kan? *basi ah*. Bagi saya seh setelah selesai berburu tiket murah meriah, persiapan berikutnya adalah mencari penginapan, baik hotel, hostel, guesthouse atau kadang kadang ngegembel aja untuk satu malam, lokasi tempat biasa saya ngemper tidak sembarangan loh, saya prefer yang ada AC nya, ada toiletnya buat bersih bersih dan yang pasti penginapan tersebut harus ramai.

Tempat terpilih yang biasa saya pakai adalah bandara, ya bandara menjadi sasaran empuk bagi saya untuk dijadikan tempat menginap dihari pertama. Kenapa saya memilih bandara, biasanya dihari pertama landing di negara tersebut waktunya pasti malam, jadi kayaknya nanggung banget kalau harus bayar penginapan untuk satu malam, lebih baik inap di bandara saja sampai besok mentari menjelang bersinar kembali.
Stasiun Kereta Api Bandung enrymazni.com
Stasiun Kereta Api Bandung
Beberapa bandara yang pernah saya jadikan tempat istirahat untuk semalam yaitu Hongkong international airport, Changi airport Singapore waktu ngetrip 2 hari 1 malam Singapore Johor Bahru. Nah kalau yang satu ini menjadi bandara langganan saya buat ngemper, mandi, leyeh leyeh dan lain lain. KLIA2 Kuala Lumpur International Airport 2 Malaysia, kok bisa langganan seh? Ya bandara KLIA2 sering saya jadikan sebagai bandara transit untuk terbang lanjutan ke negara negara lain, mungkin bisa dikatakan saya termasuk salah satu Airasia lover, yaaaa Airasia selalu menemani disetiap traveling over the world saya *cieee jauh amat travelingnya*.

Ok, balik ke penginapan, jadi setiap traveling saya sebenarnya tidak terlalu pilah pilih penginapan, yang penting bisa untuk mandi buat bersih bersih badan, kamarnya bersih, tidak peduli walaupun kamar mandinya bersama alias share bathroom. Bahkan sesekali juga saya memilih penginapan dengan tipe kamar dormitory / asrama, yang satu kamar isinya bisa 4 sd 8 orang campur dengan para traveler lainnya. Namun sesekali saya juga memilih private room yang semua fasilitasnya didalam, maksud fasilitas disini adalah seperti kamar mandi ya. Apalagi saat ini banyak banget website website penyedia booking hotel yang berani ngasi diskon besar besaran untuk kamar private, kalau sudah seperti ini saya lebih memilih untuk mengambil private room dari pada dormitory.
Pulas Inn Cipaganti enrymazni.com
Pulas Inn Cipaganti
Jadi, tidak hanya maskapai saja ya yang saat ini keblingeran ngasi promo terbang murah, hotel / penginapan pun tidak mau ketinggalan untuk merebut hati para traveler agar tertarik dengan promo tawarannya. Actually, *jiahhhh bahasa inggris* yang promo promo murah meriah sekali bukan pihak hotelnya, tetapi adalah website online penyedia jasa booking penginapan, seperti traveloka yang menyediakan untuk tiket pesawat dan hotel dan saat ini malah memudahkan kita kalau mau mencari tiket pesawat sekaligus hotel, karena traveloka sudah meluncurkan fitur baru yaitu booking pesawat plus hotel dalam satu pencariannya, sama dengan fitur AirasiaGo nya Airasia. Masih ada lagi jasa website online lainnya, pegipegi, agoda, booking, reservasi, via, tiket tokopedia dan masih banyak lagi dan terakhir yang saya gunakan adalah tinggal[.]com.
Berbagai jenis penginapan yang pernah saya booking dan menginap baik di luar maupun dalam negeri, tetapi guesthouse yang satu ini bagi saya sangat berbeda sekali. Suasana kekeluargaan sangat saya rasakan saat nginap disini, keramahan staf nya, kebersihan guesthousenya dan yang paling menarik adalah murahnya yang tidak ketolongan *hahaha*. Berawal dari informasi teman teman grup yang saya ikuti bahwa ada website jasa booking hotel baru yang lagi mengumbar ngumbar promo murahnya untuk penginapan di beberapa kota di Indonesia, tak tunggu lama lama saya pun saat malam itu langsung menuju website tinggal[.]com karena penasaran sekali dengan promonya.

Setelah cek ricek di beberapa kota akhirnya saya memilih Bandung untuk menikmati promo murah dan saya mendapatkan promo Rp 23.000 an per malam di Pulas Inn Bandung, sebelum payment, saya pastikan dulu jenis kamar yang ditawarkannya apakah private room atau dormitory room dan ternyata untuk harga segitu adalah untuk tipe kamar private dan harga normal sebenarnya adalah Rp 190.000 / malam.
Pulas Inn Private Room enrymazni.com
Pulas Inn Private Room
Setelah selesai proses payment dan mendapatkan evoucher via email, beberapa hari kemudian saya menghubungi pihak Pulas Inn nya just for make sure kalau bookingan saya confirmed dan itu benar benar tipe kamar private room. Kemudian pihak Pulas Inn nya membenarkan tentang bookingan saya, sampai disini saya lega karena promo tersebut benar adanya, kenapa saya menghubungi pihak hotelnya?

Karena dari beberapa kasus kasus promo murah meriah seperti itu baik hotel maupun pesawat ada beberapa bookingan teman teman yang sudah payment di cancel sama pihak hotel / pesawat dengan berbagai alasan tapi yang sering seh mereka berkilah kalau terjadi eror fare di website mereka bagi pesawat, kalau hotel biasanya pihak yang menyelenggarakan promo murah itu yang bermasalah dan mungkin dia membayar ke pihak hotelnya dengan harga promo fare tadi, makanya terkadang bookingan kita sering di cancel.

Ok, kembali ke penginapan Pulas Inn tadi, akhirnya saya memilih tinggal disini selama 4 hari 3 malam dengan total pembayaran lebih kurang Rp 69.000 an. Bahkan saat saya disana ngobrol ngobrol sama pihak resepsionisnya mereka kaget dan tidak percaya kalau saya dapat harga promo semurah itu, *namanya juga pemburu* yang namanya murah murah pasti diburu sampai dapat. Sempat ragu awalnya mau ke Bandung, karena sebenarnya saya tidak ada tujuan apa apa di Bandung, jadi datang ke Bandung hanya untuk menunaikan hajatan promo murah meriah guesthouse saja.

Jadilah beberapa hari di Bandung saya hanya meng leyeh leyeh kan diri di Pulas Inn tanpa tujuan yang jelas, setiap hari bangunnya telat agak siangan terus lanjut ngobrol ngobrol sama resepsionisnya dan paling berkesan adalah sama ibuk Aan, begitu panggilan beliau sehari harinya.
Pulas Inn Resepsionis enrymazni.com
Pulas Inn Resepsionis
Sehari hari saya di Pulas Inn hanya di isi dengan ngobrol ngobrol sama Bu Aan, karena sudah merasa cocok dan klop di setiap obrolan, Bu Aan pun tidak sungkan menceritakan pengalam hidupnya dari lajang sampai sekarang ini sudah punya 2 anak, Bu Aan sebenarnya asli Tasikmalaya dan beliau sudah semenjak gadis bekerja di Bandung dan sedikit membuat saya senyum senyum sendiri saat mendengar beliau mengatakan bahwa dia mau punya suami orang kota, heheh akhirnya kesampaian juga ya Bu Aan dan Alhamdulillah saat ini kehidupan Bu Aan bisa dikatakan dengan ekonomi mapan.

Selain bercerita tentang kehidupan masa lalunya, Bu Aan juga menceritakan usaha musimannya setiap bulan ramadhan, yaitu jual kolak, bubur dan lainnya. Katanya Alhamdulillah 2 tahun terakhir ini usahanya maju dan ramai peminatnya dibanding awal awal buka usaha tersebut, sedikit sedih mendengar ceritanya tapi berkat ketidakputusasaan beliau dan saat ini beliau menerima manisnya hasil perjuangan dan kegigihannya.

Saat ini Bu Aan bekerja sebagai resepsionis di guesthouse Pulas Inn, guesthouse ini beralamat di Jl Hegar Asih No.4 Cipaganti Bandung. Suasana saat saya menginap disinipun sangat adem, tenang, bersih dan lebih senang lagi dengan keramahan staf staf Pulas Inn terutama Bu Aan, yang benar benar cepat akrab sama pelanggan yang nginap di sini.

Nilai plus lainnya kalau nginap di sini selain bersih, nyaman, tenang adalah lokasinya, ya Pulas Inn berada di tengah tengah antara 2 jalan utama yaitu Jl Cipaganti dan Jl Cihampelas. Hanya butuh beberapa menit saja menuju ke Ciwalk, lokasi paling ramai digemari para wisatawan, apalagi sekarang sudah ada Sky Terrace Cihampelas yang bikin nyaman pengunjung.

Untuk memudahkan menuju lokasi Pulas Inn, cukup ingat saja Ardan Radio, nah Jl Hegar Asih tepat berada diseberang jalan Ardan Radio Cipaganti. Kalau kamu ingin merasakan penginapan yang homy banget pas ke Bandung, coba aja deh ke Pulas Inn dan tidak akan menyesal dan lokasinya juga berada di tempat yang tepat. Karena guesthouse ini memang menerapkan konsep penginapan yang homely, saat kita menginap disinipun tersedia dapur lengkap dengan peralatan memasak dan diperbolehkan kok untuk para tamu yang mau memasak makanan sekadarnya.

Untuk urusan sarapan, disediain nasi uduk setiap paginya, nah kalau mau mintak dibuatin teh juga bisa atau buat teh sendiri aja langsung ke dapurnya dan anggap seperti rumah sendiri saja.